Sabtu, 25 Februari 2023

Materi PPKn Kelas 8 Bab 5 "Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 


SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

A.  ArtdaMakna SumpaPemuddalaPerjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia

1.    PeraPerjuangaPemuddalam OrganisasKepemudaan
Peristiwa sejaraSoempaPemoedataSumpaPemudmerupakasuatpengakuadarPemuda-Pemudi Indonesia yanmengikrarkasattanaairsatbangsdasatbahasa. SumpaPemuda dibacakapadtanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiatahunnya diperingatsebagaHarSumpaPemuda. Pada tahun 1908, bangsa Indonesia mulai bangkit.

Berdirinya Budi Utomo mendorong bermunculannya organisasi Pemuda, sepertberikut.

1)   TrikorDharmo (TK)
TrikorDharmo didirikaoleR. SatimaWiryosanjoyodkk. di GedunSTOVIA Jakarta pada tahun 1915. Trikoro Dharmo merupakan cikal bakal JonJava. TrikorDharmmemiliktiga visi mulia, yaitu: saktberartkekuasaadakecerdasan, budi berartbijaksana, dabhaktberarti kasisayangVisi ini kemudian dikembangkadalatiga tujuaTrikorDharmsebagaberikut.
a.     Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolamenengadakejuruan.
b. Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya. 
c. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Indonesimemilikperan yansangamenentukadalaperkembangakehidupabangsIndonesia.

B MemaknaSemangaKejuangaPemuddalaPerjuangan KemerdekaaRepubliIndonesia
Sejaramencatabeberappejuang nasional yang berjuang dan meninggal di usia muda. Para pahlawan tersebut di antaranya sebagaberikut.

1.    Wage Rudolf Supratman
Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, di Purworejo, dan wafapadtanggal 17 Agustus 1938 ketika berusia 35 tahun. Lagu ciptaaSupratmaberjuduIndonesiRaya” menjadi lagu kebangsaanegara Indonesia.

2. Chairil Anwar
ChairiAnwar adalapenyair Angkatan ‘45 yanterkenal dengapuisinya yanberjuduAkuBerkapuisinya ituimemilikjulukaSBinatanJalangChairilahir di Medan, 26 Juli 1922.

3.    WolteMonginsidi
Wolter Monginsidi merupakaPahlawaNasional Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaa Indonesia.  Belia lahir  di  Manado pad 14 Februari 1925 dan wafat di usia 24 tahun pada 5 September 1949. Semangat Juang Wolter Muda muncu karen meliha penjajaha di  Bumi Pertiw yan tiad berkesudaha da makin menjadi-jadi. Banyak perlawanan terhadap penjajah yang dipimpin  ole Wolter  mud ini Pad tanggal 28 Februari 1947, ia ditangkap oleh bala tentara Belanda di Sekolah SMP Nasional Makassar. Wolter Monginsidi  kemudia dipenjara.  Kakinya  dirantai dan dikurung di baliterali besi.
huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencanatabendappun padbendera negara; dan
e.     memakai bendera negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutubarang yandapamenurunkakehormatabendera negara.

2)   Bahasa
Bahasa Indonesia yang dinyatakan sebagai bahasa resmi negara dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bersumber dar bahas yan diikrarka dala Sumpa Pemud tangga 28  Oktober  1928 sebagai bahasa persatuan yang dikembangkan sesuai dengan dinamika peradaban bangsa. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi tingkat nasional, pengembangan kebudayaan nasional transaksi  da dokumentasi  niaga,  sert saran pengembanga dan pemanfaatailmpengetahuan, teknologisenidabahasmedimassa.

3) Lambang Negara
LambanNegara KesatuaRepubliIndonesiberbentuk GarudPancasila yankepalanya menoleluruksebelah kanan, perisaberupjantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis di atapita yang dicengkeraoleh Garuda. Memilikparuh, sayapekordacakar yanmewujudkalambantenaga pembangunan.

Garuda memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkaekoberbulu 19, dan leher berbulu 45. Di tengah-tengaperisasebagaimana dimaksud dalaPasal 46 Undang-UndanNo. 24 Tahun 2009 tentanBendera, Bahasa, daLambanNegara, sertLagu Kebangsaan, terdapasebuah garis hitatebal yang melukiskan khatulistiwa. Pada perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46, terdapat limbuaruang yanmewujudkadasaPancasilsebagaberikut.
a. Sila pertama dilambangkan dengan cahaya di bagian tengah perisai berbentubintang yanbersudut lima.
bSilkedua dilambangkan dengatali rantabermatbulatadapersegi di bagiakirbawaperisai.
c. Silketiga dilambangkan dengapohoberingin di bagiakirataperisai.
dSila keempat dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai.
eSilkelima dilambangkan dengan kapadapadi di bagian kanaataperisai.

4)   LagKebangsaan
Lagu Kebangsaan adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkadan/atau dinyanyikan:
a.    Untuk menghormati presiden dan/atau wakil presiden serta bendera negara pada waktpengibaraatapenurunaBendera Negara yang diadakadalaupacara.
b.   Dalam acara resmi yang diselenggarakaolepemerintah.
Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi, Olah raga internasional dan seni internasional yang diselenggarakan di Indonesia, dan lain sebagainya.


Demikianlah ringkasan materi PPKn Kelas 8 Bab 5 tentang ""Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"

Semoga bermanfaat.

Sumber: Surya Saputra, Lukman et al. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1