Jumat, 31 Agustus 2018

RPP PPKn Kelas 7 BAB 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
BAB 5

Sekolah                                   : SMP NEGERI Satu Atap 6 Panggarangan
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Materi Pokok                          : Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Alokasi Waktu                        : 5  pertemuan x 3 Jp (120 menit)


A.   KOMPETENSI INTI
1.Menghargai dan menghayati dan meghayati ajaran agama yang dianutnya
2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur.disiplin,santun,percaya diri,peduli,dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak dilingkungan keluarga,sekolah,masyarakat dan lingkungan alam sekitar,bangsa,negara,dan kawasan regional
3.Memahami dan menerapkan pengetahuan pada  factual,konseptual,prosedural,dan metakognatif pada tingkat teknis dan specific sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,tekhnologi,seni,budaya dengan wawasan kemausiaan,kebangsaan dan kenegaraan terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata
4.Menunjukkan keterampilan manalar,mengolah,dan menyaji secara kreatif, produktif,kritsi,mandir,kolaboratif dan komunikatif dalam ranah kongkrit dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.5  Mensyukuri makna kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat

1.5.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang
         dilakukan bangsa Indonesia.
1.5.2 Berpendapat secara jujur tentang arti pentingnya kerja sama dalam
         berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
2
2.5  Mendukung betuk-bentuk kerjasama dalam berbagai kehidupan di masyarakat
2.5.1 Menghargai pendapat tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagai
         bidang kehidupan di  masyarakat.
2.5.2 Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.

3
3.5  Menganalisis bentuk-bentuk  kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan  5   di masyarakat.

3.5.1 Menjelaskan makna kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
3.5.2.Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang
       kehidupan.
3.5.3 Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat,
         berbangsa dan bernegara.
3.5.4 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
3.5.5 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan
         Negara.
3.5.6. Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
4
4.5  Menunjukkan bentuk-bentuk
kerja sama di berbagai
       bidang kehidupan masyarakat.

4.5.1 Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di berbagai bidang
         kehidupan masyarakat.
4.5.2 Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan
         kehidupan.
4.5.3 Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan
         siswa.






C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik mampu :
1. KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
1.5.1.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang
      dilakukan bangsa Indonesia.
1.5..1.2 Berpendapat secara jujur tentang arti pentingnya kerja sama dalam
berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

2. KOMPETENSI SIKAP SOSIAL
2.5.2.1.Menghargai pendapat tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagai
bidang kehidupan di  masyarakat
2.5.2.2.Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah

3. KOMPETENSI PENGETAHUAN
Pertemun 1
3.5.1.1.Peserta didik mampu menjelaskan makna kerjasama dalam berbagai bidang  kehidupan
3.5.2.1.Peserta didikMendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
3.5.3.1.Peserta didik Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pertemuan 2
3.5.4.1. Peserta didikMendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik
3.5.5.1. Peserta didik Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang ekonomi
Pertemuan 3
3.5.5.2. Peserta didik Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan keamanan
3.5.6.1    Peserta didik Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang agama

Pertemuan 4
4.5.7.1   Peserta didik Berprilaku tanggung jawab dalam bekerjasama dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat
4.5.8.1   Peserta didik Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan kehidupan
Pertemuan 5
4.5.9.1       Peserta didik Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan oleh peserta didik

Nilai karakter yang ditanamkan : Disiplin, Religius, dan Kerjasama

D.     a. )   Materi Pembelajaran reguler
1.      Mensyukuri bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna yang terdiri dari dua yaitu sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial
2.      Melaksanakan kerjasama dengan sesama manusia dalam berbagai kehidupan
3.      Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4.      Makna kerja sama dalam hidup bermasyarakat
5.      Pentingnya kerja sama
6.      Bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
b.)      Pembelajaran Pengayaan dan Remedial
Pengayaan
1.      terbentuknya NKRI hasil kerjasama
2.      kerjasama dalam bidang social polotik

Remidial
1.      Arti penting  kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
2.      Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan

 E. Metode Pembelajaran
Think Pair and Share

 F. Media Pembelajaran
1. Media Pembelajaran:  LCD, Netbook, Kitab Suci Alqur,an, Gambar Kerja sama warga masyarakat membersihkan lingkungan akibat banjir bandang ,Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 ,Gotong royong dalam gerakan penghijauan  dan pembuatan jembatan
 2. Alat/ Bahan            :  Papan tulis, Spidol, Panduan Lagu Nasional

 G.  Sumber Pembelajaran
1. Kitab Suci Alqur’an
2. Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP/MTs Kelas VII, Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan Republik Indonesia 2016;
3. Internet







 H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

Pertemuan Kesatu (120 menit )
No
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokkasi Waktu
1
Pendahuluan
Persiapan
1

2
Guru menyampaikan ucapan  salam kepada peserta didik
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali Pembacaan surat – surat pendek
5 menit

5 menit
Absensi
3
Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar
5 menit
Motivasi
4
Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” sabang sampai merauke”
5 menit
Apersepsi
5



Guru  melakukan tanya  jawab seputar  Perilaku Toleran terhadap Keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan  dan menjajagi pemahaman tentang  terbentuknya NKRI hasil kerjasama  dan kerjasama dalam bidang sosial politik  dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik
5 menit
6
Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

5 menit
2
Inti
Mengamati
1

2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok
Guru meminta peserta didik mengamati gambar kerjasama dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan terbentuknya NKRI hasil kerjasama  dan kerjasama dalam bidang sosial politik 
5 menit

10 menit




Menanya
3




















Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan terbentuknya NKRI hasil kerjasama  dan kerjasama dalam bidang sosial politik  .
Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  :
a.Jelaskan bahwa terbentuknya NKRI diawali dengan kesadaran 
    nasional  akan  persatuan dan kesatuan bangsa karena kerjasama!
Hal: 116
b Jelaskan  bahwa persatuan dan kesatuan merupakan senjata paling
ampuh dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan !
Hal: 117
c.Jelaskan  tujuan nasional bangsa Indonesia  yang hendak
dicapaiyang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea
keempat ! Hal: 117
d.Jelaskan  pengertian kerjasama serta  istilah  kerjasaman di
beberapa daerah di Indonesia  ! Hal : 118
e.Jelaskan bahwa landasan  kehidupan sosial politik  masyarakat
Indonesia adalahsila keempat yang pada prinsipnya memelihara 
dan mengembangkan sikap  musyawarah  dalam perwakilan ! Hal:
119-120
f.Jelaskan  bahwa  pangkal tolak pelaksanaan kehidupan sosial politik
bangsa  Indonesia  adalah gotong royong ! Hal: 120! 





Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit









Mencari Informasi
5
Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet.
15 menit
Mengasosiasi
6
Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
5 menit
Mengomunikasikan
7

8










9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok
Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau
menyampaikan   pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan
     oleh guru  (moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan
pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
20 menit
3
Penutup
Menyimpul
Kan
1
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
 melalui tanya jawab secara klasikal.
5 menit
Refleksi
2








3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang 
Terbentuknya NKRI hasil  kerjasama  dan Kerjasama dalam
Bidang Sosial Politik
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam 
kehidupan sehari- hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  bagaimana  indahnya kebersamaan gotong
royong  yang  masih dilestarikan di daerah-daerah pedesaan !
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil
telaah kelompok.
5 menit
Post Test/
Tes Akhir
4
Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis :
1. Jelaskan pengertian persatuan ?
2. Jelaskan tujuan nasional  bangsa Indonesia yang tercantum dalam
 Pembukaan UUD 1945 alinea keempat !
3. Sebutkan 5 (lima) istilah gotong royong atau kerja sama di daerah
 di Indonesia !
4. Jelaskan 2 (dua) kesadaran yang mendorong  adanya gotong
 royong yang merupakan budaya masyarakat Indonesia !
5.  Jelaskan pengertian permusyawaratan !
10 menit
Penugasan


5

6
Coba Buatlah karangan tentang pengalaman kalian melakukan
 gotong royong di lingkungan !
Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang
“ Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi“ Hal: 120

5 menit



Pertemuan 2
Pertemuan Kedua(120 menit )
No
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokkasi Waktu
1
Pendahuluan
Persiapan
1

2
Guru menyampaikan ucapan  salam kepada peserta didik
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali pembacaan Alqur’an QS Al-Kafiruun
5 menit

5 menit
Absensi
3
Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar
5 menit
Motivasi
4
Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” Berkibarlah Benderaku”
5 menit
Apersepsi
5



Guru  melakukan tanya  jawab seputar pemahaman peserta didik terhadap Terbentuknya NKRI hasil kerjasama dan kerjasama dalam bidang sosial politik dan menjajagi pemahaman tentang kerjasama dalam bidang ekonomi, keamanan dan pertahanan negara, dan kerjasama antarumat beragama dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik
5 menit
6
Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

5 menit
2
Inti
Mengamati
1

2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok
Guru meminta peserta didik mengamati gambar  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Siswa ,Menjadi kader bela negara, salah satu wujud bela negara ,dan Terciptanya kerukunan memerlukan kerja sama antar umat beragama dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan kerjasama dalam bidang ekonomi, keamanan dan pertahanan negara, dan kerjasama antarumat beragama
5 menit

10 menit




Menanya
3


















4
Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan kerjasama dalam bidang ekonomi, keamanan dan pertahanan negara, dan kerjasama antarumat beragama Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  :
a. Jelaskan kerjasama dalam bidang ekonomi yang digambarkan
dalam pasal 23A dan pasal 33 ayat (1) UUD 1945 ! Hal: 120-121
b. Jelaskan bahwa sikap kekeluargaan masyarakat Indonesia  bukan
hanya didasarkan oleh ikatan darah ! Hal: 121
c.Jelaskan 5 (lima) keunggulan koperasi  dibandingkan dengan badan
    usaha lainnya ! Hal:122
d. Jelaskan bahwa setiap warga negara harus melakukan kerjasama
    untuk  mewujudkan keamanan dan pertahanan negara ! Hal:122
e. Jelaskan 5(lima) nilai dasar bela negara dalam Sistem Pertahanan
Negara ! Hal: 123
f. Jelaskan sikap kerjasama yang harus dilakukan dan sikap yang
    harus dihindari dalam kerjasama antar umat beragama ! Hal : 124-
125

Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit









Mencari Informasi
5
Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet.
15 menit
Mengasosiasi
6
Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
5 menit
Mengomunikasikan
7

8










 9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok
Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau
     menyampaikan  pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan
     oleh guru   (moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan
pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan
orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
20 menit
3
Penutup
Menyimpul
Kan
1
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
 melalui tanya jawab secara klasikal.
5 menit
Refleksi
2








3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang  kerjasama
    dalam bidang   ekonomi, keamanan dan pertahanan negara dan
kerjasama antarumat beragama ?
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam 
kehidupan sehari- hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  apa yang akan terjadi jika  dalam hidup
     bersikap fanatic sempit ,individualis dan primordialisme?
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
5 menit
Post Test/
Tes Akhir
4
Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis :
1. Tuliskan  bunyi pasal  30 ayat (1) dan pasal 27 ayat (3) UUD 1945 !
2. Sebutkan 5(lima) dasar bela negara dalam sistem pertahanan
    negara !
3. Doktrin  pertahanan negara RI menganut Sistem apa ?
4. Sebutkan 3(tiga) sikap yang harus dilakukan dalam kerjasama
    antarumat beragama !
5. Jelaskan  pengertian  sikap fanatik sempit, individualistis,
     eksklusivism dan promordialisme !
10 menit
Penugasan


5

6
Coba buatlah karangan tentang pengalaman kalian ketika kerjasama dengan teman-teman dari berbagai agama.!
Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang
“ Arti penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan” Hal: 125
5 menit








Pertemuan 3

Pertemuan Ketiga (120 menit )
No
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokkasi Waktu
1
Pendahuluan
Persiapan
1

2
Guru menyampaikan ucapan  salam kepada peserta didik
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali pembacaan Alqur’an QS At-Tiin
5 menit

5 menit
Absensi
3
Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar
5 menit
Motivasi
4
Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” Dari Sabang sampai Merauke”
5 menit
Apersepsi
5



Guru  melakukan tanya  jawab seputar pemahaman peserta didik terhadap Kerjasama  dalam Bidang Kehidupan Ekonomi.Pertahanan keamanan dan Antarumat Beragama  dan menjajagi pemahaman tentang  Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik
5 menit
6
Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.





5 menit
2
Inti
Mengamati
1



2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok
Guru meminta peserta didik mengamati gambar Keberagaman Bangsa Indonesia  dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan Makna Bhineka Tunggal ika
5 menit

10 menit




Menanya
3















4
Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan Makna Bhineka Tunggal Ika Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  :
a. Jelaskan bahwa  sebagai bangsa Indonesia , maka setiap warga
negara harus  memahami makna Bhineka tunggal Ika ! Hal: 125
b. Jelaskan bahwa arti penting kerjasama dalam masyarakat  akan
memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa ! Hal : 126
c. Jelaskan bahwa setiap warga negara harus menjauhkan diri dari
sikap  Eksklusivisme !Hal : 126
d. Jelaskan bahwa semangat persatuan dan kesatuan terwujud
     dengan terbentuknya NKRI!  Hal:126
e. Jelaskan bahwa perilaku mencintai persatuan dan kesatuan  harus
    tampak dalam kehidupan sehari-hari ! Hal : 126
f.  Berikan masing-masing 3 (tiga) contoh  perilaku  yang menunjukan
    persatuan dan  kesatuan dalam  kehidupan keluarga, sekolah  dan
    masyarakat ! Bebas (sesuai pendapat kelompok)
Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit









Mencari Informasi
5
Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet.
15 menit
Mengasosiasi
6
Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
5 menit
Mengomunikasikan
7

8










 9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok
Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau
     menyampaikan  pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan
     oleh guru  (moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan
pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan
orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
20 menit
3
Penutup
Menyimpul
Kan
1
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
 melalui tanya jawab secara klasikal.
5 menit
Refleksi
2







3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang  Makna
Bhineka Tunggal Ika?
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam 
kehidupan sehari-hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  apa yang akan terjadi jika dalam masyarakat 
ada yang  bersikap eksklusivisme ?
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
5 menit
Post Test/
Tes Akhir
4
Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis :
1. Jelaskan  arti Bhineka Tunggal Ika !
2. Apa yang dimaksud eksklusivisme ?
3. Mengapa  setiap warga negara Indonesia harus menjauhkan diri
    dari Sikap Eksklusivisme ?
4. Tuliskan  3 (tiga) peribahasa yang  bermakna  nilai persatuan dan
    kesatuan !
5. Berikan contoh perilaku yang menjunjung  nilai-nilai persatuan  di
    lingkungan sekolah !


10 menit
Penugasan


5

6
Coba buat kliping dari guntingan koran mengenai kegiatan kerjasama di lingkungan masyarakat!
Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang
“Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan “ Hal: 126
5 menit





Pertemuan  4

Pertemuan Keempat (120 menit )
No
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokkasi Waktu
1
Pendahuluan
Persiapan
1

2
Guru menyampaikan ucapan  salam dan selamat kepada peserta didik
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali pembacaan Alqur’an QS An-Nashru
5 menit

5 menit
Absensi
3
Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar
5 menit
Motivasi
4
Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” Halo-halo Bandung ”
5 menit
Apersepsi
5



Guru  melakukan tanya  jawab seputar pemahaman peserta didik tentang Makna  Semboyan  Bhineka  Tunggal Ika  dan menjajagi pemahaman tentang Kehidupan Sosial yang Tertib dan Tentram  dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik
5 menit
6
Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

5 menit
2
Inti
Mengamati
1

2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok
Guru meminta peserta didik mengamati gambar Kerjasama di masyarakat  dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan Kerjasama di masyarakat




5 menit

10 menit




Menanya
3




















4

Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan kerjasama di masyarakat. Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  :
a.  Jelaskan bahwa kehidupan sosial yang tertib dan tentram dapat
dicapai dengan kerjasama mewujudkan persatuan ! Hal: 126
b.  Jelaskan bahwa keluarga yang menjunjung persatuan dan
kesatuan akan menciptakan rasa aman,tentram dan damai !
Hal:126
c.  Jelaskan bahwa dalam kehidupan masyarakat semangat
persatuan dan kesatuan sangat diperlukan ! Hal: 127
d.  Sebutkan 5 (lima) hal  arti penting kerjasama  dalam berbagai
      bidang kehidupan baik bagi diri sendiri ,masyarakat maupun
bangsa  dan negara ! Hal:127
e.   Berikan  masing-masing 4 contoh  kerjasama  di lingkungan
keluarga
      dan  di lingkungan sekolah  ! (Bebas sesuai pendapat kelompok)
 f.   Berikan  masing-masing 4 contoh  kerjasama  di lingkungan
      masyarakat  dan  di lingkungan kehidupan berbangsa dan
bernegara  ! (Bebas sesuai pendapat  kelompok)
Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit









Mencari Informasi
5
Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet.
15 menit
Mengasosiasi
6
Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
5 menit
Mengomunikasikan
7

8







 9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok
Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau menyampaikan 
     pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru   
     (moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
20 menit
3
Penutup
Menyimpul
Kan
1
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
 melalui tanya jawab secara klasikal.
5 menit
Refleksi
2




3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang  Arti penting kerjasama
    dalam berbagai bidang kehidupan
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam  kehidupan sehari-
     hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  apa yang akan terjadi bila  dalam hidup ini kita  tidak menjalin
      kerjasama  dengan orang lain ?
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
5 menit
Post Test/
Tes Akhir
4
Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis :
1. Untuk apa manfaatnya  kerjasama di lingkungan keluarga ?
2. Bagaimana  yang akan terjadi  jika di dalam keluarga tidak ada
    kerjasama ?
3. Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat ?
4. Sikap apa yang harus dilakukan dalam menjalin  kerjasama dalam
     masyarakat yang beragam ?
5. Sebutkan 5(lima) hal arti penting kerjasama  dalam berbagai
     bidang kehidupan !
10 menit
Penugasan


5







6
Coba Cari Coba lakukanlah wawancara  dengan tokoh masyarakat
di lingkungan tempat tinggal kalian  tentang pelaksanaan gotong royong yang masih berlaku di masyarakat. Gunakan format wawancara yang telah kalian siapkan! !


Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang “Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan” Hal: 127
5 menit
Pertemuan 5

Pertemuan Kelima (120 menit )
No
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokkasi Waktu
1
Pendahuluan
Persiapan
1

2
Guru menyampaikan ucapan  salam kepada peserta didik
Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan diawali pembacaan Alqur’an QS Al-Kautsar
5 menit

5 menit
Absensi
3
Guru menanyakan kehadiran peserta didik serta kebersihan  dan kerapihan  kelas , kesiapan  buku tulis  dan sumber belajar
5 menit
Motivasi
4
Guru memberikan motivasi  dengan membimbing siswa untuk menyanyikan lagu wajib nasional  ” Indonesia Pusaka”
5 menit
Apersepsi
5



Guru  melakukan tanya  jawab seputar pemahaman peserta didik terhadap Kehidupan Sosial yang Tertib  dan Tentram Dicapai Melalui Kerjasama mewujudkan Persatuan dan Kesatuan dan menjajagi pemahaman tentang perwujudan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan dan  memberikan apresiasi atas jawaban peserta didik
5 menit
6
Guru menyampaikan  kompetensi dasar , indikator pencapaian  kompetensi yang akan dicapai, manfaat pembelajaran, cara penilaian dalam pembelajaran serta peta konsep dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

5 menit
2
Inti
Mengamati
1

2
Guru membimbing peserta didik untuk membagi diri  menjadi 6 kelompok
Guru meminta peserta didik mengamati gambar Kerja sama Membersihkan kelas di lingkungan sekolah ,Membayar pajak, contoh kerja sama warga negara dengan pemerintah dalam pembangunan nasional  dan   mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar  tersebut. Guru dapat memberi penjelasan singkat tentang gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan
5 menit

10 menit




Menanya
3












  4
Guru meminta peserta didik secara kelompok menyusun pertanyaan dari  wacana yang berkaitan dengan mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan. Guru  membimbing  peserta didik menyusun pertanyaan  :
a. Jelaskan bahwa  kerjasama  telah menjadi akar budaya  masyarakat Indonesia
     secara turun temurun !  Hal : 127
 b. Jelaskan bahwa  manusia dalam hidupnya selalu bekerjasama dengan orang lain !
     Hal: 128
 c.Jelaskan 7 (tujuh) cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah !
     Hal: 128-129
 d. Jelaskan mengenai  kerjasama sekolah dengan masyarakat ! Hal : 129
 e. Jelaskan 3 cara mewujudkan kerjasama antarsesama warga negara  dalam
      kehidupan berbangsa dan bernegara ! Hal : 130
 f. Jelaskan bahwa kerjasama  dalam berbagai kehidupan  merupakan pencerminan
     kepribadian luhur bangsaIndonesia ! Hal: 130-131
Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan   dan kelompok   dalam menyusun pertanyaan.
10 menit









Mencari Informasi
5
Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dengan melakukan kajian dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain atau  internet.
15 menit
Mengasosiasi
6
Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas   berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya





5 menit
Mengomunikasikan
7

8







 9

10
Guru membimbing kelompok untuk mempersentasikan  hasil informasi  kelompok
Guru mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok:
a)  Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
b)  Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaanatau menyampaikan 
     pendapat.
c)  Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru   
     (moderator).
d)  Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan ata pendapat.
e)  Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok secara bergantian sesuai tata cara yang disepakati sebelumnya.
Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan  penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

20 menit
3
Penutup
Menyimpul
Kan
1
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
 melalui tanya jawab secara klasikal.
5 menit
Refleksi
2






3
Guru melakukan refleksi  pembelajarandengan peserta didik tentang : a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari  tentang  mewujudkan kerjasama
    dalam berbagai lingkungan kehidupan
b. Sikap apa yang kalian peroleh dan harus dimanifestasikan dalam  kehidupan sehari-
     hari dari pembelajaran ini ?
c.  Ketrampilan apa yang kalian peroleh dalam pembelajaran ini ?
d.  Renungkan Kembali  apa yang akan terjadi jika dalam hidup ini selalu terjalin
     kerjasama yang baik ?
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
5 menit
Post Test/
Tes Akhir
4
Guru memberikan pertanyaan tes akhir secara tertulis :
1. Pelaksanaan  kerjasama di lingkungan  sekolah didasarkan pada
    apa !
2. Sebutkan 7 (tujuh) cara  dalam menumbuhkan semangat
    kerjasama di lingkungan sekolah !
3. Berikan 3 (tiga) contoh kerjasama antara sekolah dengan
    masyarakat !
4. Sebutkan 3(tiga) cara  mewujudkan kerjasama antarsesama warga
    negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara !
5. Apa manfaat kerjasama dalam kehidupan masyarakat yang
    beragam ?  
10 menit
Penugasan


5


6
Coba tuliskan bentuk-bentuk kerjasama dan gotong royong yang telah kalianlakukan di sekolah, lingkungan pergaulandan di
Masyarakat!
Untuk minggu yang akan datang  Bacalah Buku Paket PPKn tentang
“ Bab 6 Daerah dalam Kerangka NKRI” Hal: 137
5 menit











I. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Penilaian Kompetensi Sikap spiritual
Pengamatan/Observasi atau jurnal perkembangan sikap

No
Tekhnik
Bentuk instrument
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir
Saat pembelajran berlangsing
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajran (assement for and of learning)

b) penilaian kompetensi sikap sosial  
1. observasi/jurnal perkembangan sikap
2. penilaian diri
3. penilaian antar teman

                  No
Tekhnik
Bentuk instrument
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir
Saat pembelajran berlangsing
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajran (assement for and of learning)
2
Penilaian diri
Skala sikap
terlampir
Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning
3
Penilaian antar teman
Skala sikap
terlampir
Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning


2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan 
                   1. Tes lisan
2. Tes tertulis
3. Penugasan

                  No
Tekhnik
Bentuk instrument
Contoh butir instrumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Lisan
Pertanyaan
Terlampir
Saat pembelajran berlangsung
Penilaian untuk  pencapaian pembelajran (assement for learning)
2
Penugasan
Pertanyaan atau tugas tertulis
Terlampir
Saat pembelajran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajran (assement for and of learning)
3
Tertulis
Pertanyaan atau tugas tertulis
Terlampir
Setelah selesai kegiataan  pembelajran berlangsung
Penilaian pencapaian pembelajaran(assessment of learning)

Pertanyaan Lisan:
1.      apa pengertian kerjasama ?
2.      apakah kamu pernah melakukan kerjasama bersama temanmu
3.      berikan 3 ( Tiga ) contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan sekolah
4.      berikan 3 ( Tiga ) contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan Masyarakat
5.      tuliskan nama – nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia?

jawaban :
1.        kerjasama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan  bersama
2.     pernah
3.   melaksanakan piket kelas
-            melaksanakan shalat dzuhur berjamaah
-            melaksanakan jumsih
4..- membersihkan solokan
-            Membuat pos ronda
-            Membangun tempat ibadah
6.        Gorol, Kerja bakti, kerja sama dll

      penugasan 
1.      siswa diminta untuk membuat kliping tentang kerjasama regional secara berkelompok

      pertanyaan tertulis
1.      berikan 3 ( Tiga ) contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan sekolah
2.      mengapa manusia harus melakukan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya?
3.      Apa pengertian dari gotong royong?
4.      Apa saja sifat – sifat yang haus dihindari dalam melakukan kerjasama
5.      apa arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan ?
Jawaban :
1.         -   melaksanakan piket kelas
-        melaksanakan shalat dzuhur berjamaah
-        melaksanakan jumsih
2.         karena manusia sebagai mahluk social tidak bias lepas tanpa bantuan orang lain
3.         gotong royong adalah bekerja bersama – sama untuk mencapai suatu hasil yang di dambakan
4.         a. ingin menang sendiri
b.        iri hati
c.         merendahkan / melemahkan teman
d.        egois
5.         Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mempereretpersaudaraan dan kebersamaan, mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan, menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat diselesaikan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja
                                                                                                                                                                                           

3)  Pedoman Penskoran          :
Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
                        Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.
                        Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.
                        Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
                        Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
                   Nilai = Skor Perolehan × 25

3. Penilaian Kompetensi Keterampilan 
                    1) Teknik                                : Observasi Dalam Presentasi
                    2)  Bentuk Instrumen :


Materi: Krjasama dalam berbagai kehidupan
No
Nama Peserta Didik
Kemampuan
Bertanya
Kemampuan
Berargumentasi
Memberi
Masukan
Mengapresiasi
4   3   2   1
4   3   2   1
4   3   2   1
4   3   2   1
1





2





3





4





5





6









 3)  Pedoman Penskoran         :

No
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4 apabila selalu bertanya.
Skor 3 apabila sering bertanya.
Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Berargumentasi
Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Memberi  Masukan
Skor 4 apabila selalu memberi masukan.
Skor 3 apabila sering memberi masukan.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3 apabila sering memberikan pujian.
Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.

Keterangan : Diisi dengan tanda ceklist
                                      Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
                               Nilai = Skor Perolehan × 50
                                                       2

J.  Pembelajaran pengayaan  dan Remidial

1.                  Pembelajaran Pengayaan

Kegiatan pembelajaran pengayaan  diberikan  kepada  siswa  yang  telah  menguasai  materi  dan  secara pribadi sudah  mampu  memahami   Terbentuknya NKRI hasil     kerjasama  dan Kerjasama dalam Bidang Sosial Politik  Bentuk  pengayaann  sebagai berikut:
1.   Guru memberikan tugas untuk  mempelajari  lebih  lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber dan  mencatat  
2.   hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
2. Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas  dengan pembelajaran tutor sebaya.

b) Pembelajaran Remidial

Remedial dilaksanakan untuk siswa yang  belum  menguasai  materi dan belum mampu  memahami NKRI hasil  kerjasama  dan Kerjasama dalam Bidang Sosial Politik Kegiatan remedial dilakukan  dengan  mengulang  materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dilakukan dengan :
 (1)    Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas,
 (2)    Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas,
 (3)  Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan. Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belumdikuasai oleh peserta didik.     
Kegiatan remedial  bagi  kompetensi  sikap  dilakukan  dalam  bentuk  pembinaan  secara  holistis,  yang  melibatkan  guru bimbingan konseling dan orang tua.


Mengetahui;                                                                           Panggarangan,   Juli 2018
Kepala SMPN Satu Atap 6 Panggarangan                          Guru Mapel PPKn,




Tatang Rustaman, S.Pd.                                                       Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005                                                        NIP. 198010282009021002
Lampiran :
1.      Daftar Gambar :
1)      Kerja sama warga masyarakat membersihkan lingkungan akibat banjir bandang
2)      Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia tanggal 17 Agustus 1945
3)      Gotong royong dalam gerakan penghijauan  dan pembuatan jembatan

2.      Video
3.      Lembar soal :
1)      Jelaskan pengertian persatuan ?
2)      Jelaskan tujuan nasional  bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat !
3)      Sebutkan 5 (lima) istilah gotong royong atau kerja sama di daerah di Indonesia !
4)      Jelaskan 2 (dua) kesadaran yang mendorong  adanya gotong royong yang merupakan budaya masyarakat Indonesia !
5)      Jelaskan pengertian permusyawaratan !

4.      Kunci Jawaban :
1.      Persatuan Adalah perserikatan, ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan mengandung makna terikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan, sedangkan kesatuan berarti keadaan yang merupakan satu keutuhan.
2.      Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat, yaitu sebagai berikut.
a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b. Memajukan kesejahteraan umum.
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
d. Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi, dan
    keadilan sosial.
3.      Contoh kegiatan gotong royong yang dilandasi semangat kerja sama misalnya manunggal sakato di daerah Sumatra Barat, sikaroban di daerah Palembang, gugur gunung di daerah Jawa, mapalus di Minahasa, dan subak di daerah Bali
4.   Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong  adanya kesadaran  bahwa :
         a. Manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya;
         b. Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya
5.  Permusyawaratan adalah suatu tata cara khas kepribadian Indonesia untuk merumuskan dan/atau  memutuskan suatu hal berdasarkan kehendak rakyat, hingga tercapai keputusan yang berdasarkan kebulatan pendapat atau mufakat.

5.      Format Penilaian dan Absensi.
Lampiran :






Gambar















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1