Selasa, 20 Desember 2022

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Seririt

Mata Pelajaran : PPKn ( Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) 

Kelas/Semester : 7 / 1 dan 2

Tahun Pelajaran : 2021/2022

Capaian Pembelajaran

Pada fase ini, peserta didik mampu: Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan  pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara; memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa  ke masa; mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan mengidentifikasi kontribusi Pancasila  sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. Memahami periodisasi  pemberlakuan dan perubahan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik

Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi; memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik  Indonesia; memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya; dan mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan  kewajiban warga negara. Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu  menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara  proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat; memahami urgensi pelestarian nilai  tradisi, kearifan lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; dan menumbuhkan sikap tanggung jawab  dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global. Mengidentifikasi wilayah  Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; menjaga  keutuhan wilayah NKRI; menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai nilai Pancasila serta menunjukkan contoh serta praktik  kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi; mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas,  wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya  maupun pertahanan dan keamanan; dan menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan  hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.

ELEMEN PANCASILA

Elemen

Konten

Dimensi PPP

Tujuan Pembelajaran

Waktu

Kelas

Peserta didik mampu  menganalisis kronologis lahirnya Pancasila;  

mengkaji fungsi dan  

kedudukan

Pancasila sebagai dasar  negara dan pandangan  hidup

1. Latar sejarah 

kelahiran pancasila

2. Lahirnya Pancasila 3. Rumusan Pancasila 4. Penetapan Pancasila

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  Latar sejarah kelahiran pancasila  

melalui diskusi.

2. Peserta didik mampu menjelaskan Lahirnya Pancasila melalui diskusi  

kelompok

3. Peserta didik mampu menemukan  Rumusan pancasila melaui diskusi

12 JP

7

 

 

bangsa, serta mengenal  Pancasila sebagai ideologi negara.

 

 

kelompok.

4. Peserta didik mampu menganalisi  penetapan pancasila melaui diskusi  

kelompok.

 

 

Peserta didik memahami  implementasi

Pancasila dalam  

kehidupan bernegara dari  masa kemasa.

Implementasi nilai-

nilai 

Pancasila dalam 

kehidupan sehari-hari.

1. Berkebinekaan  Global

2.Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  implementasi pancasila dalam  

kehidupan sehari-hari melaui diskusi  kelompok .

2. Peserta didik mampu memahami  implementasi pancasila dalam  

kehidupan bernegara dari masa ke

masa melaui diskusi kelompok.

12

7

Peserta didik mampu  mengidentifikasi

hubungan Pancasila  

dengan Undang-Undang  Dasar

Negara Republik  

Indonesia Tahun 1945,  Bhinneka

Tunggal Ika, dan Negara  Kesatuan Republik

Indonesia; serta  

melaksanakan nilai-nilai  Pancasila

dalam kehidupan sehari- hari.

1. Hubungan Pancasila  dengan Undang-

Undang Dasar

Negara Republik 

Indonesia Tahun 

1945, dalam

pelaksanaannya di

kehidupan sehari-

hari

2. Hubungan pancasila  dengan Bhinneka 

Tunggal Ika dalam 

pelaksanaannya di

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  hubungan Pancasila dengan Undang- Undang Dasar

Negara Republik Indonesia Tahun  

1945, serta melaksanakan nilai-nilai  

Pancasila dalam kehidupannya sehari- hari.

2. Peserta didik mampu mengidentifikasi  hubungan pancasila dengan Bhinneka  Tunggal Ika dalam pelaksanaannya di  kehidupan sehari-hari

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi  hubungan pancasila dengan Negara  

Kesatuan Republik

Indonesia dalam pelaksanaannya di  

kehidupan sehari-hari

 

8

 

 

 

kehidupan sehari

hari

3. Hubungan pancasila  dengan Negara 

Kesatuan Republik

Indonesia dalam 

pelaksanaannya di 

kehidupan sehari

hari

 

 

 

 

Peserta didik

mengidentifikasi  

kontribusi Pancasila  

sebagai

pandangan hidup dalam  menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan  menggunakan sudut

pandang Pancasila.

kontribusi Pancasila 

sebagai pandangan hidup  dalam menyelesaikan  persoalan

lokal dan global dengan  sudut pandang Pancasil

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu kontribusi Pancasila  sebagai pandangan hidup dalam  

menyelesaikan persoalan lokal dan global  dengan sudut pandang pancasila dengan  kolaborasi

 

9

Elemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Elemen

Konten

Dimensi PPP

Tujuan Pembelajaran

Waktu

Kelas

Peserta didik memahami  periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang Undang Dasar Negara

1. Norma-norma dan  hubungannya 

dengan undang

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  Norma-norma dan hubungannya dengan  undang-undang dasar melalui diskusi

12JP

7

 

 

Republik Indonesia Tahun  1945; memahami  

Undang

Undang Dasar Negara  Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber  

hukum tertinggi.

undang dasar.

2. Perumusan, 

pengesahan dan 

perubahan 

Undang-Undang 

Dasar Negara

Republik 

Indonesia Tahun 

1945

3. perubahan 

Undang-Undang 

Dasar Negara

Republik 

Indonesia Tahun 

1945

Royong

kelompok.

2. Peserta didik mampu menjelaskan  Norma-norma dan hubungannya dengan  undang-undang dasar melalui diskusi  kelompok

3. Peserta didik mampu menjelaskan  Perumusan, pengesahan dan perubahan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan  diskusi kelompok.

4. Peserta didik mampu memahami  perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

Peserta didik

memahami bentuk  

pemerintahan yang  

berlaku dalam

kerangka Negara  

Kesatuan Republik  

Indonesia.

Bentuk pemerintahan  yang berlaku dalam

kerangka Negara 

Kesatuan Republik 

Indonesia.

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  bentuk pemerintahan yang berlaku dalam  kerangka Negara Kesatuan Republik  Indonesia melalui diskusi kelompok.

2. Peserta didik mampu menjelaskan bentuk  pemerintahan yang berlaku dalam  kerangka Negara Kesatuan Republik  Indonesia melalui diskusi kelompok.

 

8

 

 

 

 

 

3. Peserta didik mampu memahami bentuk  pemerintahan yang berlaku dalam  kerangka Negara Kesatuan Republik  Indonesia melalui diskusi kelompok.

 

 

Peserta didik memahami  peraturan perundang

undangan dan tata  

urutannya; mematuhi  pentingnya

norma dan aturan,  

menyeimbangkan hak dan  kewajiban warga negara.

1. Peraturan perundang undangan

2. Pentingnya mematuhi  norma dan aturan

3. Hak dan kewajiban  warga negara.

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  peraturan perundang-undangan melalui  diskusi.

2. Peserta didik mampu memahami  pentingnya mematuhi nilai dan norma  dengan pemahaman sendiri

3. Peserta didik mampu  menyeimbangakan hak dan  kewajibannya sebagai warga negara.

 

9

Elemen Bhinneka Tunggal Ika

Elemen

Konten

Dimensi PPP

Tujuan Pembelajaran

Waktu

Kelas

Peserta didik mampu  mengidentifikasi  

keberagaman

suku, agama, ras dan  

antargolongan dalam  

bingkai Bhinneka  

Tunggal Ika, dan mampu  menerima

1. Keberagaman 

gender ,suku,agama, 

ras dan 

antargolongan dalam 

bingkai

Bhinneka Tunggal

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  keberagaman gender,suku,agama, ras  dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal melalui diskusi.

2. Peserta didik mampu menjelaskan  keragaman dan perubahan budaya di

12JP

7

 

 

keragaman dan perubahan  budaya sebagai suatu

kenyataan yang ada di  dalam kehidupan

bermasyarakat, dan  

menanggapi secara  

proporsional terhadap  kondisi yang ada di  

lingkungan sesuai

dengan peran dan  

kebutuhan yang ada di masyarakat.

Ika.

2. Keragaman dan 

perubahan budaya

3. Keragaman dan 

perubahan budaya 

sebagai suatu

kenyataan yang ada 

di dalam kehidupan

bermasyarakat

 

lingkuan terdekatnya dengan  pengamatan.

3. Peserta didik mampu menghargai  keragaman dan perubahan budaya  sebagai suatu kenyataan yang ada di  dalam kehidupan bermasyarakat  melaui tindakan sederhana dan  disampaikan dalam bahasa sendiri.

 

 

Peserta didik memahami  urgensi

pelestarian nilai tradisi,  kearifan lokal dan  

budaya;

menunjukkan contoh  pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya.

1. Pelestarian nilai 

tradisi, kearifan 

lokal dan budaya

2. contoh pelestarian  nilai tradisi,

kearifan lokal dan 

budaya

1. Berkebinek

aan Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengetahui  pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal  dan budaya;melalui diskusi

2. Peserta didik mampu menunjukkan  contoh pelestarian nilai tradisi,

kearifan lokal dan budaya.melalui 

diskusi.

 

8

Peserta didik  

menumbuhkan sikap  

tanggung jawab dan  

berperan aktif dalam  

menjaga dan melestarikan  praktik nilai tradisi,  

kearifan lokal dan budaya  dalam masyarakat global.

sikap tanggung jawab dan  berperan aktif dalam 

menjaga dan melestarikan  praktik nilai tradisi, 

kearifan lokal dan budaya

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

Peserta didik mampu menumuhkan sikap  tanggung jawab dan berperan aktif dalam  menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi,  kearifan lokal dan budaya di kehidupan sehari hari.

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

Elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia

Elemen

Konten

Dimensi PPP

Tujuan Pembelajaran

Waktu

Kelas

Peserta didik mampu  mengidentifikasi wilayah  Negara Kesatuan 

Republik Indonesia 

sebagai satu kesatuan

utuh dan wawasan 

nusantara dalam konteks  Negara

Kesatuan Republik 

Indonesia

1. wilayah Negara

Kesatuan Republik 

Indonesia sebagai 

satu kesatuan

utuh

2. wawasan nusantara  dalam konteks 

Negara

Kesatuan Republik 

Indonesia

1. Berkebinek

aan Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu menidntiikasi  wilayah Negara

Kesatuan Republik Indonesia 

sebagai satu kesatuan

utuh melalui tindakan tndakan 

sederanya yang dapat dilakukan.

2. Peserta didik mampu 

mengidentifikasi wawasan 

nusantara dalam konteks Negara 

Kesatuan Republik Indonesia 

dalam kehidupan kehidupan 

sehari-hari.

18JP

7

Peserta didik turut

menjaga keutuhan 

wilayah NKRI.

1. Keutuhan wilayah  NKRI.

2. Bekerjasama dan 

Gotong Royong

3. Nilai revolusi 

mental dalam 

kerjasama dan

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  keutuhan wilayah NKRI di 

kehidupannya sehari-hari.

2. Peserta didik mampu menjelaskan  kerjasama dan gotong royong di dalam  kehidupan sehari-harinya.

3. Peserta didik mampu menjaga nilai

12JP

7

 

 

 

gotong royong

 

revolusi mental dalam kerjasama dan  gotong royong melalui diskusi 

kelompok.

 

 

Peserta didik

mampu menunjukkan  perwujudan demokrasi  yang didasari oleh nilai nilai Pancasila serta 

menunjukkan

contoh serta praktik 

kemerdekaan berpendapat  warga

negara dalam era 

keterbukaan informasi.

1. perwujudan 

demokrasi yang

didasari oleh nilai

nilai Pancasila

2. contoh serta praktik  kemerdekaan 

berpendapat warga 

negara dalam era 

keterbukaan 

informasi.

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu menunjukkan  perwujudan demokrasi yang

didasari oleh nilai-nilai Pancasila di 

lingkungan sekitarnya

2. Peserta didik mampu menunjukan  contoh serta praktik kemerdekaan 

berpendapat warga

negara dalam era keterbukaan 

informasi melalui diskusi kelompok.

 

8

Peserta

didik mampu  

mengidentifikasi sistem  pemerintahan

Indonesia, kedudukan,  tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga lembaga negara,  

hubungan

negara dengan warga  negara baik di bidang

1. sistem pemerintahan Indonesia, 

kedudukan, tugas, 

wewenang, dan

hubungan 

antarlembaga

lembaga negara

2. hubungan

negara dengan warga

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi  sistem pemerintahan

Indonesia, kedudukan, tugas, 

wewenang, dan

hubungan antarlembaga-lembaga 

negara melalui diskusi.

2. Peserta didik mampu menjelaskan  hubungan

negara dengan warga negara baik di

 

8

 

 

politik,

ekonomi, sosial, dan  

budaya maupun  

pertahanan

dan keamanan.

negara baik di 

bidang politik, 

ekonomi, sosial, dan 

budaya maupun 

pertahanan

dan keamanan

 

bidang politik, ekonomi, sosial, dan 

budaya maupun pertahanan

dan keaman melalui diskusi kelompok

 

 

Peserta didik menyusun  laporan

singkat tentang sistem  pemerintahan Indonesia,  kedudukan, tugas,  

wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga  negara, hubungan negara  dengan warga negara.

Pemerintahan Indonesia,  kedudukan, tugas,  

wewenang hubungan  antarlembaga-lembaga  negara, hubungan negara  dengan warga negara

1. Berkebinekaan  Global

2. Bergotong 

Royong

1. Peserta didik mampu mengidentiikasi  pemerintahan Indonesia,

kedudukan, tugas, wewenang melalui  diskusi kelompok

2. Peserta didik mampu menjelaskan  hubungan antarlembaga-lembaga 

negara, hubungan negara dengan 

warga negara melalui diskusi 

kelompok

3. Peserta didik mampu menunjukkan  hubungan

antarlembaga-lembaga negara, 

hubungan negara

dengan warga negara melalui diskusi  kelompok.

4. Peserta didik mampu menganalisis  sistem pemerintahan Indonesia,

 

9

 

 

 

 

 

kedudukan, tugas, wewenang, dan 

hubungan

antarlembaga-lembaga negara, 

hubungan negara

dengan warga negara melalui dskusi  kelompok

5. Peserta didik mampu membuktikan  hubungan antarlembaga-lembaga 

negara, hubungan negara dengan 

warga negara melalui diskusi 

kelompok.

6. Peserta didik mampu menyusun 

laporan singkat tentang sistem 

pemerintahan Indonesia, kedudukan,  tugas, wewenang, dan hubungan 

antarlembaga-lembaga negara, 

hubungan negara dengan warga negara

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1