Program Tahunan (Prota)
- Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
- Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif pada kalender akademik. Hari-hari libur meliputi: jeda tengah semester, jeda akhir semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, hari libur khusus, kegiatan khusus satuan pendidikan.
- Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
- Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.
- Identitas (antara lain muatan pelajaran, kelas, tahun pelajaran)
- Format isian (antara lain tema, subtema, dan alokasi waktu)
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 7 Rangkasbitung
Kelas / Semester : VIII/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Komptensi Inti :
· KI1:Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya.
· KI2:Menghargai dan menghayatiperilakujujur, disiplin, santun, percayadiri, peduli, dan bertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifsesuaidenganperkembangananak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkunganalamsekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
· KI3:Memahami dan menerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkatteknis dan spesifiksederhanaberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraanterkaitfenomena dan kejadiantampakmata.
· KI4:Menunjukkanketerampilanmenalar, mengolah, dan menyajisecarakreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalamranahkonkret dan ranahabstraksesuaidengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang samadalamsudutpandangteori.
SMT |
KOMPETENSI DASAR |
Alokasi Waktu |
|
1 |
1.1 |
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
33 JP |
2.1 |
Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
||
3.1 |
Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
||
4.1 |
Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari |
||
1 |
1.2 |
Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa |
15 JP |
2.2 |
Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 |
||
3.2 |
Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional |
||
4.2 |
Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari |
||
1 |
1.3 |
Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia |
15 JP |
2.3 |
Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional |
||
3.3 |
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia |
||
4.3 |
Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia |
||
2 |
1.4 |
Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus. |
12 JP |
2.4 |
Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia |
||
3.4 |
Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia |
||
4.4 |
Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia |
||
2 |
1.5 |
Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
15 JP |
2.5 |
Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
||
3.5 |
Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
||
4.5 |
Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari |
||
2 |
1.6 |
Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa |
24 JP |
2.6 |
Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia |
||
3.6 |
Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa |
||
4.6 |
Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Rangkasbitung, Juli 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Kiki Rukiman, M.Pd Jajang Nurjaman, SH.
NIP. 196801221990021001 NIP. 198010282009021002
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar