Senin, 12 Juni 2023

Contoh Skenario Video Praktik Baik


 Skenario Video Praktik Baik NS BPB

 

NASKAH:

Melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Berbasis Android Dengan Microsoft Formulir Menyenangkan

 

No

Visual

Durasi (detik)

Audio

1.

Opening Program

Caption:

Melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Berbasis Android Dengan Microsoft Formulir Menyenangkan

 Jajang Nurjaman

5

MUSIK:

TUNE: IN UP - OUT (Bebas Royalti)

 

 

2.

Teaser/Appersepsi:

Host atau NS BPB memberikan informasi “pematik” atau

“jembatan” berupa tayangan/gambar-gambar yang terkait dengan program agar rasa ingin tahu pemirsa lebih terbangun

60

NAMA TOKOH NS BPB: Jajang Nurjaman, S.Pd

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak/ibu guru hebat di seluruh Indonesia.

Saya Jajang Nurjaman, guru PPKn di SMPN 7 Rangkasbitung    Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Pada video kali ini, saya akan membagikan video praktik baik Melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Berbasis Android Dengan Microsoft Formulir Menyenangkan

 

3.

Materi:

Visualisasi Materi dengan beragam format (drama/naratif) diselingi pemunculan caption dan super impose(S/I) (teks grafis di bawah layar)

60

NAMA TOKOH NS BPB: Jajang Nurjaman, S.Pd

Saya menyusun soal di microsoft formulir dengan mengkopas dari file microsoft word yang sudah dipersiapkan, kemudian membagikan link soal tersebeut kepada seluruh siswa melalui grup whatsapp kelas.

4.

Lanjutan Materi:

Visualisasi Materi dengan beragam format (drama/naratif) diselingi pemunculan caption dan super impose(S/I) (teks grafis di bawah layar)

60

NAMA TOKOH NS BPB: Jajang Nurjaman, S.Pd

Saya melakukan pengamatan langsung ketika anak melaksanakan asesmen langsung di ruang kelas.

 

5.

REPETISI:

Penguatan pokok bahasan/materi dengan cara yang berbeda dari isi program/video, dikemas secara menarik (grafis sederhana/pointers/jigsaw/games)

60

NAMA TOKOH NS BPB: Jajang Nurjaman, S.Pd

NAMA TOKOH LAIN : Dididng Mintarja, S.Pd.

Kemudian melakukan perekapan nilai hasil asesmen siswa di microsoft formulir.

6.

CLOSING:

NS BPB menutup video praktik baik

90

NAMA TOKOH NS BPB: Jajang Nurjaman, S.Pd

Pernyataan penutup dilanjutkan dengan pernyataan mudah-mudahan tayangan video ini bermamfaat.

 


Sabtu, 25 Februari 2023

Mengerjakan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

 Aksi Nyata dapat dilakukan jika Anda telah selesai mempelajari materi pada suatu topik Pelatihan Mandiri hingga Post Test. Untuk mengerjakan Aksi Nyata, perhatikan langkah berikut ini: 

  1. Baca persyaratan lulus validasi Aksi Nyata pada artikel ini
  2. Memilik topik Aksi Nyata di platform Merdeka Mengajar
  3. Melakukan Aksi Nyata di lapangan 
  4. Menuangkan aktivitas Aksi Nyata ke dokumen tertulis  
  5. Mengunggah dokumen Aksi Nyata dalam format PDF ke platform Merdeka Mengajar 

Memilih Topik Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar

Dalam mengerjakan aksi nyata, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih topik Aksi Nyata yang sudah disediakan di platform Merdeka mengajar. Berikut caranya:

1. Klik Pilih Aksi Nyata

Topik-Detail-Aksi_Nyata.jpg

2. Pilihan topik Aksi Nyata akan muncul. Anda bisa membaca rincian atau panduan pada setiap topik untuk membantu Anda dalam menentukan Aksi Nyata yang akan dilakukan. Klik Baca rincian. 

Aksi_Nyata-Pilihan__1_.jpg

3. Baca dengan saksama rincian pada tiap topik Aksi Nyata dan tentukan topik yang ingin dipilih.

  • Jika Anda tidak ingin memilih topik tersebut, silakan klik Lihat pilihan lain dan Anda akan diarahkan kembali untuk melihat daftar topik Aksi Nyata.

Untitled_design__3_.png

  • Jika Anda sudah yakin dengan satu topik Aksi Nyata, maka klik Pilih Aksi Nyata ini

Untitled_design__4_.png

4. Setelah memilih topik Aksi nyata, klik Selanjutnya 

Aksi_Nyata-Pilihan-Sticky_Button.jpg

Melakukan Aksi Nyata di Lapangan dan Tuang dalam Dokumen Tertulis

5. Lakukan atau praktikan Aksi Nyata sesuai panduan yang ada. Kemudian tuangkan aktivitas Aksi Nyata Anda ke dokumen tertulis. Anda bisa menggunakan aplikasi word processor seperti Microsoft Word, Pages, dan lain sebagainya, lalu ubah dokumen ke format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB.

Pastikan isi dokumen Aksi Nyata sesuai panduan, yaitu:

  • Aktivitas sesuai dengan topik Aksi Nyata 
  • Memuat dokumentasi saat melakukan Aksi Nyata 
  • Menuangkan buah pikiran personal hasil karya Anda sendiri (hindari plagiarisme)

6. Selanjutnya, klik Mulai Lengkapi

Aksi_Nyata-Instruksi-_2.jpg

7. Geser tombol Aksi Nyata sudah dilakukan ke kanan, lalu klik Ya, Lanjut

Untitled_design__5_.png

Mengunggah Dokumen Aksi Nyata ke Platform Merdeka Mengajar

8. Isi Lembar Aksi Nyata:

  • Unggah dokumen Aksi Nyata Anda dalam format PDF maksimal 10 MB dengan cara klik Pilih File
  • Isi Judul Aksi Nyata 
  • Ceritakan secara singkat Aksi Nyata yang anda lakukan di kolom yang tersedia 
  • Ceritakan pembelajaran yang Anda dapatkan saat melakukan Aksi Nyata
  • Klik ikon kotak untuk memberi tanda centang sebagai pernyataan bahwa Aksi Nyata yang Anda buat adalah karya pribadi (bukan plagiat) dan sudah sesuai dengan panduan.
  • Klik Kumpulkan

Untitled_design__6_.png

9. Selamat, Aksi Nyata Anda berhasil dikumpulkan. Kemudian klik Lihat Aksi Nyata

Aksi_Nyata-Selesai_Kumpul__1_.jpg

10. Minta umpan balik pada rekan sejawat dengan membagikan Aksi Nyata Anda yang sudah diunggah ke platform Merdeka Mengajar. Klik ikon bagikan yang ada di kanan atas atau klik Bagikan Aksi Nyata yang ada di bagian bawah halaman.

 

Detail_Aksi_nyata.jpg 

11. Selanjutnya, Anda bisa menunggu Aksi Nyata Anda divalidasi. Informasi proses validasi Aksi Nyata bisa dilihat pada halaman ini.

 

Anda juga dapat melihat simulasi video dalam mengunggah lembar Aksi Nyata seperti di bawah ini.

 

Cara Masuk atau Log In ke Platform Merdeka Mengajar

 Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat platform secara keseluruhan Anda memerlukan akses masuk/login dengan:

  • Akun belajar.id (contoh: namaakun@guru.smp.belajar.id) bagi guru dan kepala sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan terdata di Dapodik. 
  • Akun madrasah (contoh: namaakun@madrasah.kemenag.go.id) bagi guru madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag.

Informasi lebih lanjut mengenai daftar domain Akun belajar.id yang bisa masuk/login ke platform Merdeka Mengajar dapat melihat pada artikel Daftar Domain Akun belajar.id Milik PTK yang Bisa Masuk/Login ke Platform Merdeka Mengajar.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang tidak dapat masuk/login ke platform Merdeka Mengajar dapat menonton video-video yang ada di Video Inspirasi dan Bukti Karya.

Berikut ini adalah langkah-langkah masuk/login ke platform Merdeka Mengajar. Namun perlu diketahui, terdapat sedikit perbedaan cara pada versi aplikasi Android dan versi situs web. Silakan klik tab di bawah ini untuk melihat perbedaanya.

 

1. Buka aplikasi Merdeka Mengajar pada ponsel Android Anda 

2. Klik tombol Masuk, yang bisa Anda temukan di dua tempat berikut: 

  • Pada halaman Beranda, geser layar ke bawah hingga menemukan tombol Masuk, atau

WhatsApp_Image_2022-10-14_at_10.42.15.jpeg

  • Masuk ke Pengaturan 

WhatsApp_Image_2022-10-14_at_10.55.49.jpeg

3. Bagi pengguna aplikasi Merdeka Mengajar versi 1.25.0 ke atas, Anda wajib menyetujui Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan dengan mencentang tanda kotak. Lalu klik tombol Masuk 

Screenshot_2023-01-27-11-23-35-313_id.belajar.app.jpg

Bagi pengguna aplikasi Merdeka Mengajar versi 1.25.0 ke bawah, Anda dapat langsung klik tombol Masuk

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.35.43.jpeg

4. Pilih akun.

  • Jika Anda sudah pernah masuk, silakan pilih akun yang sudah terdaftar, misalnya pada gambar di bawah ini adalah akun Guru Satu. Maka, Anda akan langsung berhasil masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar.
  • Jika Anda ingin masuk dengan akun yang belum ada di daftar pilihan akun, silakan pilih Tambahkan akun lain.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.37.01.jpeg

5. Bagi Anda yang memilih Tambahkan akun lain, Anda akan diarahkan untuk mengisi email dan kata sandi (password). Pastikan email yang dimasukkan adalah akun dengan domain belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id. Klik Berikutnya.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.44.50.jpeg

6. Masukan kata sandi, lalu klik Berikutnya.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.51.26.jpeg

7. Klik Saya setuju dan Anda berhasil masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar.

WhatsApp_Image_2022-08-18_at_14.55.16.jpeg

.

 

Anda dapat mengunduh panduan instal dan masuk ke platform Merdeka Mengajar dalam format PDF

Materi PPKn Kelas 8 Bab 5 "Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 


SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

A.  ArtdaMakna SumpaPemuddalaPerjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia

1.    PeraPerjuangaPemuddalam OrganisasKepemudaan
Peristiwa sejaraSoempaPemoedataSumpaPemudmerupakasuatpengakuadarPemuda-Pemudi Indonesia yanmengikrarkasattanaairsatbangsdasatbahasa. SumpaPemuda dibacakapadtanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiatahunnya diperingatsebagaHarSumpaPemuda. Pada tahun 1908, bangsa Indonesia mulai bangkit.

Berdirinya Budi Utomo mendorong bermunculannya organisasi Pemuda, sepertberikut.

1)   TrikorDharmo (TK)
TrikorDharmo didirikaoleR. SatimaWiryosanjoyodkk. di GedunSTOVIA Jakarta pada tahun 1915. Trikoro Dharmo merupakan cikal bakal JonJava. TrikorDharmmemiliktiga visi mulia, yaitu: saktberartkekuasaadakecerdasan, budi berartbijaksana, dabhaktberarti kasisayangVisi ini kemudian dikembangkadalatiga tujuaTrikorDharmsebagaberikut.
a.     Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolamenengadakejuruan.
b. Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya. 
c. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.
Indonesimemilikperan yansangamenentukadalaperkembangakehidupabangsIndonesia.

B MemaknaSemangaKejuangaPemuddalaPerjuangan KemerdekaaRepubliIndonesia
Sejaramencatabeberappejuang nasional yang berjuang dan meninggal di usia muda. Para pahlawan tersebut di antaranya sebagaberikut.

1.    Wage Rudolf Supratman
Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, di Purworejo, dan wafapadtanggal 17 Agustus 1938 ketika berusia 35 tahun. Lagu ciptaaSupratmaberjuduIndonesiRaya” menjadi lagu kebangsaanegara Indonesia.

2. Chairil Anwar
ChairiAnwar adalapenyair Angkatan ‘45 yanterkenal dengapuisinya yanberjuduAkuBerkapuisinya ituimemilikjulukaSBinatanJalangChairilahir di Medan, 26 Juli 1922.

3.    WolteMonginsidi
Wolter Monginsidi merupakaPahlawaNasional Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaa Indonesia.  Belia lahir  di  Manado pad 14 Februari 1925 dan wafat di usia 24 tahun pada 5 September 1949. Semangat Juang Wolter Muda muncu karen meliha penjajaha di  Bumi Pertiw yan tiad berkesudaha da makin menjadi-jadi. Banyak perlawanan terhadap penjajah yang dipimpin  ole Wolter  mud ini Pad tanggal 28 Februari 1947, ia ditangkap oleh bala tentara Belanda di Sekolah SMP Nasional Makassar. Wolter Monginsidi  kemudia dipenjara.  Kakinya  dirantai dan dikurung di baliterali besi.
huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencanatabendappun padbendera negara; dan
e.     memakai bendera negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutubarang yandapamenurunkakehormatabendera negara.

2)   Bahasa
Bahasa Indonesia yang dinyatakan sebagai bahasa resmi negara dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bersumber dar bahas yan diikrarka dala Sumpa Pemud tangga 28  Oktober  1928 sebagai bahasa persatuan yang dikembangkan sesuai dengan dinamika peradaban bangsa. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi tingkat nasional, pengembangan kebudayaan nasional transaksi  da dokumentasi  niaga,  sert saran pengembanga dan pemanfaatailmpengetahuan, teknologisenidabahasmedimassa.

3) Lambang Negara
LambanNegara KesatuaRepubliIndonesiberbentuk GarudPancasila yankepalanya menoleluruksebelah kanan, perisaberupjantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis di atapita yang dicengkeraoleh Garuda. Memilikparuh, sayapekordacakar yanmewujudkalambantenaga pembangunan.

Garuda memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkaekoberbulu 19, dan leher berbulu 45. Di tengah-tengaperisasebagaimana dimaksud dalaPasal 46 Undang-UndanNo. 24 Tahun 2009 tentanBendera, Bahasa, daLambanNegara, sertLagu Kebangsaan, terdapasebuah garis hitatebal yang melukiskan khatulistiwa. Pada perisai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46, terdapat limbuaruang yanmewujudkadasaPancasilsebagaberikut.
a. Sila pertama dilambangkan dengan cahaya di bagian tengah perisai berbentubintang yanbersudut lima.
bSilkedua dilambangkan dengatali rantabermatbulatadapersegi di bagiakirbawaperisai.
c. Silketiga dilambangkan dengapohoberingin di bagiakirataperisai.
dSila keempat dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai.
eSilkelima dilambangkan dengan kapadapadi di bagian kanaataperisai.

4)   LagKebangsaan
Lagu Kebangsaan adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkadan/atau dinyanyikan:
a.    Untuk menghormati presiden dan/atau wakil presiden serta bendera negara pada waktpengibaraatapenurunaBendera Negara yang diadakadalaupacara.
b.   Dalam acara resmi yang diselenggarakaolepemerintah.
Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi, Olah raga internasional dan seni internasional yang diselenggarakan di Indonesia, dan lain sebagainya.


Demikianlah ringkasan materi PPKn Kelas 8 Bab 5 tentang ""Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"

Semoga bermanfaat.

Sumber: Surya Saputra, Lukman et al. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1