ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Seririt
Mata Pelajaran : PPKn
( Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Kelas/Semester
: 7 / 1 dan 2
Tahun
Pelajaran : 2021/2022
Capaian Pembelajaran
Pada fase
ini, peserta didik mampu: Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji
fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal
Pancasila sebagai ideologi negara; memahami implementasi Pancasila dalam
kehidupan bernegara dari masa ke masa;
mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan
Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan mengidentifikasi kontribusi
Pancasila sebagai pandangan hidup dalam
menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang
Pancasila. Memahami periodisasi
pemberlakuan dan perubahan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945; memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia
Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi; memahami bentuk pemerintahan yang
berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia; memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya; dan
mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara. Mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika, dan mampu menerima keragaman dan
perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan
bermasyarakat, dan menanggapi secara
proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran
dan kebutuhan yang ada di masyarakat; memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya;
menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; dan
menumbuhkan sikap tanggung jawab dan
berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan
lokal dan budaya dalam masyarakat global. Mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu
kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia; menjaga keutuhan wilayah
NKRI; menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai nilai Pancasila
serta menunjukkan contoh serta praktik
kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi;
mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga
negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi,
sosial, dan budaya maupun pertahanan dan
keamanan; dan menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia,
kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan
antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.
ELEMEN PANCASILA |
|||||
Elemen |
Konten |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Waktu |
Kelas |
Peserta didik
mampu menganalisis
kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup |
1. Latar sejarah kelahiran pancasila 2.
Lahirnya Pancasila 3. Rumusan Pancasila 4. Penetapan Pancasila |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi
Latar sejarah kelahiran pancasila melalui diskusi. 2. Peserta didik mampu menjelaskan Lahirnya Pancasila melalui diskusi kelompok 3. Peserta didik mampu menemukan Rumusan pancasila melaui diskusi |
12 JP |
7 |
bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara. |
|
|
kelompok. 4. Peserta didik mampu menganalisi penetapan pancasila melaui diskusi kelompok. |
|
|
Peserta didik
memahami implementasi
Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa kemasa. |
Implementasi nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
1.
Berkebinekaan Global 2.Bergotong Royong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi
implementasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari melaui diskusi kelompok . 2. Peserta didik mampu memahami implementasi pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa melaui diskusi kelompok. |
12 |
7 |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945, Bhinneka
Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan
nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari- hari. |
1.
Hubungan Pancasila dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari- hari 2.
Hubungan pancasila dengan
Bhinneka Tunggal Ika dalam pelaksanaannya di |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan Pancasila dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari- hari. 2. Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan pancasila dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari 3. Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari |
|
8 |
|
kehidupan sehari hari 3.
Hubungan pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari hari |
|
|
|
|
Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal
dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. |
kontribusi Pancasila
sebagai
pandangan hidup dalam
menyelesaikan persoalan lokal
dan global dengan sudut pandang
Pancasil |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu kontribusi
Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan
global dengan sudut pandang pancasila dengan kolaborasi |
|
9 |
Elemen Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
|||||
Elemen |
Konten |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Waktu |
Kelas |
Peserta didik memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang Undang Dasar Negara |
1.
Norma-norma dan hubungannya dengan undang |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi Norma-norma dan hubungannya dengan undang-undang dasar melalui diskusi |
12JP |
7 |
Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang Undang Dasar
Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi. |
undang dasar. 2. Perumusan, pengesahan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3. perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Royong |
kelompok. 2. Peserta didik mampu menjelaskan Norma-norma dan hubungannya dengan undang-undang dasar melalui diskusi kelompok 3.
Peserta didik mampu menjelaskan
Perumusan, pengesahan dan perubahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan diskusi kelompok. 4.
Peserta didik mampu memahami perubahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
|
|
Peserta didik memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. 2. Peserta didik mampu menjelaskan bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. |
|
8 |
|
|
|
3. Peserta didik mampu memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. |
|
|
Peserta didik memahami peraturan perundang undangan dan tata urutannya;
mematuhi pentingnya
norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara. |
1.
Peraturan perundang undangan 2.
Pentingnya mematuhi norma dan aturan 3. Hak
dan kewajiban warga negara. |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi peraturan perundang-undangan melalui diskusi. 2. Peserta didik mampu memahami pentingnya mematuhi nilai dan norma dengan pemahaman sendiri 3. Peserta didik mampu
menyeimbangakan hak dan
kewajibannya sebagai warga negara. |
|
9 |
Elemen Bhinneka Tunggal Ika |
|||||
Elemen |
Konten |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Waktu |
Kelas |
Peserta didik
mampu mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,
dan mampu menerima |
1. Keberagaman gender ,suku,agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
keberagaman gender,suku,agama, ras
dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal melalui diskusi. 2.
