RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah : SMPN Satu
Atap 6 Panggarangan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok :
Perumusan
dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Alokasi Waktu : 2 pertemuan
(6 JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku: jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang: ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampa mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkrit dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara
dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
|
1.1.1 Menerima hasil proses perumusan Dasar
negara Republik Indonesia merdeka
1.1.2. Mematuhi hasil proses penetapan Dasar negara
Republik Indonesia
merdeka
|
2.
|
2.1
Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara
indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
2.1.1
Menunjukkan
tanggung jawab sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara.
2.1.2
Berperilaku disiplin sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan dasar negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
2.1.3
Menampilkan semangat para pendiri
negara
dalam merumuskan dan mengesahkan Dasar Negara Republik
Indonesia.
|
3.
|
3.1
Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
3.1.1
Merinci pendapat anggota BPUPKI tentang dasar Negara Indonesia merdeka.
3.1.2
Menjelaskan
proses perumusan Pancasila
sebagai dasar Negara Indonesia merdeka
3.1.3
Menjelaskan proses penetapan
dasar negara Indonesia merdeka
3.1.4
Menganalisis perumusan dasar negara Republik Indonesia.
|
4.
|
4.1 Menyaji hasil analisis proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
4.1.1.
Menyajikan laporan hasil telaah
proses
perumusan
Pancasila sebagai dasar negara
Indonesia merdeka
4.1.2.
Memamerkan hasil proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap
Spritual dan Sikap Sosial
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.1.1.1 Menerima hasil proses perumusan
dasar negara Republik Indonesia merdeka
1.1.1.2 Mematuhi hasil proses penetapan Dasar negara Republik Indonesia merdeka
1.1.1.3 Menunjukkan tanggung jawab sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Dasar Negara
1.1.1.4 Berperilaku disiplin sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan
dan menetapkan dasar negara Indonesia merdeka
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan 1 dan 2
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik mampu:
3.1.1.1 Memerinci pendapat
anggota BPUPKI tentang dasar Negara
Indonesia merdeka.
3.1.1.2 Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia merdeka
3.1.1.3 Menjelaskan proses
penetapan dasar negara Indonesia merdeka
3.1.1.4
Menganalisis perumusan
dasar negara Republik Indonesia
4.1.1.1. Menyajikan laporan hasil telaah proses perumusan Pancasila
sebagai dasar negara Indonesia merdeka
4.1.1.2 Memarkan hasil
telaah proses penetapan
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.
Nilai karakter yang ditanamkan :
Demokratis, Mandiri, dan Kerja keras
D.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.
Perumusan Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang BPUPKI
a.
Pembentukan Panitia
Kecil BPUPKI
b.
Keanggotaan
Panitia Kecil BPUPKI
c.
Tugas
Panitia Kecil BPUPKI
d.
Proses
sidang BPUPKI
2.
Pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dalam sidang PPKI
a. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
b. Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
c.
Sistematika Dasar Negara hasil sidang PPKI
Materi Pembelajaran
Pengayaan
1. Tujuan Negara
2.
Fungsi
Negara
Materi Pembelajaran
Remidial
Proses
sidang BPUPKI
E.
Metode Pembelajaran
Pembelajaran
menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning.
F.
Media dan Bahan
1.
Media
a.
Gambar sidang BPUPKI.
b.
Gambar sidang PPKI
tanggal 18 Agutus 1945.
c.
Gambar tokoh perumus Dasar Negara Indonesia merdeka
.
2.
Alat/Bahan
a. Proyektor dan Laptop
b. Papan Majalah dinding/media informasi
c. Kertas ukuran plano
G.
Sumber Belajar
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Halaman 1-30
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. Halaman 1-130
c.
Pimpinan MPR dan Tim
Kerja Sosialisasi MPR Periode 2009-2014, 2012. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan
Bernegara. Jakarta: Sekretariat Jenderal
MPR RI . Halaman 117–146.
d.
Sekretariat
Negara 1995. Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Peserta didik mempersiapkan secara fisik
dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dan salam, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber
belajar.
2)
Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia
Raya dengan dipandu guru.
3)
Peserta didik mengamati gambar 2.1, dan
aktif dalam tanya jawab dan problem solving mengenai materi perumusan Dasar
Negara dibimbing guru.
4)
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
5)
Peserta didik aktif dalam tanya jawab tentang
manfaat proses pembelajaran dibimbing guru.
6) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang materi ajar dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Kegiatan
inti(90 menit)
Merumuskan
Pertanyaan
1)
Peserta didik menyimak penjelasan singkat
guru tentang perumusan Dasar negara.
2)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan mengenai perumusan Dasar negara
Republik Indonesia
3)
Guru
membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai tujuan pembelajaran,
seperti apa, siapa, mengapa, bagaimana, kapan sejarah perumusan Dasar negara.
Merencanakan
1) Peserta didik dibagi dalam kelompok
2)
Peserta didik mengamati gambar tentang sidang BPUPKI dan mencatat hal-hal
yang penting dan yang ingin diketahui dalam gambar tersebut.
3) Peserta didik
menyimak bahan bacaan tentang perumusan dan penetapan dasar Negara.
Mengumpulkan
dan menganalis Data
1)
Peserta didik mencari informasi yang relevan dengan pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di
Buku PPKn , juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi
lain dan internet.
2) Peserta didik
mencatat
informasi tentang sidang BPUPKI tentang perumusan Dasar Negara Republik Indonesia.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Peserta didik aktif menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal dibimbing guru.
2)
Peserta didik aktif melakukan refleksi
proses pembelajaran, seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sudah
diperoleh, manfaat pembelajaran, sikap dan rencana tindak lanjut yang akan
dilakukan. Hasil refleksi ditulis dalam kertas lembaran.
3)
Peserta didik menyimak umpan balik dari
guru atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok
4)
Peserta didik mengerjakan tes tertulis
dengan Uji Kompetensi di Bab I Buku PPKn kelas VII.
5)
Peserta
didik secara bersama-sama berdoa dan atau memberi salam kepada guru.
2.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Peserta didik mempersiapkan secara fisik
dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dan salam, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber
belajar.
2)
Peserta didik aktif dalam membangun
semangat dengan membuat “Yel-Yel” yang membangkitkan semangat cinta tanah air.
3)
Peserta didik aktif dalam apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi proses penetapan dasar
negara Indonesia merdeka
4)
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5)
Peserta didik aktif dalam tanya jawab tentang
manfaat proses pembelajaran, dibimbing guru.
6)
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Kegiatan inti(90 menit)
Mengumpulkan
dan menganalis Data
1) Peserta didik
mencati informasi tentang sidang BPUPKI tentang
proses perumusan Dasar Negara Republik Indonesia
2) Peserta didik menganalisis informasi , data yang telah
dikumpulkan terkait dengan proses perumusan dan penetapan dasar Negara
Menarik
Kesimpulan
Peserta
didik menyimpulkan tentang proses
perumusan dan penetapan dasar Negara, dengan dibimbing guru.
Aplikasi
dan tindak lanjut
1)
Peserta didik secara kelompok menyusun
laporan hasil telaah tentang perumusan Dasar Negara.
2)
Peserta
didik secara kelompok menyajikan hasil telaah di depan kelas secara bergantian,
dan dilanjutkan tanya jawab dengan peserta didik lain.
3)
Peserta
didik secara kelompok memamerkan hasil telaah di dinding
kelas secara
bergantian, dan dilanjutkan dengan melakukan
kegiatan kunjung karya antar kelompok.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Peserta didik aktif menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal dibimbing guru.
2) Peserta didik aktif melakukan refleksi proses pembelajaran,
seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sudah diperoleh, manfaat
pembelajaran, sikap dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan. Refleksi
dilakukan dengan guru meminta beberapa peserta didik menyampaikan hasil
refleksi secara lisan.
3) Peserta didik menyimak umpan balik dari guru atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4) Peserta didik mengerjakan tes tertulis dengan Uji Kompetensi di
Bab I Buku PPKn kelas VII.
5) Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang materi pertemuan
berikutnya dan tugas membaca materi tentang arti penting dasar negara .
6) Peserta didik
secara bersama-sama berdoa dan/atau memberi salam
kepada guru.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Kompetensi Sikap Spiritual
·
Observasi/Jurnal
Perkembangan Sikap
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
b. Kompetensi Sikap Sosial
1) Observasi/Jurnal Perkembangan Sikap
2) Penilaian Diri
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian Diri
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
c. Kompetensi Pengetahuan
1) Tes tertulis
2) Penugasan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei
|
Terlampir
|
Setelah selesai kegiatan pembelajaran
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk uraian
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
d.
Kompetensi
Keterampilan
1) Praktik
2) Produk
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Praktik
|
Menyajikan laporan
hasil analisis Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
|
Produk
|
Tugas
Membuat laporan analissis proses perumusan
Pancasila sebagai dasar Negara
|
Terlampir
|
Saat dan setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, siswa yang
belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam
bentuk; 1) bimbingan perorangan jika siswa yang belum mencapai ketuntasan,
maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%;
dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan penilaian jika siswa yang belum tuntas 50% atau
lebih.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan
belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk membuat
ringkasan salah satu tokoh perumus dasar negara.
Mengetahui; Panggarangan, Juli 2018
Kepala SMPN Satu
Atap 6 Panggarangan Guru
Mapel PPKn,
Tatang
Rustaman, S.Pd. Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005 NIP.
198010282009021002
Lampiran 1
Instrumen Penilaian (Pertemuan 1)
a. Kompetensi Sikap : Observasi/Jurnal
Petunjuk:
a.
Amati perkembangan
sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada
setiap pertemuan.
b.
Isi
jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang
menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki
catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku
(menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum
menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
b.
Kompetensi
Pengetahuan: Tes Tertulis
Pada
pertemuan pertama ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan
tes tertulis.
Instrumen
yang digunakan adalah serangkat soal sebagai berikut :
Instrumen: Daftar Soal
1. Apakah tugas BPUPKI
?
2. Bagaimanakah
rumusan dasar Negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno ?
3. Bagaimana komposisi
keanggotaan PPKI ?
4. Apa perbedaan Sila
pertama yang terdapat dalam Piagam Jakarta dengan yang terdapat dalam Pembukaan
UUD 1945.
5. Mengapa Sila pertama
dalam Piagam Jakarta dirubah ?
Rubrik Penilaian
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
a. Menyiapkan
rancangan dasar negara Indonesia merdeka
b. Menyiapkan
rancangan Hukum dasar negara Indonesia merdeka
|
2
|
2
|
Usulan
Ir. Soekarno
1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3. Mufakat atau demokrasi
4. Kesejahteraan sosial
5. Ketuhanan yang berkebudayaan
|
5
|
3
|
Anggota seluruhnya 27 (dua puluh tujuh)
orang. Semua anggota PPKI berasal dari bangsa Indonesia. Keanggotaan PPKI
mencerminkan keterwakilan rakyat Indonesia
|
2
|
4
|
· Piagam Jakarta :
Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
pemeluk-pemeluknyanya
· Pembukaan UUD
1945 : Ketuhanan Yang Maha Esa
|
4
|
5
|
· Adanya keberatan
dari wakil-wakil protestan dan katolik
terhadap rumusan sila pertama
· Untuk tetap
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia
|
2
|
Total
Skor
|
15
|
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- X 100
Total Skor
c.
Kompetensi
Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan pada pertemuan pertama ini (merupakan assesment for learning) menggunakan
teknik penilian praktik dan penilaian produk.
Instrumen:
LEMBAR KERJA 1
( Penilaian Produk )
Kelas : . . .
Hari/Tgl : . . .
Kelompok : . . .
1. .
. .
Petunjuk:
Setelah kalian mengamati proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara dan proses penetapan Pancasila sebagai dasar
negara yang telah disajikan, selanjutnya kerjakan tugas berikut ini..
1.
Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5
orang.
2.
Bacalah proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara dan proses penetapan Pancasila sebagai dasar
Negara
3.
Tuliskan 3 tokoh perumus dasar Negara ,
tuliskan usulannya serta tuliskan 3 sila yang juga diusulkan oleh tokoh lain,
dengan mengisi tabel berikut ini
NO
|
Nama
Tokoh Perumus Dasar Negara
|
Usulan
rumusan dasar dasar Negara
|
3
sila yang juga diusulkan oleh tokoh lain
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
||
Ketepatan nama
Tokoh
|
Ketepatan
rumusan dasar Negara yang diusulkan
|
Ketepatan membuat
persamaan antar pendapat tokoh
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Rambu-rambu Jawaban
|
Skor
|
1
|
Ketepatan
menyebutkan nama Tokoh yang mengusulkan
rancangan dasar Negara
-
|
|
|
Ir.
Soekarno
|
1
|
|
Muh.
Yamin
|
1
|
|
Soepomo
|
1
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
2
|
Usulan
Muh. Yamin
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kebangsaan persatuan Indonesia
3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam
permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia.
|
1
1
1
1
1
|
|
Usulan
Mr. Soepomo
1. Persatuan
2. Kekeluargaan
3. Keseimbangan lahir dan batin
4. Musyawarah
5. Keadilan rakyat
|
1
1
1
1
1
|
|
Usulan
Ir. Soekarno
1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3. Mufakat atau demokrasi
4. Kesejahteraan sosial
5. Ketuhanan yang berkebudayaan
|
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
15
|
|
3
|
1. Ketuhanan
2. Kebangsaan
3. Kemanusiaan
4. Keadilan
|
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
3
|
NA= Jumlah skor perolehan : 21
Penilaian Keterampilan
Lembar kerja 2
Rubrik
Penilaian
Penilaian
Presentasi (Praktik)
Kelas : ...
Hari,
Tanggal : ...
Pertemuan
Ke- : ...
Materi Pokok : ...
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
|||||||||||
Pemahaman
|
Argumentasi
|
Kerjasama
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian
Nilai = --------------------- X 100
16
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
Pemahaman
terhadap isi dan ruang lingkup permasalahan yang disajikan.
-
Skor 4 jika sangat memahami isi dan ruang
lingkup permasalahan yang disajikan.
-
Skor 3 jika memahami isi dan ruang
lingkup permasalahan yang disajikan.
-
Skor 2 jika cukup memahami isi dan ruang
lingkup permasalahan yang disajikan.
-
Skor 1 jika kurang memahami isi dan ruang
lingkup permasalahan yang disajikan
|
2
|
Ketepatan
alasan/argumentasi dalam menjawab pertanyaan, dan mempertahankan pendapat
yang dipilih kelompok.
-
Skor 4 jika argumen dalam menjawab dan
mempertahankan pendapat sangat baik.
-
Skor 3 jika argumen dalam menjawab dan
mempertahankan pendapat baik.
-
Skor 2 jika argumen dalam menjawab dan
mempertahankan pendapat cukup baik.
-
Skor 1 jika argumen dalam menjawab dan
mempertahankan pendapat kurang baik.
|
3
|
Kerjasama
(kontribusi anggota-anggota kelompok) dalam menyelesaikan tanggungjawab
bersama baik dalam penyusunan laporan, maupun
presentasi.
-
Skor 4 jika kerjasama/kontribusi dalam
menyelesaikan tanggungjawab bersama, sangat baik.
-
Skor 3 jika kerjasama/kontribusi dalam
menyelesaikan tanggungjawab bersama, baik.
-
Skor 2 jika kerjasama/kontribusi dalam
menyelesaikan tanggungjawab bersama, cukup baik.
-
Skor 1 jika kerjasama/kontribusi dalam
menyelesaikan tanggungjawab bersama, kurang baik.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)
Sekolah : SMPN Satu
Atap 6 Panggarangan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok :
Perumusan
Dasar Negara oleh
BPUPKI dan Panitian
Sembilan
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (3 JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku: jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang: ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampa mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkrit dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara
dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
|
1.1.1 Menerima hasil proses perumusan Dasar
negara Republik Indonesia merdeka
1.1.2. Mematuhi hasil proses penetapan Dasar negara
Republik Indonesia
merdeka
|
2.
|
2.1
Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara
indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
2.1.1
Menunjukkan
tanggung jawab sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara.
2.1.2
Berperilaku disiplin sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan dasar negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
2.1.3
Menampilkan semangat para pendiri
negara
dalam merumuskan dan mengesahkan Dasar Negara Republik
Indonesia.
|
3.
|
3.1
Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
3.1.1
Mendeskripsikan
proses perumusan dasar negara oleh BPUPKI dan panitia sembilan
3.1.2
Menganalisis proses perumusan dasar negara oleh BPUPKI dan panitia sembilan .
|
4.
|
4.1 Menyaji hasil analisis proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
4.1.1. Membuat atau mendokumentasikan simulasi
sidang BPUPKI dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai
dasar negara
4.1.2.
Mensimulasikan proses
sidang BPUPKI dalam proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap
Spritual dan Sikap Sosial
Setelah mengikuti
mserangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.1.1.1 Menerima hasil proses perumusan
dasar negara Republik Indonesia merdeka
1.1.1.2 Mematuhi hasil proses penetapan Dasar negara Republik Indonesia merdeka
1.1.1.3 Menunjukkan tanggung jawab sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Dasar Negara
1.1.1.4 Berperilaku disiplin sebagai perwujudan semangat para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan dasar negara Indonesia merdeka
Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan 1 dan 2
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik mampu:
3.1.1.1.Mendeskripsikan proses perumusan dasar negara oleh BPUPKI dan panitia sembilan
3.1.1.2.Menganalisis proses perumusan dasar negara oleh BPUPKI dan panitia sembilan
4.1.1.1.
Membuat skenario simulasi sidang BPUPKI dalam proses
perumusan
dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
4.1.1.2. Mensimulasikan dan mendokumentasikan proses sidang BPUPKI dalam
proses perumusan dan penetapan
Pancasila sebagai dasar negara
Nilai karakter yang ditanamkan : Tanggung
jawab, Semangat kebangsaan, dan Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.
Perumusan Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sidang BPUPKI
a.
Pembentukan Panitia
Kecil BPUPKI
b.
Keanggotaan
Panitia Kecil BPUPKI
c.
Tugas
Panitia Kecil BPUPKI
d.
Proses
sidang BPUPKI
2.
Pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 dalam sidang PPKI
a. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
b. Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
c.
Sistematika Dasar Negara hasil sidang PPKI
Materi Pembelajaran
Pengayaan
1. Tujuan Negara
2.
Fungsi
Negara
Materi Pembelajaran
Remidial
Proses
sidang BPUPKI
E.
Metode Pembelajaran
Pembelajaran
menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran
berbasis proyek dengan
simulasi.
F.
Media dan Bahan
1.
Media
a.
Gambar sidang BPUPKI.
b.
Gambar sidang PPKI
tanggal 18 Agutus 1945.
c.
Gambar tokoh perumus Dasar Negara Indonesia merdeka
.
2.
Alat/Bahan
a. Proyektor dan Laptop
b. Sound system
c. Kamera foto
G.
Sumber Belajar
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia. Halaman 1-30
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. Halaman 1-130
c.
Pimpinan MPR dan Tim
Kerja Sosialisasi MPR Periode 2009-2014, 2012. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI .
Halaman 117–146.
d.
Sekretariat
Negara 1995. Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Peserta didik mempersiapkan secara fisik
dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dan salam, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber
belajar.
2)
Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia
Raya dengan dipandu guru.
3)
Peserta didik mengamati gambar tentang suasanan sidang BPUPKI dan aktif dalam tanya jawab mengenai materi proses perumusan Dasar Negara dibimbing guru.
4)
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
5)
Peserta didik aktif dalam tanya jawab tentang
manfaat proses pembelajaran dibimbing guru.
6) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang materi ajar dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Kegiatan
inti(90 menit)
Penentuan Proyek
1)
Peserta didik menyimak penjelasan singkat
guru tentang kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan
2)
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan simulasi
pembelajaran yang akan dilakukan
3)
Peserta didik mempersiapkan
segala perlengkapan untuk pelaksanaan simulasi sidang BPUPKI.
Perancangan Langkah-langkah
1) Peserta didik dibagi dalam 4-5 kelompok
2)
Peserta didik menentukan perannya masing-masing
3)
Peserta didik menyusun skenario simulasi yang akan
dilakukan
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek
1)
Peserta didik menyusun jadwal untuk pelaksanaan simulasi masing-masing
kelompok
2)
Peserta didik menentukan lamanya waktu simulasi untuk masing-masing
kelompok
3)
Peserta didik menentukan tim penilai untuk penampilan masing-masing
kelompok
Penyelesaian Proyek dengan
Fasilitasi dan Monitoring Guru
1)
Peserta didik dengan
perannya masing-masing melaksanakan simulasi dengan sebaik-baiknya.
2)
Guru mengamati
keterampilan peserta didik secara perorangan dan kerja kelompok dalam
melaksanakan simulasi Sidang BPUPKI.
Penyusunan laporan dan
presentasi/publikasi hasil proyek
1)
Guru membimbing peserta
didik membuat laporan atau mendokumentasikan simulasi sidang BPUPKI.
Evaluasi Proyek dan
Hasil Proyek
1) Memberi motivasi dan penghargaan atas penampilan seluruh peserta didik
dalam simulasi.
