Senin, 28 Desember 2020

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN PPKn SMP KELAS 8

 

Program Tahunan (Prota)

Program Tahunan adalah rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan pelajaran berisi antara lain rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Misalkan suatu sekolah menetapkan jumlah hari belajar efektif dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 200 hari dan paling banyak 245 hari.
Program Tahunan dipersiapkan dan dikembangkan sebelum tahun pelajaran karena Program Tahunan merupakan pedoman bagi pengembangan programprogram berikutnya, seperti Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:
  1. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas. 
  2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif pada kalender akademik. Hari-hari libur meliputi: jeda tengah semester, jeda akhir semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, hari libur khusus, kegiatan khusus satuan pendidikan.
  3. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun. 
  4. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.
Komponen-komponen dalam menyusun Program Tahunan: 
  • Identitas (antara lain muatan pelajaran, kelas, tahun pelajaran) 
  • Format isian (antara lain tema, subtema, dan alokasi waktu)
Dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan Program Tahunan, terdapat beragam alternatif format program tahunan. Dengan demikian pendidik memiliki kebebasan dalam menentukan format program tahunan. 
Berikut contoh Pogram Tahunan (Prota) :

PROGRAM TAHUNAN

                                                                                                                                   

Mata Pelajaran                      :        Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Satuan Pendidikan                :        SMP Negeri 7 Rangkasbitung

Kelas / Semester                     :        VIII/ Ganjil dan Genap

Tahun Pelajaran                    :        2020 / 2021

 

Komptensi Inti :

·         KI1:Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya.

·         KI2:Menghargai dan menghayatiperilakujujur, disiplin, santun, percayadiri, peduli, dan bertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifsesuaidenganperkembangananak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkunganalamsekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

·         KI3:Memahami dan menerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkatteknis dan spesifiksederhanaberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraanterkaitfenomena dan kejadiantampakmata.

·         KI4:Menunjukkanketerampilanmenalar, mengolah, dan menyajisecarakreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalamranahkonkret dan ranahabstraksesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang samadalamsudutpandangteori.

 

SMT

KOMPETENSI  DASAR

Alokasi Waktu

1

1.1

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

33 JP

2.1

Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

3.1

Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.1

Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari

1

1.2

Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa

15 JP

2.2

Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

3.2

Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional

4.2

Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari

1

1.3

Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia

15 JP

2.3

Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional

3.3

Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia

4.3

Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia

2

1.4

Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.

12 JP

2.4

Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia

3.4

Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia

4.4

Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia

2

1.5

Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

15 JP

2.5

Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.5

Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5

Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari

2

1.6

Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa

24 JP

2.6

Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6

Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa

4.6

Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

                                                                                                  

 

                                                                                            Rangkasbitung,   Juli 2020

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Kiki Rukiman, M.Pd                                                           Jajang  Nurjaman, SH.

       NIP. 196801221990021001                                                NIP. 198010282009021002

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1