Peserta didik mampu menjelaskan
keragaman dan perubahan budaya di |
12JP |
7 |
keragaman dan
perubahan budaya
sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional
terhadap kondisi
yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat. |
Ika. 2. Keragaman dan perubahan budaya 3. Keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat |
|
lingkuan
terdekatnya dengan pengamatan. 3. Peserta didik mampu menghargai keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat melaui tindakan sederhana dan disampaikan dalam bahasa sendiri. |
|
|
Peserta didik memahami urgensi pelestarian
nilai tradisi, kearifan
lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan
lokal dan budaya. |
1. Pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya 2.
contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya |
1. Berkebinek aan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu mengetahui
pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya;melalui diskusi 2.
Peserta didik mampu menunjukkan contoh
pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan
budaya.melalui diskusi. |
|
8 |
Peserta didik menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global. |
sikap
tanggung jawab dan berperan aktif
dalam menjaga
dan melestarikan praktik nilai
tradisi, kearifan lokal dan budaya |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta
didik mampu menumuhkan sikap tanggung
jawab dan berperan aktif dalam menjaga
dan melestarikan praktik nilai tradisi,
kearifan lokal dan budaya di kehidupan sehari hari. |
|
9 |
|
|
|
|
|
|
Elemen Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
|||||
Elemen |
Konten |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Waktu |
Kelas |
Peserta didik mampu mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
1. wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh 2.
wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
1. Berkebinek aan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu menidntiikasi
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh melalui tindakan tndakan sederanya yang dapat dilakukan. 2. Peserta didik mampu
mengidentifikasi wawasan nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan kehidupan sehari-hari. |
18JP |
7 |
Peserta didik turut menjaga keutuhan wilayah NKRI. |
1.
Keutuhan wilayah NKRI. 2. Bekerjasama dan Gotong Royong 3. Nilai revolusi mental dalam kerjasama dan |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
keutuhan wilayah NKRI di kehidupannya sehari-hari. 2.
Peserta didik mampu menjelaskan
kerjasama dan gotong royong di dalam
kehidupan sehari-harinya. 3. Peserta didik mampu menjaga
nilai |
12JP |
7 |
|
gotong royong |
|
revolusi
mental dalam kerjasama dan gotong
royong melalui diskusi kelompok. |
|
|
Peserta didik mampu
menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai nilai Pancasila
serta menunjukkan contoh serta praktik
kemerdekaan
berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi. |
1. perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai nilai Pancasila 2.
contoh serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi. |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu menunjukkan
perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai
Pancasila di lingkungan sekitarnya 2.
Peserta didik mampu menunjukan contoh
serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi melalui diskusi
kelompok. |
|
8 |
Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan
antarlembaga lembaga negara, hubungan negara dengan
warga negara baik
di bidang |
1.
sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga lembaga negara 2. hubungan negara dengan warga |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara melalui diskusi. 2.
Peserta didik mampu menjelaskan
hubungan negara dengan warga negara baik di
|
|
8 |
politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan. |
negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan |
|
bidang politik, ekonomi, sosial,
dan budaya maupun pertahanan dan keaman melalui diskusi
kelompok |
|
|
Peserta didik
menyusun laporan
singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan,
tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara,
hubungan negara dengan warga negara. |
Pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara |
1.
Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
1.
Peserta didik mampu mengidentiikasi
pemerintahan Indonesia, kedudukan,
tugas, wewenang melalui diskusi
kelompok 2.
Peserta didik mampu menjelaskan
hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara
dengan warga negara melalui diskusi kelompok 3.
Peserta didik mampu menunjukkan
hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan
warga negara melalui diskusi kelompok.
4.
Peserta didik mampu menganalisis
sistem pemerintahan Indonesia, |
|
9 |
|
|
|
kedudukan, tugas, wewenang,
dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan
warga negara melalui dskusi kelompok 5.
Peserta didik mampu membuktikan
hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara
dengan warga negara melalui diskusi kelompok. 6. Peserta didik mampu menyusun laporan singkat tentang
sistem pemerintahan
Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang,
dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga
negara |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar