Jumat, 31 Agustus 2018

RPP PPKn Kelas 7 BAB 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri Satu Atap 6 Panggarangan.
Mata Pelajaran            : PPKn
Kelas/Semester            : VII/Satu
Materi Pokok           :  Norma-norma yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat
Alokasi Waktu            : 5 Pertemuan (15 JP)

A.    Kompetensi Inti

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2  Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.

1.2.1        Menerima keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.2        Mematuhi  norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.3    Menghargai norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
2.2.1    Menerima keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat secara bertanggungjawab.
2.2.2     Melaksanakan norma-norma dalam kehidupan di masyarakat dengan disipilin

3.2 Memahami  norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
3.2.1  Merumuskan pengertian norma.
3.2.2  Menjelaskan  pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
3.2.3  Membedakan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat.
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

4.2.1   Mengidentifikasi  perilaku dalam mematuhi norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
4.2.2 Membuat poster tentang perilaku yang sesuai dengan norma dalam kehidupan bermasyarakat.
4.2.2   Menyajikan poster tentang perilaku yang sesuai norma di lingkungan sekolah. 

C.  Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Spiritual
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.2.1.1. menerima keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa;
1.2.2.1.   mematuhi  norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
1.2.3.1.   menghargai norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Kompetensi Spiritual
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
2.2.1.1  menerima keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat secara bertanggungjawab;
2.2.2.1  melaksanakan norma-norma dalam kehidupan di masyarakat (sekolah ) dengan disipilin.

Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.2.1.1.        menjelaskan pengertian norma;
3.2.1.2.        merumuskan kembali pengertian norma;
3.2.2.1.        menjelaskan macam-macam norma;
3.2.2.2.        menjelaskan tujuan adanya norma;
3.2.2.3.        menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat;
4.2.1.1.               mengidentifikasi perilaku dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.


Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
3.2.3.1.        menjelaskan perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain;
3.2.3.2.        menjelaskan makna negara hukum sesuai Pasal 1 Ayat 3 UUD Negara RI Tahun 1945;
3.2.3.3.        mendeskripsikan arti keadilan dalam pandangan hukum;
4.2.1.2.        Menganalisis masalah nyata tentang pelaksanaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.

Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
4.2.1.3.            menemukan berbagai alternatif pemecahan masalah nyata terkait pelaksanaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat; dan
4.2.1.4.            Menentukan alternatif pemecahan masalah nyata tentang pelanggaran norma dalam kehidupan masyarakat.

Pertemuan keempat dan kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:
4.2.2.1.            membuat poster, atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku sesuai dengan norma-norma  dalam kehidupan bermasyarakat; dan
4.2.3.1              menyajikan poster perilaku yang sesuai norma-norma di lingkungan sekolah. 

Nilai karakter yang diharapkan: Religius, Disiplin, dan Tanggung jawab

D.    Materi Pembelajaran
  1. Materi Pembelajaran Reguler
a.    Pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat.
b.    Macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat.
c.    Pentingnya norma dalam mewujudkan keadilan.
d.   Perilaku sesuai norma-norma sesuai norma-norma dalam kehidupan sehari-hari.
e.    Perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain.
f.     Perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

  1. Materi Pembelajaran Pengayaan
Dilema norma dalam masyarakat (misal: “Larangan keluar malam dengan kebutuhan bekerja”; “Jam bertamu, jam berkunjung ke RS dengan kebutuhan silaturahmi”; “di sekolah tidak boleh rebut/ramai, mengganggu kelas lain dengan kebutuhan”)

  1. Materi Pembelajaran Remedial
Perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain.

E.  Metode Pembelajaran
     PBL (Problem-Based Learning)
    

F.  Media dan Bahan
1.    Media
a.    Video: “Korlantas POLRI-Budaya Tidak Tertib Berlalu lintas”. 2011. Korp. Lalu Lintas POLRI.
b.    Gambar: tentang pelaksanaan norma-norma; adat/sopan santun, kesusilaan, hukum, dan norma agama. (“gambar siswa SMP naik motor ngebut, tanpa memakai helm”)

2.    Bahan Pembuatan Poster
a.    Kertas gambar ukuran A3 (30 x42)
b.    Spidol, atau pensil warna

G.  Sumber Belajar
-        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-        Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

H. Langkah-langkah Pembelajaran
     Pertemuan Pertama (3 JP)
     Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
  1. Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
  2. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang Dasar Negara Pancasila dengan cara bertanyajawab.
  3. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menemukan permasalah nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan konsep-konsep, serta manfaat norma.
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu berdiskusi dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata terkait pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan, tes lisan, dan praktik.

Kegiatan Inti (90 menit)
1.         Siswa memperhatikan masalah nyata yang disajikan guru, tentang fenomena perilaku berdasarkan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari melalui video dan/atau gambar.
2.         Siswa difasilitasi guru untuk menemukan masalah-masalah nyata (ketidakpatuhan terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari) dengan cara menuliskannya dalam bentuk resume.
3.         Siswa difasilitasi guru mengklarifikasi permasalahan nyata yang ditemukan dengan menuliskannya dalam LK 1 yang telah disiapkan guru.
4.        Siswa dalam kelompok mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu diketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan, dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan seperti;
·      Apakah  pengertian norma?
·      Apa macam-macam norma?
·      Apakah pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat?
·      Mengapa terjadi pelanggaran norma-norma?
·      Bagaimana cara mengatasi masalah pelanggaran norma-norma dalam masyarakat?
5.      Siswa mencari alternatif-alternatif penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.    Guru memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai pengertian, macam-macam, dan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
2.    Bersama guru siswa melakukan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang manfaat yang diperoleh siswa dalam pembelajaran hari ini.
3.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
4.    Guru melakukan tes lisan untuk mengecek pemahaman konsep (assessment for learning) dengan membuat daftar pertanyaan sesuai indikator pencapaian kompetensi.
5.    Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengumpulkan informasi dan data dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun dan untuk menemukan alternatif pemecahan masalah tentang perilaku kapatuhan terhadap norma.

Pertemuan Kedua (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.    Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.    Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian norma, macam-macam, dan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa memahami dan menemukan alternatif solusi untuk memecahkan permasalahan nyata terkait pelaksanaan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.
4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu mengumpulkan informasi dan data untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun dan menemukan alternatif pemecahan masalah.


Kegiatan Inti (90 menit)
1.   Siswa secara mandiri maupun kelompok mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai sumber untuk menemukan solusi atas permasalahan yang hendak ditemukan solusi pemecahannya.
2.   Siswa menggunakan informasi yang telah diperolehnya untuk menemukan pemecahan masalah.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja kelompok siswa.
2.    Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa terus mengumpulkan data dan informasi untuk menyelesaikan tugas kelompoknya.
3.    Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu presentasi hasil kerja  kelompok.

Pertemuan Ketiga (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.    Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan  lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.    Guru mengecek penyelesaian tugas masing-masing kelompok.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat mengemukakan alternative penyelesaian masalah nyata terkait pelaksanaan norma-norma  dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu berdiskusi tentang berbagai alternatif pemecahan masalah nyata tentang pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Siswa dalam kelompok berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap paling tepat untuk menyelesaikan masalah.
2.    Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah.
3.    Siswa menyusun laporan hasil kerja kelompok, yang dapat berupa paparan/bahan tayang, display, atau dalam bentuk lembaran.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.    Guru memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai permasalahan nyata dan alternatif pemecahannya.
2.    Bersama guru siswa melakukan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang manfaat yang diperoleh siswa dalam pembelajaran hari ini.
3.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja kelompok siswa.
4.    Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa merancang pembuatan poster, atau slogan tentang perilaku yang sesuai norma dalam kehidupan bermasyarakat.
5.    Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu membuat poster, atau slogan sebagai bentuk kampanye perilaku taat pada norma-norma yang berlaku.

Pertemuan Keempat (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.    Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang masalah nyata mengenai perilaku dalam pelaksanaan norma, dan berbagai alternatif pemecahannya, melalui tanya jawab.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa menunjukkan perilaku sesuai norma-norma, serta mengampanyekan (mendorong/mengajak) orang lain agar taat pada norma yang berlaku untuk mewujudkan keadilan. 
4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu membuat poster atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku sesuai norma dalam kehidupan bermasyarakat (kampanye taat norma).

Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
2.    Siswa melakukan reviu dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
3.    Siswa dalam kelompok memperbaiki/menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan dan masukan kelompok lain.
4.    Siswa menindaklanjuti hasil kerjanya  dalam bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai norma.

Kegiatan Penutup (15 menit)
1.    Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
2.    Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa membaca materi menyelesaikan tugas kelompoknya.
3.    Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu presentasi hasil kerja kelompok.







Pertemuan Kelima (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
1.      Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan  lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa menunjukkan perilaku taat pada norma-norma yang berlaku, mendorong, atau memotivasi orang lain agar taat pada norma-norma yang berlaku untuk mewujudkan keadilan. 
3.      Guru menyampaikan garis besar cakupan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu menyajikan hasil kerja kelompok poster atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku sesuai norma dalam kehidupan bermasyarakat (kampanye taat norma).

Kegiatan Inti (90 Menit)
1.     Siswa menindaklanjuti hasil kerjanya  dalam bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai norma
2.     Siswa mengampanyekan perilaku taat pada norma-norma dengan cara memajang poster/slogan di lingkungan sekolah, guru dapat melakukan penilaian.

           
Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.           Guru memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai materi yang dipelajari.
2.           Guru bersama siswa melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilakukan. 
3.           Guru melakukan uji kompetensi (ulangan) dengan soal-soal yang disusun sesuai indicator.
4.           Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa mempelajari materi berikutnya yaitu perumusan dan pengesahan UUD Negara RI Tahun 1945 dengan membaca buku teks maupun referensi yang lain.
5.           Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu menelaah proses perumusan dan penetapan UUD Negara RI Tahun 1945.

I.       Penilaian

1.    Teknik Penilaian
a.    Kompetensi Sikap Spiritual
·      Observasi/Jurnal Perkembangan Sikap







No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.    Kompetensi Sikap Sosial
1)   Observasi/Jurnal Perkembangan Sikap
2)   Penilaian Diri
3)   Penilaian Antar Teman

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian Diri
Skala Sikap
Terlampir




Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian Antar Teman
Skala Sikap
Terlampir




Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

c.    Kompetensi Pengetahuan
1)   Tes lisan
2)   Tes tertulis
3)   Penugasan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

Penugasan
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei
Terlampir




Setelah selesai kegiatan pembelajaran
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
-


Saat pembelajaran usai
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)

d.        Kompetensi Keterampilan
1)   Praktik
2)   Produk
3)   Portofolio
                       
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Praktik/
Kinerja
Tugas
Menemukan masalah dan solusi pemecahannya
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

Produk
Tugas
Membuat poster/slogan
Terlampir
Saat dan setelah pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

Portofolio
Sampel produk terbaik dari tugas
-
Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

2.      Pembelajaran Remedial

Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk; 1) bimbingan perorangan jika siswa yang belum mencapai ketuntasan, maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian  jika siswa yang belum tuntas 50% atau lebih. 

Kegiatan Remedial.

Soal-soal Remedial :

1.                   Siswa mempresentasikan kembali hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
2.                  Siswa melakukan reviu dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
3.                  Siswa memperbaiki/menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan dan masukan kelompok lain.
4.                  Siswa menindaklanjuti hasil kerjanya  dalam bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai norma.



3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk melakukan pengamatan dan memberikan opini atau pendapatnya mengenai dilema norma dalam masyarakat.

Dampak globalisasi mempengaruhi prilaku siswa di sekolahsalah satunya dalam norma kesopanansiswa tidak lagi memperhatikan perkataan,tindakan dancara berpakaian.melihat dari pkta yang terjadi bagaimana pendapat kalian setelah melakukan pengamatan langsung ? dan berikan solusinya..?





Mengetahui;                                                                           Panggarangan,   Juli 2018
Kepala SMPN Satu Atap 6 Panggarangan                          Guru Mapel PPKn,




Tatang Rustaman, S.Pd.                                                       Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005                                                    NIP. 198010282009021002





Lampiran 1

Instrumen Penilaian (Pertemuan 1)
a.    Kompetensi Sikap : Observasi/Jurnal
Petunjuk:
a.    Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b.    Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).

No.
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.






b.   Kompetensi Pengetahuan : Tes lisan
Pada pertemuan pertama ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan tes lisan untuk mengecek pemahaman siswa (assessment for learning). Instrumen yang digunakan adalah daftar pertanyaan sebagai berikut.

Instrumen: Daftar Pertanyaan
1.    Apakah pengertian norma?
2.    Apakah macam-macam norma?
3.    Apa tujuan adanya norma?
4.    Apa pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat?

Rubrik Penilaian
No. Soal
Rambu-rambu Jawaban
Skor
1
Pengertian norma:
Norma adalah suatu pernyataan yang berisi perintah dan larangan sebagai tuntunan berperilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat, dan bernegara.
2
2
Macam-macam norma:
a.       Norma kesusilaan yaitu pernyataan tentang larangan dan perintah yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.
b.      Norma kesopanan yaitu norma yang bersumber dari tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam mengatur kehidupan kelompoknya.
c.       Norma agama yang merupakan sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang bersumber dari wahyu Tuhan Yang Maha Esa.
d.      Norma hukum yaitu peraturan yang dibuat oleh badan-badan resmi negara, serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati oleh masyarakat.
4
3
Tujuan adanya norma adalah untuk mewujudkan  ketertiban, keteraturan, memberikan perlindungan, dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.
2
4
Pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah untuk mewujudkan kehidupan manusia yang tertib, teratur, dan adanya kejelasan hak maupun kewajiban.
2
Total Skor
10


c.    Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan pada pertemuan pertama ini (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik praktik identifikasi untuk menemukan permasalahan nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma melalui diskusi kelompok.

Instrumen: 
LEMBAR KERJA 1
(Identifikasi permasalahan nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma)


Petunjuk:
Setelah kalian mengamati contoh-contoh permasalahan nyata tentang kepatuhan terhadap norma-norma yang telah disajikan, selanjutnya kerjakan tugas berikut ini..
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2.    Amatilah perilaku kepatuhan terhadap norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masayarakat di sekitar kalian.
3.      Temukan minimal 4 (empat) permasalahan nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma (diluar contoh yang telah disajikan).
4.      Catatlah permasalahan nyata tersebut dalam LK ini.
5.      Laporkan untuk mendapatkan klarifikasi.

 
 














Kelas          : . . .
Hari/Tgl      : . . .
Kelompok   : . . .
1.      . . .
2.      . . .
3.      . . .
4.      . . .

No
Deskripsi Permasalahan
Norma
1


2


3


4


dst





Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Kesesuaian Tugas
Kejelasan Deskripsi
Variasi Permasalahan
1





2





3





4





5





dst






Rubrik Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Kesesuaian tugas dan banyaknya permasalahan yang dapat ditemukan.
-          Empat atau lebih permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 40
-          Tiga permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 30
-          Dua permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 20
-          Satu permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 10
-          Tidak ada permasalahan yang ditemukan, skor: 0

0-40
2
Kejelasan deskripsi permasalahan.
-          Permasalahan dideskripsikan dengan jelas, skor: 30
-          Permasalahan dideskripsikan cukup jelas, skor: 20
-          Permasalahan tidak dideskripsikan, skor: 10

30
3
Variasi permasalahan berdasarkan macam-macam norma.
-          Permasalahan yang ditemukan sangat variatif mencakup empat macam norma, skor: 30
-          Permasalahan yang ditemukan variatif mencakup tiga macam norma, skor: 25
-          Permasalahan yang ditemukan cukup variatif mencakup dua macam norma, skor: 20
-          Permasalahan yang ditemukan tidak variatif hanya mencakup satu macam norma, skor: 15
30
Jumlah Skor
100

NA =  Jumlah skor perolehan


Lampiran 2

Instrumen Penilaian (Pertemuan 2 dan 3)
a.    Kompetensi Sikap : Observasi/Jurnal
Penilaian kompetensi sikap pada pertemuan kedua dan ketiga sama dengan pertemuan pertama yaitu menggunakan teknik pengamatan/observasi yang dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Sikap yang dikembangkan/ingin dicapai dalam pembelajaran ini khususnya adalah pembiasaan mematuhi norma-norma seperti jujur, santun, disiplin, tanggungjawab, dan peduli sebagai wujud rasa syukur.

Instrumen:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial

Kelas                      :
Hari, Tanggal          :
Pertemuan ke          :
Materi Pokok          :

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.































6.    Kompetensi Pengetahuan : Tes lisan
Pada pertemuan kedua ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan tes lisan untuk mengecek pemahaman siswa (assessment for learning). Instrumen yang digunakan adalah daftar pertanyaan sebagai berikut.

Instrumen: Daftar Pertanyaan
1.    Apakah persamaan dan perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain?
2.    Apakah fungsi norma hukum?
3.    Apa yang dimaksud dengan negara hukum?
4.    Apa saja alat perlengkapan negara yang diperlukan dalam penegakan hukum?
5.    Apakah yang dimaksud dengan keadilan menurut pandangan hukum?





Rubrik Penilaian
No. Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Persamaannya adalah norma-norma tersebut sama-sama mengatur tata tertib masyarakat, yang membedakan norma hukum dengan norma-norma yang lain adalah sifat dan sanksinya. Norma hukum memiliki sifat memaksa, sanksinya jelas, dan tegas.
2
2
Secara garis besar fungsi norma hukum ialah:
a.       Memberikan legitimasi/pengesahan terhadap apa yang berlaku dalam masyarakat.
b.      Sebagai alat rekayasa masyarakat
c.       Sebagai sarana pembentukan/pembangunan masyarakat.
d.      Sebagai senjata dalam konflik sosial (Donald Albert Rumokoy dan Frans Maramis, 2014:36:38)
2
3
Negara hukum adalah negara yang kekuasaannya berdasarkan atas hukum (supremasi hukum). Segala sesuatu, baik tindakan  warga negara maupun penyelenggara negara harus berdasarkan pada hukum.
2
4
Alat perlengkapan negara untuk menegakkan hukum ialah polisi, jaksa, dan hakim.
2
5
Keadilan menurut pandangan hukum ialah adanya jaminan negara terhadap anggota masyarakat untuk mendapatkan apa yang menjadi haknya dan memperoleh perlakuan yang sama di hadapan hukum.
2
Total Skor
10


7.    Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan pada pertemuan kedua (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik praktik menganalisis/menelaah masalah dan menemukan alternative pemecahan permasalahan nyata yang dipilih.









Instrumen: 
LEMBAR KERJA 2
(Telaah permasalahan nyata dan alternatif solusi pemecahan masalah)


Petunjuk:
Setelah kalian menemukan dan mengklarifikasi permasalahan nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma-norma, selanjutnya tentukan satu permasalahan yang akan dipecahkan kelompok dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.      Lakukan telaah pada  setiap permasalahan tentang perilaku kepatuhan terhadap norma yang telah kalian temukan dan diklarifikasi.
2.      Pilih salah satu permasalahan yang akan dipecahkan oleh kelompok, dengan mempertimbangkan pentingnya masalah untuk dipecahkan.
3.      Kumpulkan sebanyak-banyaknya data dan informasi tentang permasalahan tersebut dengan membaca buku teks, media cetak/elektronik, internet, dan dari sumber-sumber yang lain.
4.      Lakukan sharing (berbagi informasi) dengan teman dan diskusikan untuk menemukan alternative solusi pemecahannya.
5.      Susunlah laporan hasil kerja kelompok kalian dalam bentuk lembaran.
6.      Presentasikan hasil kerja kelompok kalian di depan kelas untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.

 
 



















Kelas               : . . .
Hari/Tgl           : . . .
Kelompok       : . . .
1.              . . .
2.              . . .
3.              . . .
4.              . . .

A.    Permasalahan yang dipilih
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................




B.     Alasan Pentingnya Masalah
(Uraikan mengapa masalah tersebut penting untuk dipecahkan, seberapa luas penyebarannya).........
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................

C.     Alternatif Solusi Pemecahan Masalah
(Temukan berbagai alternatif solusi untuk memecahkan masalah yang telah dipilih)
Alternatif 1
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
Alternatif  2
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
Alternatif 3
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................

D.    Alternatif  Pemecahan Masalah yang Paling Tepat Menurut Kelompok
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................

E.     Rencana Tindak Lanjut (Action Plan)
1.    Kampanye dengan membuat poster/slogan tentang .........................................................................
2.    ...........................................................................................................................................................
3.    ...........................................................................................................................................................
4.     ..........................................................................................................................................................
dst






Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Pemahaman
Argumentasi
Kerjasama
Isi Laporan
1






2






3






4






5






dst








Rubrik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Pemahaman terhadap isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-          Skor 25; jika sangat memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-          Skor 20; jika memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-          Skor 15; jika cukup memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-          Skor 10; jika kurang memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan
-          Skor 5; jika tidak memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
5 - 25
2
Ketepatan alasan/argumentasi dalam menjawab pertanyaan, dan mempertahankan pendapat yang dipilih kelompok. 
-          Skor 25; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat sangat baik.
-          Skor 20; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat  baik.
-          Skor 15; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat cukup baik.
-          Skor 10; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat kurang baik.
-          Skor 5; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat tidak  baik.
5 - 25
3
Kerjasama (kontribusi anggota-anggota kelompok) dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama baik dalam penyusunan laporan, maupun  presentasi.
-          Skor 25; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama, sangat baik.
-          Skor 20; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama, baik.
-          Skor 15; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama, cukup baik.
-          Skor 10; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama, kurang baik.
-          Skor 5; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab bersama tidak baik.
5 - 25
4
Kesesuaian permasalahan dengan alternatif solusi, dan alasan logis 
-          Skor 25; jika sangat sesuai
-          Skor 20; jika sesuai
-          Skor 15; jika kurang sesuai
-          Skor 10; jika tidak sesuai

10 -25
Jumlah Skor
100



Lampiran 3

Instrumen Penilaian (Pertemuan 4-5 )
a.    Kompetensi Sikap : Observasi/Jurnal
Penilaian kompetensi sikap pada pertemuan keempat, sama dengan pertemuan pertama yaitu menggunakan teknik pengamatan/observasi yang dilakukan secara terus menerus selama proses pembelajaran. Sikap yang dikembangkan/ingin dicapai dalam pembelajaran ini khususnya adalah pembiasaan mematuhi norma-norma seperti jujur, santun, disiplin, tanggungjawab, dan peduli sebagai wujud rasa syukur.

Instrumen:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial

Kelas                      :
Hari, Tanggal          :
Pertemuan ke          :
Materi Pokok          :

No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.































Penilaian Diri
Nama Siswa                       :
Hari/Tgl Pengisian              :
Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan
Indikator  Sikap:
1.         Keimanan                                4.   Santun                   7.  Peduli        
2.         Ketaqwaan                              5.   Disiplin                  8.  Percaya diri
3.         Kejujuran                                6.   Tanggungjawab                

No
Pernyataan
Skor

Keterangan
1
2
3
4
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan YME, suka berikhtiar, dan tawakal





2
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut, mengikuti ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME





3
Saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.





4
Saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu





5
Saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji





6
Saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan, mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak mengganggu/merugikan orang lain





7
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya, menerima kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima perbedaan dengan orang lain.





8
Saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah, kerja kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan





9
Saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor, kasar, dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).





10
Saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat, bertanya atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan dengan cepat.






JUMLAH SKOR







Penilaian Antar Teman
Nama Teman yang Dinilai  :
Hari/Tgl Pengisian              :
Penilai                                             :

Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan

Indikator Sikap:
1.         Keimanan                                4.   Santun                               7.  Peduli        
2.          Ketaqwaan                              5.   Disiplin                              8.  Percaya diri
3.         Kejujuran                                6.   Tanggungjawab                
No
Pernyataan
Skor

Keterangan
1
2
3
4
1
Teman saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan YME, suka berikhtiar, dan tawakal





2
Teman saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut, mengikuti ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME





3
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.





4
Teman saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu





5
Teman saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji





6
Teman saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan, mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak mengganggu/merugikan orang lain





7
Teman saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya, menerima kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima perbedaan dengan orang lain





8
Teman saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah, kerja kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan





9
Teman saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor, kasar, dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).





10
Teman saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat, bertanya atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan dengan cepat.





JUMLAH SKOR





NILAI






b.    Kompetensi Pengetahuan :
Ø Pada pertemuan keempat tidak dilakukan penilaian kompetensi pengetahuan karena fokus kegiatan siswa adalah membuat produk berupa poster.
Ø Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui ulangan harian pada pertemuan kelima.

Instrumen: Soal
1.    Apakah yang dimaksud dengan norma? Jelaskan!
2.    Jelaskan tentang macam-macam norma.
3.    Apa tujuan adanya norma? Jelaskan!
4.    Mengapa norma itu penting dalam kehidupan bermasyarakat? Jelaskan!
5.    Apakah persamaan dan perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain? Jelaskan!
6.    Apakah fungsi norma hukum? Jelaskan!
7.    Sesuai UUDNRI Tahun 1945 Indonesia adalah negara hukum. Apa yang dimaksud dengan negara hukum? Jelaskan!
8.    Jelaskan alat-alat perlengkapan negara dalam penegakan hukum.
9.    Apakah yang dimaksud dengan keadilan menurut pandangan hukum? Jelaskan!

c.    Kompetensi Keterampilan
Penilaian kompetensi keterampilan pada pertemuan keempat ini (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik produk yaitu poster atau slogan berisi ajakan/kampanye perilaku baik sesuai norma-norma.

Instrumen: Tugas
a.    Buatlah poster tentang perilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
b.    Poster memuat gambar, dan atau tulisan yang bersifat persuasife (memuat ajakan, himbauan untuk melakukan sesuatu yang baik sesuai norma-norma yang berlaku).
c.    Presentasikan di depan kelas untuk mendapatkan penilaian.
d.   Pajanglah poster kalian di lingkungan sekolah.

Rubrik Penilaian
Poster/Slogan
  No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
 Skor Maksimal
Ide/Gaga-san
Nilai Persuasif
Keindahan Grafis
Kejelasan Pesan
25
25
25
25
100











Keterangan
1.    Ide/Gagasan
-    Menarik                :  Skor 25
-    Cukup Menarik    :  Skor 20
-    Kurang Menarik   :  Skor 15
-    Tidak Menarik      :  Skor 10

2.    Nilai Persuasif
-    Memberi kesadaran dan mengajak untuk taat norma                  :  Skor 25
-    Memberi kesadaran tetapi kurang mengajak untuk taat norma   :  Skor 20
-   Kurang memberi kesadaran, tetapi mengajak untuk taat norma   :  Skor 15
-   Kurang memberi kesadaran, dan kurang mengajak taat norma    :  Skor 10

3.         Keindahan Grafis
-   Indah, komposisi warna, huruf dan gambar semuanya sesuai :  Skor 25
-   Cukup indah, komposisi warna sesuai, huruf dan gambar cukup sesuai:  Skor 20
-   Kurang indah, komposisi warna, huruf dan gambar kurang sesuai:  Skor 15
-   Tidak indah, komposisi warna, huruf  dan gambar tidak sesuai: Skor 10

4.         Kejelasan Pesan
-   Mudah dipahami               :  Skor 25
-   Cukup dapat dipahami      :  Skor 20














Lampiran
Contoh Gambar Perilaku sesuai Norma Hukum (Kedisiplinan)


]






Contoh Gambar Perilaku sesuai Norma Kesusilaan

Contoh Gambar Perilaku sesuai Norma Kesopanan








Contoh gambar perilaku sesuai Norma agama (toleransi beragama)





Contoh gambar kerukunanan antarummat beragama


Contoh gambar  Lembaga-lembaga hukum 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1