2)
Peserta didik
mengevaluasi dan merefleksi kegiatan simulasi.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Peserta didik aktif menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal dibimbing guru.
2)
Peserta didik aktif melakukan refleksi
proses pembelajaran, seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sudah
diperoleh, manfaat pembelajaran, sikap dan rencana tindak lanjut yang akan
dilakukan. Hasil refleksi ditulis dalam kertas lembaran.
3)
Peserta didik menyimak umpan balik dari
guru atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok
4)
Peserta
didik secara bersama-sama berdoa dan atau memberi salam kepada guru.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Kompetensi Sikap Spiritual
·
Observasi/Jurnal
Perkembangan Sikap
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
b. Kompetensi Sikap Sosial
1) Observasi/Jurnal Perkembangan Sikap
2) Penilaian Diri
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian Diri
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
c. Kompetensi Pengetahuan
1) Penugasan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk uraian
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
d.
Kompetensi
Keterampilan
1) Praktik
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Praktik
|
Menyajikan simulasi
sidang BPUPKI dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
2.
Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran
remedial dalam bentuk; 1) bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan, maksimal 20%; 2) belajar kelompok jika lebih dari 20%
tetapi kurang dari 50%; dan 3) pembelajaran ulang diakhiri dengan
penilaian jika peserta didik yang belum
tuntas 50% atau lebih.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai
ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mengumpulkan
masing-masing satu foto tokoh yang terlibat dalam sidang BPUPKI.
Mengetahui; Panggarangan, Juli 2018
Kepala SMPN Satu
Atap 6 Panggarangan Guru
Mapel PPKn,
Tatang
Rustaman, S.Pd. Jajang Nurjaman, S.H.
NIP. 196810221992031005 NIP.
198010282009021002
Lampiran 1
Instrumen Penilaian (Pertemuan 1)
a. Kompetensi Sikap : Observasi/Jurnal
Petunjuk:
a.
Amati perkembangan
sikap peserta didik menggunakan instrumen jurnal pada
setiap pertemuan.
b.
Isi
jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku peserta didik
yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk peserta
didik yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila
telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut
dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
b.
Kompetensi
Pengetahuan : Penugasan
Pada
pertemuan pertama ini penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan menggunakan penugasan.
Instrumen
yang digunakan adalah serangkat soal sebagai berikut :
Instrumen: Daftar Soal
1. Tuliskan rangkuman dari isi simulsi sidang BPUPKI yang ditampilkan oleh
kelompok yang lain!
Rubrik Penilaian
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Nama Simulasi : ....
Pemeran : .....
Isi Simulai :
....
Kesimpulan :
....
Saran : ....
|
1
1
5
2
1
|
Total
Skor
|
10
|
Skor Perolehan
Nilai = --------------------- X 100
Total Skor
c.
Kompetensi
Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan pada pertemuan pertama ini (merupakan assesment for learning) menggunakan teknik
penilian praktik.
Instrumen:
Lembar kerja 1
Rubrik
Penilaian
Penilaian
Presentasi (Praktik)
Kelas : ...
Hari,
Tanggal : ...
Pertemuan
Ke- : ...
Materi Pokok : ...
No
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
|||||||||||
Penghayatan
|
Penggunaan Bahasa
|
Kerjasama
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Penilaian
Nilai = --------------------- X 100
16
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
Penghayatan terhadap peran.
-
Skor 4 jika sangat menghayati peran.
-
Skor 3 jika memahami menghayati peran.
-
Skor 2 jika cukup memahami menghayati peran.
-
Skor 1 jika kurang memahami menghayati peran
|
2
|
Penggunaan bahasa.
-
Skor 4 jika dalam menggunakan bahasa sangat baik.
-
Skor 3 jika dalam menggunakan bahasa baik.
-
Skor 2 jika dalam menggunakan bahasa cukup.
-
Skor 1 jika dalam menggunakan bahasa.
|
3
|
Kerjasama
(kontribusi anggota-anggota kelompok) dalam simulasi.
-
Skor 4 jika kerjasama/kontribusi dalam simulasi, sangat baik.
-
Skor 3 jika kerjasama/kontribusi dalam simulasi, baik.
-
Skor 2 jika kerjasama/kontribusi dalam simulasi, cukup baik.
-
Skor 1 jika kerjasama/kontribusi dalam simulasi, kurang baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar