RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri Satu Atap 6 Panggarangan.
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok
: Norma-norma yang Berlaku dalam
Kehidupan Bermasyarakat
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (15 JP)
A. Kompetensi
Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Menghargai
norma-norma keadilan
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa.
|
1.2.1
Menerima keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai
anugerah
Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.2
Mematuhi norma-norma dalam
kehidupan bermasyarakat sebagai wujud ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.3 Menghargai norma-norma dalam kehidupan
bermasyarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
untuk mewujudkan
keadilan.
|
2.2.1 Menerima keberadaan norma-norma dalam
kehidupan bermasyarakat secara bertanggungjawab.
2.2.2 Melaksanakan norma-norma dalam kehidupan
di masyarakat dengan disipilin
|
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
untuk mewujudkan
keadilan.
|
3.2.1 Merumuskan pengertian norma.
3.2.2 Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat.
3.2.3 Membedakan macam-macam norma yang berlaku
dalam masyarakat.
|
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai
norma-norma yang
berlaku
dalam kehidupan
bermasyarakat
untuk mewujudkan keadilan.
|
4.2.1 Mengidentifikasi
perilaku dalam mematuhi norma-norma
yang berlaku dalam masyarakat.
4.2.2
Membuat poster tentang perilaku yang sesuai dengan norma dalam kehidupan
bermasyarakat.
4.2.2 Menyajikan poster tentang perilaku yang sesuai norma di
lingkungan sekolah.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Kompetensi Spiritual
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.2.1.1. menerima
keberadaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan
Yang
Maha Esa;
1.2.2.1. mematuhi
norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wujud ketakwaan
terhadap Tuhan Yang
Maha Esa;
1.2.3.1. menghargai norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat sebagai
anugerah Tuhan
Yang
Maha Esa.
Kompetensi Spiritual
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran siswa dapat:
2.2.1.1 menerima keberadaan norma-norma dalam
kehidupan bermasyarakat secara bertanggungjawab;
2.2.2.1 melaksanakan norma-norma dalam kehidupan di
masyarakat (sekolah ) dengan disipilin.
Kompetensi Pengetahuan dan
Keterampilan
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa
dapat:
3.2.1.1. menjelaskan
pengertian norma;
3.2.1.2. merumuskan
kembali pengertian norma;
3.2.2.1. menjelaskan
macam-macam norma;
3.2.2.2. menjelaskan
tujuan adanya norma;
3.2.2.3. menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat;
4.2.1.1.
mengidentifikasi
perilaku dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa
dapat:
3.2.3.1. menjelaskan perbedaan norma hukum dengan
norma-norma yang lain;
3.2.3.2. menjelaskan makna negara hukum sesuai
Pasal 1 Ayat 3 UUD Negara RI Tahun 1945;
3.2.3.3. mendeskripsikan arti keadilan dalam
pandangan hukum;
4.2.1.2. Menganalisis masalah nyata tentang
pelaksanaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.
Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa
dapat:
4.2.1.3.
menemukan
berbagai alternatif pemecahan masalah nyata terkait pelaksanaan norma-norma
dalam kehidupan bermasyarakat; dan
4.2.1.4.
Menentukan
alternatif pemecahan masalah nyata tentang pelanggaran norma dalam kehidupan
masyarakat.
Pertemuan keempat dan kelima
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa
dapat:
4.2.2.1.
membuat
poster, atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku sesuai dengan
norma-norma dalam kehidupan
bermasyarakat; dan
4.2.3.1
menyajikan
poster perilaku yang sesuai norma-norma di lingkungan sekolah.
Nilai
karakter yang diharapkan: Religius, Disiplin, dan Tanggung jawab
D.
Materi Pembelajaran
- Materi Pembelajaran Reguler
a.
Pengertian
norma dalam kehidupan bermasyarakat.
b.
Macam-macam
norma dalam kehidupan bermasyarakat.
c.
Pentingnya
norma dalam mewujudkan keadilan.
d.
Perilaku
sesuai norma-norma sesuai norma-norma dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Perbedaan
norma hukum dengan norma-norma yang lain.
f.
Perilaku
sesuai norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
- Materi Pembelajaran Pengayaan
Dilema norma dalam masyarakat
(misal: “Larangan keluar malam dengan
kebutuhan bekerja”; “Jam bertamu, jam berkunjung ke RS dengan kebutuhan
silaturahmi”; “di sekolah tidak boleh rebut/ramai, mengganggu kelas lain dengan
kebutuhan”)
- Materi Pembelajaran Remedial
Perbedaan norma hukum dengan
norma-norma yang lain.
E. Metode
Pembelajaran
PBL (Problem-Based Learning)
F. Media dan Bahan
1.
Media
a.
Video:
“Korlantas POLRI-Budaya Tidak Tertib
Berlalu lintas”. 2011. Korp. Lalu Lintas POLRI.
b.
Gambar:
tentang pelaksanaan norma-norma; adat/sopan santun, kesusilaan, hukum, dan
norma agama. (“gambar siswa SMP naik
motor ngebut, tanpa memakai helm”)
2.
Bahan Pembuatan Poster
a.
Kertas gambar ukuran A3 (30 x42)
b.
Spidol, atau pensil warna
G. Sumber Belajar
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Guru memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
- Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang Dasar Negara Pancasila dengan cara bertanyajawab.
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menemukan permasalah nyata tentang perilaku kepatuhan terhadap norma dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan konsep-konsep, serta manfaat norma.
- Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu berdiskusi dan membaca buku teks untuk mengidentifikasi permasalahan nyata terkait pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan teknik yang akan digunakan ialah pengamatan, tes lisan, dan praktik.
Kegiatan
Inti (90 menit)
1.
Siswa
memperhatikan masalah nyata yang disajikan guru, tentang fenomena perilaku
berdasarkan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari melalui video dan/atau
gambar.
2.
Siswa
difasilitasi guru untuk menemukan masalah-masalah nyata (ketidakpatuhan
terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari) dengan cara
menuliskannya dalam bentuk resume.
3.
Siswa
difasilitasi guru mengklarifikasi permasalahan nyata yang ditemukan dengan
menuliskannya dalam LK 1 yang telah disiapkan guru.
4.
Siswa
dalam kelompok mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu diketahui,
dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan, dengan menyusun
pertanyaan-pertanyaan seperti;
·
Apakah pengertian norma?
·
Apa
macam-macam norma?
·
Apakah
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat?
·
Mengapa
terjadi pelanggaran norma-norma?
·
Bagaimana
cara mengatasi masalah pelanggaran norma-norma dalam masyarakat?
5.
Siswa
mencari alternatif-alternatif penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang
dimiliki.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Guru
memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai pengertian,
macam-macam, dan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
2.
Bersama
guru siswa melakukan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui tanya
jawab secara klasikal tentang manfaat yang diperoleh siswa dalam pembelajaran
hari ini.
3.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
4.
Guru
melakukan tes lisan untuk mengecek pemahaman konsep (assessment for learning) dengan membuat daftar pertanyaan sesuai
indikator pencapaian kompetensi.
5.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu
mengumpulkan informasi dan data dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan
yang telah disusun dan untuk menemukan alternatif pemecahan masalah tentang
perilaku kapatuhan terhadap norma.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru
memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan
lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2.
Guru
melakukan tanya jawab tentang pengertian norma, macam-macam, dan pentingnya
norma dalam kehidupan bermasyarakat.
3.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa memahami dan menemukan
alternatif solusi untuk memecahkan permasalahan nyata terkait pelaksanaan
norma-norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.
4.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
mengumpulkan informasi dan data untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun
dan menemukan alternatif pemecahan masalah.
Kegiatan
Inti (90 menit)
1.
Siswa secara mandiri maupun kelompok
mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai
sumber untuk menemukan solusi atas permasalahan yang hendak ditemukan solusi
pemecahannya.
2.
Siswa menggunakan informasi yang telah
diperolehnya untuk menemukan pemecahan masalah.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
1.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja kelompok siswa.
2.
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa terus
mengumpulkan data dan informasi untuk menyelesaikan tugas kelompoknya.
3.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan belajar pada pertemuan berikutnya, yaitu
presentasi hasil kerja kelompok.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru
memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa
menyanyikan lagu nasional, permainan,
atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru
mengecek penyelesaian tugas masing-masing kelompok.
3.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa dapat mengemukakan
alternative penyelesaian masalah nyata terkait pelaksanaan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan.
4.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
berdiskusi tentang berbagai alternatif pemecahan masalah nyata tentang
pelaksanaan norma dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan
Inti (90 menit)
1.
Siswa
dalam kelompok berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan dan menentukan
solusi yang dianggap paling tepat untuk menyelesaikan masalah.
2.
Siswa
menetapkan solusi penyelesaian masalah.
3.
Siswa
menyusun laporan hasil kerja kelompok, yang dapat berupa paparan/bahan tayang, display, atau dalam bentuk lembaran.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
1.
Guru
memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai permasalahan nyata
dan alternatif pemecahannya.
2.
Bersama
guru siswa melakukan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui tanya
jawab secara klasikal tentang manfaat yang diperoleh siswa dalam pembelajaran
hari ini.
3.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja kelompok siswa.
4.
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa merancang
pembuatan poster, atau slogan tentang perilaku yang sesuai norma dalam
kehidupan bermasyarakat.
5.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu
membuat poster, atau slogan sebagai bentuk kampanye perilaku taat pada
norma-norma yang berlaku.
Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.
Guru
memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa menyanyikan
lagu nasional, permainan, atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2.
Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang
masalah nyata mengenai perilaku dalam pelaksanaan norma, dan berbagai
alternatif pemecahannya, melalui tanya jawab.
3.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa menunjukkan perilaku
sesuai norma-norma, serta mengampanyekan (mendorong/mengajak) orang lain agar
taat pada norma yang berlaku untuk mewujudkan keadilan.
4.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
membuat poster atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku sesuai norma
dalam kehidupan bermasyarakat (kampanye taat norma).
Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
2.
Siswa
melakukan reviu dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
3.
Siswa
dalam kelompok memperbaiki/menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan
dan masukan kelompok lain.
4.
Siswa
menindaklanjuti hasil kerjanya dalam
bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai
norma.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil kerja siswa.
2.
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa membaca materi
menyelesaikan tugas kelompoknya.
3.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu
presentasi hasil kerja kelompok.
Pertemuan Kelima (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
1.
Guru
memeriksa kebersihan kelas, kesiapan belajar, dan mengajak siswa
menyanyikan lagu nasional, permainan,
atau yel-yel untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu siswa menunjukkan perilaku
taat pada norma-norma yang berlaku, mendorong, atau memotivasi orang lain agar
taat pada norma-norma yang berlaku untuk mewujudkan keadilan.
3.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu menyajikan
hasil kerja kelompok poster atau slogan yang bersifat ajakan untuk berperilaku
sesuai norma dalam kehidupan bermasyarakat (kampanye taat norma).
Kegiatan Inti (90 Menit)
1.
Siswa
menindaklanjuti hasil kerjanya dalam
bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai
norma
2.
Siswa
mengampanyekan perilaku taat pada norma-norma dengan cara memajang
poster/slogan di lingkungan sekolah, guru dapat melakukan penilaian.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.
Guru
memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai materi yang
dipelajari.
2.
Guru
bersama siswa melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilakukan.
3.
Guru
melakukan uji kompetensi (ulangan) dengan soal-soal yang disusun sesuai
indicator.
4.
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan penugasan agar siswa mempelajari
materi berikutnya yaitu perumusan dan pengesahan UUD Negara RI Tahun 1945
dengan membaca buku teks maupun referensi yang lain.
5.
Guru
menginformasikan rencana kegiatan belajar untuk pertemuan berikutnya, yaitu
menelaah proses perumusan dan penetapan UUD Negara RI Tahun 1945.
I.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Kompetensi Sikap Spiritual
·
Observasi/Jurnal Perkembangan Sikap
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
b. Kompetensi Sikap Sosial
1) Observasi/Jurnal Perkembangan
Sikap
2) Penilaian Diri
3) Penilaian Antar Teman
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
2
|
Penilaian Diri
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian Antar Teman
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
c. Kompetensi Pengetahuan
1) Tes lisan
2) Tes tertulis
3) Penugasan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan
jawaban terbuka
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning)
|
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas
tertulis berbentuk esei
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning) dan
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas
tertulis berbentuk esei
|
Terlampir
|
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran
|
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik
hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
-
|
Saat pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan
deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment
of learning)
|
d.
Kompetensi Keterampilan
1) Praktik
2) Produk
3) Portofolio
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Praktik/
Kinerja
|
Tugas
Menemukan masalah dan solusi
pemecahannya
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
|
Produk
|
Tugas
Membuat poster/slogan
|
Terlampir
|
Saat dan setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari
tugas
|
-
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan
|
2.
Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan
hasil analisis ulangan harian, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk; 1) bimbingan perorangan
jika siswa yang belum mencapai ketuntasan, maksimal 20%; 2) belajar kelompok
jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri
dengan penilaian jika siswa yang belum
tuntas 50% atau lebih.
Kegiatan
Remedial.
Soal-soal
Remedial :
1.
Siswa
mempresentasikan kembali hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
2.
Siswa
melakukan reviu dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok.
3.
Siswa
memperbaiki/menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan dan masukan
kelompok lain.
4.
Siswa
menindaklanjuti hasil kerjanya dalam
bentuk poster atau slogan tentang ajakan/kampanye untuk berperilaku sesuai
norma.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pengayaan dalam bentuk penugasan untuk melakukan pengamatan dan memberikan opini
atau pendapatnya mengenai dilema norma dalam masyarakat.
Dampak globalisasi mempengaruhi prilaku
siswa di sekolahsalah satunya dalam norma kesopanansiswa tidak lagi
memperhatikan perkataan,tindakan dancara berpakaian.melihat dari pkta yang
terjadi bagaimana pendapat kalian setelah melakukan pengamatan langsung ? dan
berikan solusinya..?
Mengetahui;
Panggarangan, Juli 2018
Kepala SMPN Satu
Atap 6 Panggarangan Guru
Mapel PPKn,
Tatang Rustaman, S.Pd. Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005 NIP.
198010282009021002
Lampiran 1
Instrumen Penilaian (Pertemuan
1)
a. Kompetensi
Sikap : Observasi/Jurnal
Petunjuk:
a.
Amati perkembangan
sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b.
Isi jurnal dengan
menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun
yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik
dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan,
perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
b.
Kompetensi Pengetahuan : Tes lisan
Pada pertemuan
pertama ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan tes lisan
untuk mengecek pemahaman siswa (assessment
for learning). Instrumen yang digunakan adalah daftar pertanyaan sebagai
berikut.
Instrumen:
Daftar Pertanyaan
1.
Apakah
pengertian norma?
2.
Apakah
macam-macam norma?
3.
Apa
tujuan adanya norma?
4.
Apa
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat?
Rubrik Penilaian
No. Soal
|
Rambu-rambu Jawaban
|
Skor
|
1
|
Pengertian norma:
Norma adalah suatu pernyataan yang berisi
perintah dan larangan sebagai tuntunan berperilaku manusia dalam kehidupan
bermasyarakat, dan bernegara.
|
2
|
2
|
Macam-macam norma:
a. Norma kesusilaan yaitu pernyataan tentang larangan dan
perintah yang berkenaan dengan
bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.
b. Norma kesopanan yaitu norma yang bersumber dari tata
kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam
mengatur kehidupan kelompoknya.
c. Norma agama yang merupakan sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang
bersumber dari wahyu Tuhan Yang Maha Esa.
d. Norma hukum yaitu peraturan yang dibuat oleh badan-badan resmi
negara, serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma
hukum harus ditaati oleh masyarakat.
|
4
|
3
|
Tujuan adanya norma adalah untuk
mewujudkan ketertiban, keteraturan,
memberikan perlindungan, dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.
|
2
|
4
|
Pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat adalah untuk mewujudkan kehidupan manusia yang tertib, teratur,
dan adanya kejelasan hak maupun kewajiban.
|
2
|
Total Skor
|
10
|
c.
Kompetensi Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan pada pertemuan pertama ini (merupakan assesment for learning) menggunakan
teknik praktik identifikasi untuk menemukan permasalahan nyata tentang perilaku
kepatuhan terhadap norma melalui diskusi kelompok.
Instrumen:
LEMBAR
KERJA 1
(Identifikasi permasalahan nyata tentang perilaku
kepatuhan terhadap norma)
|
Kelas : . .
.
Hari/Tgl : . .
.
Kelompok : . . .
1.
.
. .
2.
.
. .
3.
.
. .
4.
.
. .
No
|
Deskripsi Permasalahan
|
Norma
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
dst
|
|
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
Kesesuaian Tugas
|
Kejelasan Deskripsi
|
Variasi Permasalahan
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian tugas dan banyaknya permasalahan yang dapat ditemukan.
-
Empat atau lebih permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 40
-
Tiga permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 30
-
Dua permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 20
-
Satu permasalahan yang ditemukan sesuai, skor: 10
-
Tidak ada permasalahan yang ditemukan, skor: 0
|
0-40
|
2
|
Kejelasan deskripsi permasalahan.
-
Permasalahan dideskripsikan dengan jelas, skor: 30
-
Permasalahan dideskripsikan cukup jelas, skor: 20
-
Permasalahan tidak dideskripsikan, skor: 10
|
30
|
3
|
Variasi permasalahan berdasarkan macam-macam norma.
-
Permasalahan yang ditemukan sangat variatif mencakup empat macam norma,
skor: 30
-
Permasalahan yang ditemukan variatif mencakup tiga macam norma, skor: 25
-
Permasalahan yang ditemukan cukup variatif mencakup dua macam norma,
skor: 20
-
Permasalahan yang ditemukan tidak variatif hanya mencakup satu macam
norma, skor: 15
|
30
|
Jumlah Skor
|
100
|
NA = Jumlah skor perolehan
Lampiran 2
Instrumen Penilaian (Pertemuan
2 dan 3)
a. Kompetensi
Sikap : Observasi/Jurnal
Penilaian kompetensi sikap pada
pertemuan kedua dan ketiga sama dengan pertemuan pertama yaitu menggunakan
teknik pengamatan/observasi yang dilakukan secara terus menerus selama proses
pembelajaran. Sikap yang dikembangkan/ingin dicapai dalam pembelajaran ini
khususnya adalah pembiasaan mematuhi norma-norma seperti jujur, santun,
disiplin, tanggungjawab, dan peduli sebagai wujud rasa syukur.
Instrumen:
Jurnal Perkembangan Sikap
Spiritual dan Sosial
Kelas :
Hari,
Tanggal :
Pertemuan
ke :
Materi
Pokok :
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Kompetensi Pengetahuan : Tes lisan
Pada pertemuan
kedua ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan tes lisan
untuk mengecek pemahaman siswa (assessment
for learning). Instrumen yang digunakan adalah daftar pertanyaan sebagai
berikut.
Instrumen:
Daftar Pertanyaan
1.
Apakah
persamaan dan perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain?
2.
Apakah
fungsi norma hukum?
3.
Apa
yang dimaksud dengan negara hukum?
4.
Apa
saja alat perlengkapan negara yang diperlukan dalam penegakan hukum?
5.
Apakah
yang dimaksud dengan keadilan menurut pandangan hukum?
Rubrik Penilaian
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Persamaannya adalah norma-norma tersebut
sama-sama mengatur tata tertib masyarakat, yang membedakan norma hukum dengan
norma-norma yang lain adalah sifat dan sanksinya. Norma hukum memiliki sifat
memaksa, sanksinya jelas, dan tegas.
|
2
|
2
|
Secara garis besar fungsi norma hukum
ialah:
a. Memberikan legitimasi/pengesahan terhadap
apa yang berlaku dalam masyarakat.
b. Sebagai alat rekayasa masyarakat
c. Sebagai sarana pembentukan/pembangunan
masyarakat.
d. Sebagai senjata dalam konflik sosial
(Donald Albert Rumokoy dan Frans Maramis, 2014:36:38)
|
2
|
3
|
Negara hukum adalah negara yang
kekuasaannya berdasarkan atas hukum (supremasi hukum). Segala sesuatu, baik
tindakan warga negara maupun
penyelenggara negara harus berdasarkan pada hukum.
|
2
|
4
|
Alat perlengkapan negara untuk menegakkan
hukum ialah polisi, jaksa, dan hakim.
|
2
|
5
|
Keadilan menurut pandangan hukum ialah
adanya jaminan negara terhadap anggota masyarakat untuk mendapatkan apa yang
menjadi haknya dan memperoleh perlakuan yang sama di hadapan hukum.
|
2
|
Total Skor
|
10
|
7.
Kompetensi Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan pada pertemuan kedua (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik praktik
menganalisis/menelaah masalah dan menemukan alternative pemecahan permasalahan
nyata yang dipilih.
Instrumen:
LEMBAR
KERJA 2
(Telaah permasalahan nyata dan alternatif solusi
pemecahan masalah)
|
Kelas : . . .
Hari/Tgl : . . .
Kelompok : . . .
1.
.
. .
2.
.
. .
3.
.
. .
4.
.
. .
A.
Permasalahan
yang dipilih
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
B.
Alasan
Pentingnya Masalah
(Uraikan mengapa masalah tersebut penting untuk
dipecahkan, seberapa luas penyebarannya).........
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
C.
Alternatif
Solusi Pemecahan Masalah
(Temukan berbagai alternatif solusi untuk memecahkan
masalah yang telah dipilih)
Alternatif 1
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
Alternatif 2
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
Alternatif 3
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
D.
Alternatif Pemecahan Masalah yang Paling Tepat Menurut
Kelompok
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
................................................................................................................................................................
E.
Rencana
Tindak Lanjut (Action Plan)
1.
Kampanye
dengan membuat poster/slogan tentang .........................................................................
2.
...........................................................................................................................................................
3.
...........................................................................................................................................................
4.
..........................................................................................................................................................
dst
Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||
Pemahaman
|
Argumentasi
|
Kerjasama
|
Isi Laporan
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Pemahaman terhadap isi dan ruang lingkup permasalahan
yang disajikan.
-
Skor 25; jika sangat memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang
disajikan.
-
Skor 20; jika memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-
Skor 15; jika cukup memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang
disajikan.
-
Skor 10; jika kurang memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang
disajikan
-
Skor 5; jika tidak memahami isi dan ruang lingkup permasalahan yang
disajikan.
|
5 - 25
|
2
|
Ketepatan alasan/argumentasi dalam menjawab pertanyaan, dan
mempertahankan pendapat yang dipilih kelompok.
-
Skor 25; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat sangat
baik.
-
Skor 20; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat baik.
-
Skor 15; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat cukup
baik.
-
Skor 10; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat kurang
baik.
-
Skor 5; jika argumen dalam menjawab dan mempertahankan pendapat
tidak baik.
|
5 - 25
|
3
|
Kerjasama (kontribusi anggota-anggota kelompok) dalam
menyelesaikan tanggungjawab bersama baik dalam penyusunan laporan,
maupun presentasi.
-
Skor 25; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama, sangat baik.
-
Skor 20; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama, baik.
-
Skor 15; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama, cukup baik.
-
Skor 10; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama, kurang baik.
-
Skor 5; jika kerjasama/kontribusi dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama tidak baik.
|
5 - 25
|
4
|
Kesesuaian permasalahan dengan alternatif solusi, dan
alasan logis
-
Skor 25; jika sangat sesuai
-
Skor 20; jika sesuai
-
Skor 15; jika kurang sesuai
-
Skor 10; jika tidak sesuai
|
10 -25
|
Jumlah Skor
|
100
|
Lampiran 3
Instrumen Penilaian (Pertemuan
4-5 )
a. Kompetensi
Sikap : Observasi/Jurnal
Penilaian kompetensi sikap pada
pertemuan keempat, sama dengan pertemuan pertama yaitu menggunakan teknik
pengamatan/observasi yang dilakukan secara terus menerus selama proses
pembelajaran. Sikap yang dikembangkan/ingin dicapai dalam pembelajaran ini
khususnya adalah pembiasaan mematuhi norma-norma seperti jujur, santun,
disiplin, tanggungjawab, dan peduli sebagai wujud rasa syukur.
Instrumen:
Jurnal Perkembangan Sikap
Spiritual dan Sosial
Kelas :
Hari,
Tanggal :
Pertemuan
ke :
Materi
Pokok :
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Diri
Nama
Siswa :
Hari/Tgl
Pengisian :
Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri
kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau
1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang
dinyatakan
Indikator Sikap:
1.
Keimanan
4. Santun 7. Peduli
2.
Ketaqwaan 5. Disiplin 8. Percaya diri
3.
Kejujuran 6. Tanggungjawab
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan
setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan YME, suka
berikhtiar, dan tawakal
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut, mengikuti
ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang
diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai
ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng
motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya,
mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan, mematikan
lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak mengganggu/merugikan orang
lain
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya, menerima
kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima perbedaan
dengan orang lain.
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah, kerja
kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain tanpa
mengharap imbalan
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor, kasar,
dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika
menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat, bertanya
atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan dengan cepat.
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Antar Teman
Nama
Teman yang Dinilai :
Hari/Tgl
Pengisian :
Penilai
:
Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri
kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau
1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang
dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang
dinyatakan
Indikator Sikap:
1.
Keimanan
4. Santun 7. Peduli
2.
Ketaqwaan 5. Disiplin 8. Percaya diri
3.
Kejujuran 6. Tanggungjawab
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Teman saya berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan
YME, suka berikhtiar, dan tawakal
|
|
|
|
|
|
2
|
Teman saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut,
mengikuti ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi
Tuhan YME
|
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang
diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.
|
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai
ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng
motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu
|
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya,
mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji
|
|
|
|
|
|
6
|
Teman saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan,
mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak
mengganggu/merugikan orang lain
|
|
|
|
|
|
7
|
Teman saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya,
menerima kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima
perbedaan dengan orang lain
|
|
|
|
|
|
8
|
Teman saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah,
kerja kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain
tanpa mengharap imbalan
|
|
|
|
|
|
9
|
Teman saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor,
kasar, dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika
menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).
|
|
|
|
|
|
10
|
Teman saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat,
bertanya atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan
dengan cepat.
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
NILAI
|
|
|
|
|
|
b.
Kompetensi Pengetahuan :
Ø Pada pertemuan keempat tidak dilakukan penilaian
kompetensi pengetahuan karena fokus kegiatan siswa adalah membuat produk berupa
poster.
Ø Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui
ulangan harian pada pertemuan kelima.
Instrumen: Soal
1.
Apakah
yang dimaksud dengan norma? Jelaskan!
2.
Jelaskan
tentang macam-macam norma.
3.
Apa
tujuan adanya norma? Jelaskan!
4.
Mengapa
norma itu penting dalam kehidupan bermasyarakat? Jelaskan!
5.
Apakah
persamaan dan perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain? Jelaskan!
6.
Apakah
fungsi norma hukum? Jelaskan!
7.
Sesuai
UUDNRI Tahun 1945 Indonesia adalah negara hukum. Apa yang dimaksud dengan
negara hukum? Jelaskan!
8.
Jelaskan
alat-alat perlengkapan negara dalam penegakan hukum.
9.
Apakah
yang dimaksud dengan keadilan menurut pandangan hukum? Jelaskan!
c.
Kompetensi Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan pada pertemuan keempat ini (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik
produk yaitu poster atau slogan berisi ajakan/kampanye perilaku baik sesuai
norma-norma.
Instrumen:
Tugas
a.
Buatlah
poster tentang perilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam
masyarakat.
b.
Poster
memuat gambar, dan atau tulisan yang bersifat persuasife (memuat ajakan,
himbauan untuk melakukan sesuatu yang baik sesuai norma-norma yang berlaku).
c.
Presentasikan
di depan kelas untuk mendapatkan penilaian.
d.
Pajanglah
poster kalian di lingkungan sekolah.
Rubrik
Penilaian
Poster/Slogan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
Skor Maksimal
|
|||
Ide/Gaga-san
|
Nilai Persuasif
|
Keindahan Grafis
|
Kejelasan Pesan
|
|||
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Ide/Gagasan
-
Menarik : Skor 25
-
Cukup
Menarik : Skor 20
-
Kurang
Menarik : Skor 15
-
Tidak
Menarik : Skor 10
2.
Nilai Persuasif
-
Memberi
kesadaran dan mengajak untuk taat norma : Skor 25
-
Memberi
kesadaran tetapi kurang mengajak untuk taat norma : Skor 20
-
Kurang
memberi kesadaran, tetapi mengajak untuk taat norma : Skor 15
-
Kurang
memberi kesadaran, dan kurang mengajak taat norma : Skor 10
3.
Keindahan Grafis
-
Indah,
komposisi warna, huruf dan gambar semuanya sesuai : Skor 25
-
Cukup
indah, komposisi warna sesuai, huruf dan gambar cukup sesuai: Skor 20
-
Kurang
indah, komposisi warna, huruf dan gambar kurang sesuai: Skor 15
-
Tidak
indah, komposisi warna, huruf dan gambar
tidak sesuai: Skor 10
4.
Kejelasan Pesan
-
Mudah
dipahami : Skor 25
-
Cukup
dapat dipahami : Skor 20
Lampiran
Contoh Gambar Perilaku sesuai Norma Hukum (Kedisiplinan)
]
Contoh
Gambar Perilaku sesuai Norma Kesusilaan
Contoh Gambar Perilaku sesuai Norma
Kesopanan
Contoh gambar perilaku sesuai
Norma agama (toleransi beragama)
Contoh gambar
kerukunanan antarummat beragama
Contoh gambar Lembaga-lembaga hukum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar