Jumat, 31 Agustus 2018

RPP PPKn Kelas 7 BAB 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                      : SMPN Satu Atap 6 Panggarangan
Mata Pelajaran          : PPKn
Kelas/Semester        : VII / Ganjil
Materi Pokok            : Perumusan dan Pengesahan UUD Negara
  Republik Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu         : 6 pertemuan (3 jam x 6 )



A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3   Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.

1.3.1  Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa
          Indonesia memiliki UUD Negara Republik
          Indonesia Tahun1945.
1.3.2  Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara
          Republik Indonesia Tahun 1945.

2.3    Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

 2.3.1  Menghargai peran pendiri Negara dalam
           perumusan dan pengesahan UUD Negara
           Republik Indonesia Tahun 1945.
 2.3.2  Memiliki rasa tanggungjawab untuk
 memahami UUD Negara Republik       Indonesia Tahun 1945 secara utuh
3.3  Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

3.3.1  Mendeskripsikan perumusan UUD Negara
          Republik Indonesia dalam Sidang Kedua
          BPUPKI.
3.3.2  Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara
          Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.3  Mendeskrisikan arti penting UUD Negara
          Republik Indonesia Tahun 1945 bagi        Bangsa
          dan Negara Indonesia.
3.3.4  Mengidentifikasi nilai kesejarahan
          perumusan dan pengesahan UUD Negara
          Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3  Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1  Meyajikan laporan presentasi perumusan
          UUD Negara Republik Indonesia Tahun
          1945 secara utuh.
4.3.2  Meyajikan laporan hasil telaah arti penting
          UUD Negara Republik Indonesia
          Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara
          Indonesia.
4.3.3  Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai
          perwujudan semangat para pendiri Negara
          dalam merumuskan dan mengesahkan UUD
         Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


C.  Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Spiritual
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.3.1.1  Memiliki sikap Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD
             Negara RepublikIndonesiaTahun 1945.
1.3.2.2  Memiliki sikap  Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia
             Tahun 1945.

Kompetensi Sosial
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
2.3.1.1  Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD
             NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.

Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.3.1.1  Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang
             Kedua BPUPKI.

4.3.1.1  Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia
             Tahun 1945 secara utuh.

Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.3.2.1  Mendeskripsikan perumusan dan pengesahan UUD NegaraRepublik Indonesia
             Tahun 1945.

Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.3.3.1  Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi
             Bangsa dan Negara Indonesia.

Pertemuan keempat
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.3.4 .1 Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD Negara
             Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.4 .1 Menjelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.3.1  Mencoba praktik kewarganegaraan sebagaiperwujudan semangat para pendiri
             Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia
             Tahun 1945

Pertemuan kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
4.3.2.1  Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia
             Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.

Pertemuan keenam
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:

4.3.3.1  Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri
             Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia
             Tahun 1945.

 Nilai karakter yang ditanamkan : Tanggung jawab, Demokratis, dan Kerja keras

D.    Materi Pembelajaran
 1.  UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a.      Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pembahasan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilakukan dalam sidang BPUPKI, sidang pertama pada 29 Mei–1 Juni 1945 kemudian dilanjutkan pada sidang kedua pada 10 – 17 Juli 1945. Dalam sidang pertama dibahas tentang Dasar Negara sedangkan pembahasan rancangan Undang-Undang Dasar dilakukan pada sidang yang kedua.
b.      Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai lembaga yang menggantikan BPUPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 melaksanakan sidang dengan salah satu keputusannya adalah Mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
 2.  Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Bagi Bangsa dan Negara Indonesia Kepatuhan warga negara terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 akan mengarahkan kita pada kehidupan yang tertib dan teratur. Ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan bernegara akan mempermudah kita mencapai masyarakat yang sejahtera.
 3.   Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Dalam Persidangan PPKI, para tokoh pendiri negara memperlihatkan kecerdasan, kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, rasa kekeluargaan, toleransi, dan penuh dengan permufakatan dalam setiap pengambilan keputusan. Sikap patriotisme danrasa kebangsaan antara lain dapat diketahui dalam pandangan dan pemikiran mereka  yang tidak mau berkompromi dengan penjajah dan bangga sebagai bangsa yang baru merdeka.

E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan kesatu
Discovery Learning dengan metode diskusi model kajian Dokumen Historis
Pertemuan kedua
Problem Base Learning dengan metode diskusi model pembelajaran kajian dokumen historis
Pertemuan ketiga
Discovery Learning dengan metode diskusi model pembelajaran pensuasanaan lingkungan
Pertemuan keempat
Problem Base Learning dengan metode diskusi model pembelajaran Simulasi
Pertemuan kelima
Problem Base Learning dengan metode diskusi model pembelajaran Kajian karakter ketokohan
Pertemuan keenam
Problem Base Learning dengan metode diskusi model pembelajaran mengklariifikasi nilai

F.      Media dan Bahan
1.      Media
a.   Video: “Fragmen Simulasi sidang BPUPKI”. Universitas Gajahmada Yogyakarta
b.   Gambar: tentang Tokoh tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
2.      Bahan
a.   Kostum dan perlengkapan simulasi (Baju, Kopeah dll)
b.   Spidol, Palu Sidang

G.    Sumber Belajar
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
  1. Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, mengecek kehadiran siswa, dan mengajak siswa menyanyikan lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
  2. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang Norma dan Keadilan dengan cara bertanyajawab.
  3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menjelaskan materi perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu berdiskusi dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata terkait pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan, tes lisan, dan praktik.
Kegiatan Inti (90)
1.      Dengan bantuan Guru Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 5 sampai 6 orang.
2.      Peserta didik dikondisikan untuk mengikuti pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi model kajian Dokumen Historis dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.    Tahap Merumuskan pertanyaan
-       Peserta didik mengamati gambar 3.2 tentang sidang BPUPKI dan mengamati tayangan video fragmen sidang BPUPKI , dan mencatat hal-hal penting dan yang ingin diketahui dalam gambar dan video tersebut. Guru memberikan penjelasan singkat tentang gambar dan tayangan video, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan perumusan UUD.
-       Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam mengamati gambar kepada peserta didik.
-       Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
-       Guru meminta peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
1. Kapan undang-undang dasar dirumuskan oleh BPUPKI?
2. Apa materi sidang kedua BPUPKI II?
3. Bagaimana perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
    dalam    sidang BPUPKI?
b.      Tahap Merencanakan
1. Peserta Didik
2. Guru meminta peserta didik mencari informasi dengan melakukan kajian    dokumen historis tentang pendapat-pendapat anggota BPUPKI mengenai rumusan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Dokumen historis dapat dicari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
c.       Tahap Mengumpulkan dan menganalisis data
Dengan bibimbingan guru peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
1. Hubungan antar Panitia Kecil.
2. Perbedaan pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
3. Persamaan pendapat dalam pembahasan materi undang-undang dasar.
d.     Tahap menarik kesimpulan
Guru membimbing Peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang kedua BPUPKI.
e.      Penerapan dan tindak lanjut
-       Kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
-       Guru membimbing peserta didik secara kelompok menyampaikan hasil kajiannyatentang Aktivitas 3.1


     Kegiatan Penutup (15 menit)
1.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.  Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
       a.  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari perumusan UUD Negara Republik
             Indonesia Tahun 1945?
       b.  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?

Pertemuan Kedua (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.         Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.        Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
c.         Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solvingmengenai Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
d.        Guru menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
e.         Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti ( 90 menit)
1.       Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
2.       Guru membimbing peserta didik secara berkelompok mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam persidangan BPUPKI.
3.       Guru meminta peserta didik mengkaji dokumen historis berupa nama-nama anggota BPUPKI dan bagaimana tempat duduk dalam persidangan BPUPKI.
4.       Guru memberi penjelasan singkat tentang gambar, apa makna gambar tempat duduk anggota BPUPKI dikaitkan dengan nilai kebersamaan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
5.       Guru membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
6.       Dibimbing guru peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
a.             Lembaga apa yang menetapkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
b.            Bagaimana proses penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
c.             Apa yang dimaksud dengan PPKI?
7.       Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
8.       Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VII Bab 3, Bagian A, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
9.       Guru membimbing peserta didik didasarkan dokumen historis tentang sidang BPUPKI mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
a.  Hubungan antar BPUPKI dan PPKI?
b.  Makna penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945?
c.  Hubungan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Proklamasi
10.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dala sidang keduaBPUPKI.
11.   Guru meminta kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan
12.   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan mengisi lembar Aktivitas 3.2.
13.   Peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.      Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a.  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945?
b.  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
c.  Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah
dilakukan?
d.  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e.  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3.  Memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4.  Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
5.  Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas
     membaca materi.

Pertemuan Ketiga (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.      Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.      Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
3.      Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solvingmengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.      Guru menyampaikan manfaat proses pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti ( 90 menit)
1.       Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
2.       Guru membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati kelengkapan kelas menyangkut kebersihan, kerapian, dan kelengkapan lambang Negara di kelas. Apabila berbagai lambang Negara belum tersedia maka kelas membuat rencana untuk pemenuhan semua kelengkapan kelas yang menyangkut lambang Negara.
3.       Guru membimbing peserta didik mengkaji makna suasana lingkungan yang baik maka suasana kelas akan baik.
4.       Guru membimbing peserta didik mengkaji makna apabila sebuah Negara tidak memiliki undang-undang dasar.
5.       Guru membimbing peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan dari wacana yang berkaitan dengan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
6.       Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti berikut ini.
a.        Apa manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?
b.        Apa akibat bagi warga negara dan bangsa negara, apabila Indonesia tidak memiliki UUD?
7.       Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
8.       Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di Buku PPKn Kelas VII Bab 3, bagian B, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
9.       Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.
a.  Hubungan manfaat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?
b.  Hubungan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan keutuhan
NKRI?
10.   Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
11.   Guru membimbing kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan mengisi lembar Aktivitas 3.3.
12.   Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.         Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.         Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a.  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945?
b.  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
c.  Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d.  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e.  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
            3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah
kelompok.
4.  Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
5.  Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas
membaca materi Bab 3, Subbab C.

Pertemuan Keempat (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.         Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.         Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
3.         Guru membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solvingmengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.         Guru membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
5.         Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti ( 90 menit)
1.       Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
2.       Guru membimbing kelompok yang sudah terbentuk mengkaji tentang isi UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
3.       Guru membimbing peserta didik secara berkelompok membuat kajian tentang sikap perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.       Guru meminta peserta didik membuat simulasi bagaimana bersikap dan berperilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
5.       Guru membimbing peserta didik mendokumentasikan sikap dan perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
6.       Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil dokumentasi atau mensimulasikan kembali sikap perilaku sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
7.       Guru membimbing peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.        Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.        Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a.  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari arti penting UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945?
b.  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
c.  Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d.  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e.  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3.        Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4.        Guru memberikan Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
5.        Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi.

Pertemuan Kelima (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.      Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.      Guru membimbing memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
3.      Guru membimbing Peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solvingmengenai peran tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.       Guru membimbing Peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.


Kegiatan Inti (90 menit)
1.       Guru membimbing peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibentuk dipertemuan pertama.
2.        Guru membimbing kelompok yang sudah terbentuk diberi nama tokoh-tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pertemuan Keenam (3JP)
3.       Guru membimbing Peserta didik secara berkelompok mengamati bagaimana karakter tokoh tersebut dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
4.       Guru membimbing peserta didik membuat pertanyaan bagaimana karakter tokoh tersebut dalam hal perjuangan kemerdekaan Indonesia.
5.       Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan seperti :
a.  Bagaimana latar belakang tokoh penyusun UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945?
b.  Apa saja pemikiran tokoh pendiri Negara mengenai UUD Negara Republik
Indonesia tahun 1945?
6.       Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
7.       Guru membimbing peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi dan internet.
8.       Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
   Peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya
dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia?
   Hubungan latar belakang perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia?
9.       Guru membimbing kelompok menyusun laporan hasil telaah tentang perumusan karakter ketokohan perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
10.    Guru meminta peserta didik secara berkelompok menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
11.   Guru membimbing Peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.        Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2.        Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a.  Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945?
b.  Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
c.  Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah
dilakukan?
d.  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e.  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3.  Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah
kelompok.
4.  Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas
membaca materi.

Pertemuan Keenam (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.      Guru membimbing peserta didik mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.      Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu nasional ”Satu Nusa Satu Bangsa”.
3.      Guru membimbing peserta didik melakukan apersepsi melalui tanya jawab dan problem solvingmengenai Arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.      Guru membimbing peserta didik mengkaji manfaat proses pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Kegiatan Inti (90 menit)
1.         Guru membimbing peserta didik duduk sendiri-sendiri atau duduk secara klasikal.
2.         Peserta didik mengerjakan penilaian sikap dengan rubric seperti di bawah ini. (terlampir)
3.         Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi siswa yang telah menjawab penilaian sikap secara jujur.
4.         Guru membimbing peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti :
a.  Peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kaitannya
dengan sikap perilaku seorang siswa?
b.  Hubungan melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dengan semangat seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan Republik
Indonesia?
5.         Guru membimbing peserta didik secara individual menyampaikan hasil kajian di depan kelas.
6.         Guru membimbing peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.             Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.             Melaksanakan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan peran perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a.      Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari peran perumus UUD Negara
       Republik Indonesia Tahun 1945?
b.      Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran?
c.       Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah         dilakukan?
d.  Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e.  Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3.  Guru Memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah
      Kelompok
4.  Tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi yang disusun oleh guru.
5.  Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas
     membaca materi Bab 4.

I.         Penilaian
A.    Pertemuan kesatu
1.    Kompetensi Sikap Spiritual
-       Jurnal Perkembangan Sikap
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2.    Kompetensi Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

3.    Kompetensi Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes Tulis
Uraian
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

4.    Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Penilaian Praktek
Rubrik Penilaian Penyajian hasil telaah
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)



B.     Pertemuan kedua
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
-       Jurnal Perkembangan Sikap
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2.      Kompetensi Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

3.      Kompetensi Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

4.      Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Penilaian Praktek
Rubrik Penilaian Penyajian hasil telaah
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)


5.      Pertemuan ketiga
6.      Pertemuan keempat
7.      Pertemuan kelima
8.      Pertemuan keenam










a.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk; 1) bimbingan perorangan jika siswa yang belum mencapai ketuntasan, maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian  jika siswa yang belum tuntas 50% atau lebih.

b.     Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk melakukan pengamatan dan memberikan opini atau pendapatnya mengenai proses Kegiatan Musyawarah baik ditingkat RT/RW maupun ditingkat Desa dalam masyarakat.







Mengetahui;                                                                         Panggarangan,   Juli 2018
Kepala SMPN Satu Atap 6 Panggarangan                       Guru Mapel PPKn,




Tatang Rustaman, S.Pd.                                                    Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005                                                   NIP. 198010282009021002





















Lampiran 1 Pertemuan pertama
Instrumen
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Kelas              : .......................................
Semester        : .......................................
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Prilaku
Butir Sikap
      1.             
Rabu, 22 Maret 2017

Budi
Menampilkan Sikap menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dengan Mengucapkan do’a untuk para pahlawan dalam pembukaan Simulasi sosio drama
Ketaqwaan

















Lampiran 2 Pertemuan pertama
Instrumen
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Kelas              : .......................................
Semester        : .......................................
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Prilaku
Butir Sikap
      2.             
Rabu, 22 Maret 2017

Andi
Menampilkan sikap bertanggung jawab dalam simulasi perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dengan memerankan tokoh DR. Radjiman Widyodiningrat secara baik.
Tanggungjawab



















Lampiran 3 Pertemuan pertama
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kelas              : ..........................................................
Semester        : .........................................................
Pengetahuan yang dinilai : Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  1. Kisi Kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi/
Sub Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk
Instrumen
Butir Soal

Level Kognitif

3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Perumusan dan
Pengesahan UUD
Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Arti Penting UUD
Negara Republik
Indonesia Tahun
1945 bagi Bangsa dan
Negara Indonesia
Peran Tokoh Perumus
UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
.3.3.1 Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang
Kedua BPUPKI.

Uraian
1 (Terlampir)
2 (Terlampir)
3 (Terlampir)
4 (Terlampir)


  1. Butir Soal
1.      Jelaskan apa sajakah yang menjadi Pembahasan sidang BPUPKI tanggal 13 Juli 1945 !
2.      Jelaskan apa sajakah yang menjadi Pembahasan sidang BPUPKI tanggal 14 Juli 1945 !
3.      Jelaskan apa sajakah yang menjadi Pembahasan sidang BPUPKI tanggal 15 Juli 1945 !
4.      Jelaskan apa sajakah yang menjadi Pembahasan sidang BPUPKI tanggal 16 Juli 1945 !

  1. Kunci Jawaban
No. Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Membahas beberapa hal dan menyepakati antara lain ketentuan tentang Lambang Negara, Negara Kesatuan, sebutan Majelis Permusyawaratan Rakyat, dan membentuk Panitia Penghalus Bahasa yang terdiri atas Djajadiningrat, Salim, dan Soepomo. Rancangan Undang-Undang Dasar diserahkan kepada Panitia Penghalus Bahasa
25
2
”Pembicaraan tentang pernyataan kemerdekaan”. Panitia PerancanganUndang-undang Dasar melaporkan hasilnya. Pasal-pasal dari rancangan UUD berjumlah 42 pasal. Dari 42 pasal tersebut, ada 5 pasal masuk tentang aturan peralihan dengan keadaan perang, serta 1 pasal mengenai aturan tambahan.
25
3
”Pembahasan Rancangan Undang-Undang Dasar”. Saat itu Ketua Perancang Undang-Undang Dasar, yaitu Soekarno memberikan penjelasan tentang naskah yang dihasilkan dan mendapatkan tanggapan dari Moh. Hatta, lebih lanjut Soepomo, sebagai Panitia Kecil Perancang Undang- Undang Dasar, diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan terhadap naskah Undang-Undang Dasar.
25
4
Naskah Undang-Undang Dasar akhirnya diterima dengan suara bulat pada Sidang BPUPKI tanggal 16 Juli 1945. Selain itu juga, diterima usul-usul dari panitia keuangan dan Panitia Pembelaan Tanah Air. Dengan demikian, selesailah tugas panitia BPUPKI.
25

Total Skor
100

  1. Pedoman Penskoran
Nilai = Skor perolehan    x 100
            Skor Maksimum



















Lampiran 4 Pertemuan pertama
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Lembar Penilaian Penyajian  dan Laporan Hasil Telaah
Kelas               : ................................................
Semester         : ................................................
Materi             : Perumusan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945

No
Nama Peserta Didik
Kemampuan Bertanya
Kemampuan Menjawab / Berargumentas
Memberi Masukan / Saran
Mengapresiasi
1

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
2

















3


















dst
















Keterangan: Diisi dengan tanda ceklist
Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
                         2

Pedoman Penskoran
No
Aspek
Penskoran
1
Kemampuan Bertanya
Skor 4  apabila selalu bertanya.
Skor 3  apabila sering bertanya.
Skor 2  apabila kadang-kadang bertanya.
Skor 1  apabila tidak pernah bertanya.
2
Kemampuan Menjawab/Argumentas
Skor 4  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3  apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.
Skor 2  apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
Skor 1  apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.
3
Kemampuan Memberi Masukan
Skor 4  apabila selalu memberi masukan.
Skor 3  apabila sering memberi masukan.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi masukan.
4
Mengapresiasi
Skor 4  apabila selalu memberikan pujian.
Skor 3  apabila sering memberikan pujian.
Skor 2  apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1  apabila tidak pernah memberi pujian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1