Selasa, 20 Desember 2022

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA

 

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP ...

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kelas/Semester : 7 / 1 dan 2

Tahun Pelajaran : 2021/2022

Pada fase ini, peserta didik mampu: Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan  hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara; memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa;  mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan  Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup  dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. Memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang

Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum

tertinggi; memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; memahami peraturan perundang-undangan dan  tata urutannya; dan mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara. Mengidentifikasi keberagaman suku, agama,  ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di  dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada  di masyarakat; memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya;  dan menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat  global. Mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; menjaga keutuhan wilayah NKRI; menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh  serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi; mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas,  wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun  pertahanan dan keamanan; dan menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga

lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.

ELEMEN PANCASILA

CP Sesuai Elemen

Kompetensi

Konten

Variasi (4C)

Dimensi

Pengetahuan

Dimensi

PPP

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu  menganalisis  

kronologis

lahirnya Pancasila;  mengkaji fungsi dan  kedudukan

Pancasila sebagai

C1  

Mengidentifikasi

Latar sejarah  

kelahiran  

pancasila

Diskusi/ berpikir  kreatif (Creative Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka

an Global

2. Bergotong  

Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi Latar  

sejarah kelahiran pancasila  melalui diskusi.

 

 

dasar negara dan  

pandangan hidup

bangsa, serta mengenal  Pancasila sebagai  

ideologi

negara.

C2. Menjelaskan

Lahirnya  

Pancasila

Diskusi  

kemlompok/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka

an Global

2. Bergotong  

Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan Lahirnya  

Pancasila melalui diskusi  kelompok

C3 Menemukan

Rumusan  

Pancasila

Diskusi  

kemlompok/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

menemukan Rumusan  

pancasila melaui diskusi  kelompok.

C4 Menganalisis

Penetapan  

Pancasila

Diskusi  

kemlompok/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

menganalisi penetapan  pancasila melaui diskusi kelompok.

Peserta didik 

memahami 

implementasi

Pancasila dalam 

kehidupan bernegara  dari masa ke

masa.

C1 

Mengidentifikasi

Implementasi

nilai-nilai 

Pancasila dalam  kehidupan

sehari-hari.

Diskusi 

kemlompok/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu 

mengidentifikasi 

implementasi

Pancasila dalam kehidupan  sehari-hari melaui diskusi  kelompok .

 

 

 

C2 Memahami

implementasi

Pancasila dalam  kehidupan 

bernegara dari  masa ke

masa.

Diskusi 

kemlompok/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu 

memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan  bernegara dari masa ke

masa. melaui diskusi 

kelompok

Peserta didik mampu  mengidentifikasi

hubungan Pancasila  dengan Undang

Undang Dasar

Negara Republik  

Indonesia Tahun 1945,  Bhinneka

Tunggal Ika, dan  

Negara Kesatuan  

Republik

Indonesia; serta  

melaksanakan nilai nilai Pancasila

dalam kehidupan  

sehari-hari.

C1.  

Mengidentifikasi

Hubungan 

Pancasila 

dengan 

Undang

Undang Dasar Negara 

Republik 

Indonesia 

Tahun 1945, 

dalam

pelaksanaannya  di kehidupan 

sehari-hari

Kolaborasi/Berk olaborasi  

(Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi hubungan  Pancasila dengan Undang Undang Dasar

Negara Republik Indonesia  Tahun 1945, serta  

melaksanakan nilai-nilai  

Pancasila dalam kehidupannya  sehari-hari.

C1.  

Mengidentifikasi

Hubungan 

pancasila

dengan

Kolaborasi/Berk olaborasi  

(Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi hubungan  pancasila dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam

 

 

 

 

Bhinneka

Tunggal Ika

dalam 

pelaksanaannya  di kehidupan 

sehari-hari

 

 

2. Bergotong 

Royong

pelaksanaannya di kehidupan  sehari-hari

C1.  

Mengidentifikasi

Hubungan  

pancasila

dengan Negara  Kesatuan  

Republik

Indonesia dalam  pelaksanaannya  di kehidupan  

sehari-hari

Kolaborasi/Berk olaborasi  

(Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi Hubungan  pancasila dengan Negara  Kesatuan Republik

Indonesia dalam  

pelaksanaannya di kehidupan  sehari-hari

Peserta didik

mengidentifikasi 

kontribusi Pancasila  sebagai

pandangan hidup 

dalam menyelesaikan  persoalan

lokal dan global 

dengan menggunakan  sudut

pandang Pancasila.

C1. 

Mengidentifikasi

kontribusi 

Pancasila 

sebagai

pandangan 

hidup dalam 

menyelesaikan  persoalan

lokal dan global dengan sudut 

pandang 

Pancasila.

Berkolaborasi/B erkolaborasi 

(Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu 

kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam 

menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan sudut  pandang pancasila dengan  kolaborasi

 

 

Elemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

CP Sesuai Elemen

Kompetensi

Konten

Variasi (4C)

Dimensi

Pengetahuan

Dimensi

PPP

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik  

memahami periodisasi  pemberlakuan

dan perubahan  

Undang-Undang Dasar  Negara

Republik Indonesia  Tahun 1945;  

memahami Undang Undang Dasar Negara  Republik Indonesia  Tahun

1945 sebagai sumber  hukum tertinggi.

C1  

Mengidentifikasi

Norma-norma  dan  

hubungannya  

dengan undang undang dasar

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi Norma

norma dan hubungannya  

dengan undang-undang dasar  melalui diskusi kelompok

C1 Menjelaskan

Peserta didik mampu  

menjelaskan Norma-norma  dan hubungannya dengan  undang-undang dasar melalui  diskusi kelompok

C2 Menjelakan

Perumusan,  

pengesahan dan  perubahan  

Undang

Undang Dasar  Negara

Republik  

Indonesia  

Tahun 1945

Diskusi  

/Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan Perumusan,  pengesahan dan perubahan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun  1945 dengan diskusi  

kelompok.

C2 Memahami

perubahan  

Undang

Undang Dasar  Negara

Republik  

Indonesia  

Tahun 1945

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu  

memahami perubahan  

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun  1945

 

 

Peserta didik

memahami bentuk 

pemerintahan yang  berlaku dalam

kerangka Negara 

Kesatuan Republik  Indonesia.

C1 

Mengidentifikasi

bentuk 

pemerintahan 

yang berlaku 

dalam

kerangka 

Negara 

Kesatuan 

Republik 

Indonesia.

Diskusi 

kelompok/Berpi kir kritis 

(Creative

Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu 

mengidentifikasi bentuk 

pemerintahan yang berlaku  dalam kerangka Negara 

Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok.

C2 Menjeleskan

Peserta didik mampu 

menjelaskan bentuk 

pemerintahan yang berlaku  dalam kerangka Negara 

Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok.

C2 Memahami

Peserta didik mampu 

memahami bentuk 

pemerintahan yang berlaku  dalam kerangka Negara 

Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok.

Peserta didik  

memahami peraturan  perundang

undangan dan tata  

urutannya; mematuhi  pentingnya

norma dan aturan,  

menyeimbangkan hak  dan kewajiban warga  negara.

C1  

Mengidentifikasi

peraturan  

perundang

undangan

Diskusi/Berpikir  kritis (Creative Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi peraturan  perundang-undangan melalui  diskusi.

C2 Memahami

Pentingnya  

mematuhi  

norma dan  

aturan

Diskusi/Berpikir  kritis (Creative Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

memahami pentingnya  

mematuhi nilai dan norma  dengan pemahaman sendiri.

C2  

Menyeimbangkan

hak dan  

kewajiban  

warga negara.

Diskusi/Berpikir  kritis (Creative Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menyeimbangakan hak dan  kewajibannya sebagai warga  negara.

 

 

Elemen Bhinneka Tunggal Ika

CP Sesuai Elemen

Kompetensi

Konten

Variasi (4C)

Dimensi

Pengetahuan

Dimensi

PPP

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu  mengidentifikasi  

keberagaman

suku, agama, ras dan  antargolongan dalam  bingkai Bhinneka  

Tunggal Ika, dan  

mampu menerima

keragaman dan  

perubahan budaya  

sebagai suatu

kenyataan yang ada di  dalam kehidupan

bermasyarakat, dan  menanggapi secara  proporsional terhadap  kondisi yang ada di  lingkungan sesuai

dengan peran dan  

kebutuhan yang ada di masyarakat.

C1  

Mengidentifikasi

Keberagaman  gender  

,suku,agama,  

ras dan  

antargolongan  dalam bingkai

Bhinneka  

Tunggal Ika

Diskusi/Berpik ir kritis

(Creative

Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi  

keberagaman  

gender,suku,agama, ras dan  antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal melalui  diskusi.

C2 Menjelaskan

keragaman dan  perubahan  

budaya

pengamatan/B erpikir kritis

(Creative

Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan keragaman dan  perubahan budaya di  

lingkuan terdekatnya  

dengan pengamatan.

C2 Menghargai

keragaman dan  perubahan  

budaya sebagai  suatu

kenyataan yang  ada di dalam  

kehidupan

bermasyarakat

sendiri/Berpiki r kritis

(Creative

Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menghargai keragaman dan  perubahan budaya sebagai  suatu kenyataan yang ada di  dalam kehidupan

bermasyarakat melaui

tindakan sederhana dan  

disampaikan dalam bahasa  sendiri.

Peserta didik  

memahami urgensi

pelestarian nilai

C1 Mengetahui

pelestarian nilai  tradisi, kearifan

Diskusi/

Berkolaborasi

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengetahui pelestarian nilai

 

 

tradisi, kearifan lokal  dan budaya;

menunjukkan contoh  pelestarian nilai  

tradisi, kearifan lokal  dan budaya.

 

lokal dan  

budaya

(Collaboration  Skills)

 

 

tradisi, kearifan lokal dan  budaya;melalui diskusi.

C2 Menunjukkan

contoh  

pelestarian nilai  tradisi,

kearifan lokal  dan budaya.

Diskusi/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menunjukkan contoh  

pelestarian nilai tradisi,

kearifan lokal dan  

budaya.melalui diskusi.

Peserta didik  

menumbuhkan sikap  tanggung jawab dan  berperan aktif dalam  menjaga dan  

melestarikan praktik  nilai tradisi, kearifan  lokal dan budaya  

dalam masyarakat  

global.

C1 Menumbuhkan

sikap tanggung  jawab dan  

berperan aktif  dalam menjaga  dan

melestarikan  

praktik nilai  

tradisi, kearifan  lokal dan  

budaya

Kehidupan  

sehari-hari/

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menumuhkan sikap tanggung  jawab dan berperan aktif  dalam menjaga dan  

melestarikan praktik nilai  tradisi, kearifan lokal dan  budaya di kehidupan sehari hari.

Elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia

CP Sesuai Elemen

Kompetensi

Konten

Variasi (4C)

Dimensi

Pengetahuan

Dimensi

PPP

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu  mengidentifikasi  

wilayah Negara

Kesatuan Republik  Indonesia sebagai satu  kesatuan

utuh dan wawasan  

nusantara dalam  

konteks Negara

C1  

Mengidentifikasi

wilayah Negara Kesatuan  

Republik  

Indonesia  

sebagai satu  

kesatuan

utuh

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menidntiikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia  sebagai satu kesatuan

utuh melalui tindakan tndakan  sederanya yang dapat  

dilakukan.

C1  

Mengidentifikasi

wawasan  

nusantara dalam

Kehidupan  

sehari-hari/

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi wawasan

 

 

Kesatuan Republik  Indonesia

 

konteks Negara Kesatuan  

Republik  

Indonesia

Berkolaborasi

(Collaboration  Skills)

 

2. Gotong Royong

nusantara dalam konteks  

Negara Kesatuan Republik  Indonesia dalam kehidupan  kehidupan sehari-hari.

Peserta didik turut

menjaga keutuhan  

wilayah NKRI.

C1  

Mengidentifikasi

Keutuhan  

wilayah NKRI.

Kehidupan  

sehari-hari/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi keutuhan  wilayah NKRI di  

kehidupannya sehari-hari.

C1 Menjelaskan

Bekerjasama  

dan Gotong  

Royong

Kehidupan  

sehari-hari/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan kerjasama dan  gotong royong di dalam  

kehidupan sehari-harinya.

C1 Menjaga

Nilai revolusi  mental dalam  

kerjasama dan  gotong royong

diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu menjaga  nilai revolusi mental dalam  kerjasama dan gotong royong  melalui diskusi kelompok.

Peserta didik

mampu menunjukkan  perwujudan demokrasi  yang

didasari oleh nilai-nilai  Pancasila serta  

menunjukkan

contoh serta praktik  kemerdekaan  

berpendapat warga

negara dalam era  

keterbukaan informasi.

P1 Menunjukkan

perwujudan  

demokrasi yang didasari oleh  

nilai-nilai  

Pancasila

Kehidupan  

sekitarnya/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menunjukkan perwujudan  demokrasi yang

didasari oleh nilai-nilai  

Pancasila di lingkungan  

sekitarnya

P1 Menunjukkan

contoh serta  

praktik  

kemerdekaan  

berpendapat  

warga

negara dalam

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menunjukan contoh serta  praktik kemerdekaan  

berpendapat warga

negara dalam era keterbukaan

 

 

 

 

era keterbukaan  informasi.

 

 

 

informasi melalui diskusi  kelompok.

Peserta

didik mampu  

mengidentifikasi  

sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan,  tugas, wewenang, dan hubungan

antarlembaga-lembaga  negara, hubungan

negara dengan warga  negara baik di bidang  politik,

ekonomi, sosial, dan  budaya maupun  

pertahanan

dan keamanan.

C1  

Mengidentifikasi

sistem  

pemerintahan

Indonesia,  

kedudukan,  

tugas,  

wewenang, dan hubungan  

antarlembaga

lembaga negara

Berpikir kritis  (Creative

Thinking Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengidentifikasi sistem  

pemerintahan

Indonesia, kedudukan, tugas,  wewenang, dan

hubungan antarlembaga

lembaga negara melalui  

diskusi.

C1 Menjelaskan

hubungan

negara dengan  warga negara  

baik di bidang  politik,  

ekonomi, sosial,  dan budaya  

maupun  

pertahanan

dan keamanan

diskusi/  

Berkolaborasi

(Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan hubungan

negara dengan warga negara  baik di bidang politik,  

ekonomi, sosial, dan budaya  maupun pertahanan

dan keaman melalui diskusi  kelompok

Peserta didik  

menyusun laporan

singkat tentang sistem  pemerintahan

Indonesia, kedudukan,  tugas, wewenang, dan  hubungan

antarlembaga-lembaga  negara, hubungan

C1  

Mengidentifikasi

pemerintahan  

Indonesia,

kedudukan,  

tugas,

wewenang

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

mengidentiikasi pemerintahan  Indonesia,

kedudukan, tugas, wewenang melalui diskusi kelompok

C2 Menjelaskan

hubungan

antarlembaga

lembaga negara,  hubungan

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menjelaskan hubungan

antarlembaga-lembaga negara,  hubungan negara

 

 

negara dengan warga  negara.

 

negara dengan  warga negara

 

 

 

dengan warga negara melalui  diskusi kelompok.

C3 Menunjukkan

hubungan

antarlembaga

lembaga negara,  hubungan  

negara

dengan warga  negara

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menunjukkan hubungan

antarlembaga-lembaga negara,  hubungan negara

dengan warga negara melalui  diskusi kelompok.

C4 Menganalisis

sistem  

pemerintahan

Indonesia,  

kedudukan,  

tugas,  

wewenang, dan hubungan  

antarlembaga

lembaga negara

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menganalisis sistem  

pemerintahan Indonesia,

kedudukan, tugas, wewenang,  dan hubungan

antarlembaga-lembaga negara,  hubungan negara

dengan warga negara melalui  dskusi kelompok.

C5 Membutikan

hubungan

antarlembaga

lembaga negara,  hubungan  

negara

dengan warga  negara

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

membuktikan hubungan

antarlembaga-lembaga negara,  hubungan negara

dengan warga negara melalui  diskusi kelompok.

C6 Menyusun  

Laporan

sistem  

pemerintahan

Indonesia,  

kedudukan,  

tugas,

Diskusi/  

Berkolaborasi  (Collaboration  Skills)

Faktual

Konseptual

1. Berkebineka  

Global

2. Gotong Royong

Peserta didik mampu  

menyusun laporan singkat  tentang sistem pemerintahan  Indonesia,

 

 

 

 

 

wewenang, dan hubungan  

antarlembaga-

lembaga negara

 

 

 

kedudukan, tugas, wewenang,  dan hubungan

antarlembaga-lembaga negara,  hubungan negara

dengan warga negara

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1