ANALISIS
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP ...
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Kelas/Semester
: 7 / 1 dan 2
Tahun
Pelajaran : 2021/2022
Pada fase ini, peserta didik mampu: Menganalisis kronologis
lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa, serta
mengenal Pancasila sebagai ideologi negara; memahami implementasi Pancasila
dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa;
mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan mengidentifikasi
kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup
dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut
pandang Pancasila. Memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang
Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum
tertinggi; memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam
kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; memahami peraturan
perundang-undangan dan tata urutannya;
dan mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban
warga negara. Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu
kenyataan yang ada di dalam kehidupan
bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di
lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat; memahami urgensi pelestarian
nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai
tradisi, kearifan lokal dan budaya; dan
menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan
melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam
masyarakat global. Mengidentifikasi
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan
wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; menjaga
keutuhan wilayah NKRI; menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh
nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh
serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan
informasi; mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan,
tugas, wewenang, dan hubungan
antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang
politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun
pertahanan dan keamanan; dan menyusun laporan singkat tentang sistem
pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga
lembaga
negara, hubungan negara dengan warga negara.
ELEMEN PANCASILA |
||||||
CP Sesuai Elemen |
Kompetensi |
Konten |
Variasi (4C) |
Dimensi Pengetahuan |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mampu menganalisis
kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji
fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai |
C1 Mengidentifikasi |
Latar sejarah kelahiran pancasila |
Diskusi/ berpikir kreatif
(Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka an Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi Latar sejarah kelahiran pancasila melalui
diskusi. |
dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila
sebagai ideologi negara. |
C2. Menjelaskan |
Lahirnya Pancasila |
Diskusi kemlompok/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka an Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan Lahirnya Pancasila melalui diskusi
kelompok |
C3 Menemukan |
Rumusan Pancasila |
Diskusi kemlompok/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu menemukan Rumusan pancasila
melaui diskusi kelompok. |
|
C4 Menganalisis |
Penetapan Pancasila |
Diskusi kemlompok/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu menganalisi penetapan pancasila melaui diskusi kelompok. |
|
Peserta didik memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara
dari masa ke masa. |
C1 Mengidentifikasi |
Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. |
Diskusi kemlompok/ Berkolaborasi
(Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu
mengidentifikasi implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melaui diskusi
kelompok . |
|
C2 Memahami |
implementasi Pancasila dalam
kehidupan bernegara dari masa
ke masa. |
Diskusi kemlompok/ Berkolaborasi
(Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu
memahami
implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. melaui diskusi kelompok |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan Pancasila dengan
Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka
Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
C1. Mengidentifikasi |
Hubungan Pancasila dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari |
Kolaborasi/Berk olaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan Pancasila
dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari. |
C1. Mengidentifikasi |
Hubungan pancasila dengan |
Kolaborasi/Berk olaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan pancasila dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam |
|
|
Bhinneka Tunggal Ika dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari-hari |
|
|
2. Bergotong Royong |
pelaksanaannya
di kehidupan sehari-hari |
C1. Mengidentifikasi |
Hubungan pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam pelaksanaannya
di kehidupan sehari-hari |
Kolaborasi/Berk olaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi Hubungan pancasila dengan Negara Kesatuan
Republik Indonesia dalam pelaksanaannya
di kehidupan sehari-hari |
|
Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila
sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan
persoalan lokal dan global dengan menggunakan
sudut pandang Pancasila. |
C1. Mengidentifikasi |
kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan
persoalan lokal dan global dengan sudut pandang Pancasila. |
Berkolaborasi/B erkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu
kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal
dan global dengan sudut
pandang pancasila dengan kolaborasi |
Elemen Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
||||||
CP Sesuai Elemen |
Kompetensi |
Konten |
Variasi (4C) |
Dimensi Pengetahuan |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik memahami periodisasi pemberlakuan
dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945;
memahami Undang Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum
tertinggi. |
C1 Mengidentifikasi |
Norma-norma dan hubungannya dengan undang undang dasar |
Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi Norma norma dan hubungannya dengan undang-undang dasar melalui
diskusi kelompok |
C1 Menjelaskan |
Peserta didik mampu menjelaskan Norma-norma dan
hubungannya dengan undang-undang dasar melalui diskusi
kelompok |
|||||
C2 Menjelakan |
Perumusan, pengesahan dan perubahan Undang Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
Diskusi /Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan Perumusan, pengesahan
dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan
diskusi kelompok. |
|
C2 Memahami |
perubahan Undang Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu memahami perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Peserta didik memahami bentuk pemerintahan yang berlaku
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia. |
C1 Mengidentifikasi |
bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Diskusi kelompok/Berpi kir kritis
(Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebinekaan Global 2. Bergotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi bentuk pemerintahan yang berlaku
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. |
C2 Menjeleskan |
Peserta didik mampu menjelaskan bentuk pemerintahan yang berlaku
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. |
|||||
C2 Memahami |
Peserta didik mampu memahami bentuk pemerintahan yang berlaku
dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui diskusi kelompok. |
|||||
Peserta didik memahami peraturan perundang undangan dan tata urutannya; mematuhi pentingnya
norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan
kewajiban warga negara. |
C1 Mengidentifikasi |
peraturan perundang undangan |
Diskusi/Berpikir kritis
(Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi peraturan perundang-undangan
melalui diskusi. |
C2 Memahami |
Pentingnya mematuhi norma dan aturan |
Diskusi/Berpikir kritis
(Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu memahami pentingnya mematuhi nilai dan norma dengan
pemahaman sendiri. |
|
C2 Menyeimbangkan |
hak dan kewajiban warga negara. |
Diskusi/Berpikir kritis
(Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menyeimbangakan hak dan kewajibannya
sebagai warga negara. |
Elemen Bhinneka Tunggal Ika |
||||||
CP Sesuai Elemen |
Kompetensi |
Konten |
Variasi (4C) |
Dimensi Pengetahuan |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam
kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi
secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan
sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat. |
C1 Mengidentifikasi |
Keberagaman gender ,suku,agama, ras dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Diskusi/Berpik ir
kritis (Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong
Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi keberagaman gender,suku,agama, ras dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal
melalui diskusi. |
C2 Menjelaskan |
keragaman dan perubahan budaya |
pengamatan/B erpikir kritis (Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong
Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan keragaman dan perubahan budaya di lingkuan terdekatnya dengan pengamatan. |
|
C2 Menghargai |
keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu
kenyataan yang ada di
dalam kehidupan bermasyarakat |
sendiri/Berpiki r kritis (Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong
Royong |
Peserta didik mampu menghargai keragaman dan
perubahan budaya sebagai suatu
kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat melaui tindakan sederhana dan disampaikan dalam bahasa sendiri. |
|
Peserta didik memahami urgensi pelestarian nilai |
C1 Mengetahui |
pelestarian nilai tradisi, kearifan |
Diskusi/ Berkolaborasi |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu mengetahui pelestarian nilai |
tradisi, kearifan
lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan
lokal dan budaya. |
|
lokal dan budaya |
(Collaboration Skills) |
|
|
tradisi, kearifan lokal dan budaya;melalui diskusi. |
C2 Menunjukkan |
contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya. |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menunjukkan contoh pelestarian nilai
tradisi, kearifan lokal dan budaya.melalui diskusi. |
|
Peserta didik menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global. |
C1 Menumbuhkan |
sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya |
Kehidupan sehari-hari/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menumuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya di kehidupan sehari hari. |
Elemen Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
||||||
CP Sesuai Elemen |
Kompetensi |
Konten |
Variasi (4C) |
Dimensi Pengetahuan |
Dimensi PPP |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara |
C1 Mengidentifikasi |
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menidntiikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai
satu kesatuan utuh melalui tindakan tndakan sederanya
yang dapat dilakukan. |
C1 Mengidentifikasi |
wawasan nusantara dalam |
Kehidupan sehari-hari/ |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global |
Peserta didik mampu mengidentifikasi wawasan |
Kesatuan Republik Indonesia |
|
konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
|
2. Gotong Royong |
nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
dalam kehidupan kehidupan sehari-hari. |
Peserta didik turut menjaga keutuhan wilayah NKRI. |
C1 Mengidentifikasi |
Keutuhan wilayah NKRI. |
Kehidupan sehari-hari/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
keutuhan wilayah NKRI di kehidupannya sehari-hari. |
C1 Menjelaskan |
Bekerjasama dan Gotong Royong |
Kehidupan sehari-hari/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan kerjasama
dan gotong royong di dalam kehidupan sehari-harinya. |
|
C1 Menjaga |
Nilai revolusi mental dalam kerjasama dan gotong royong |
diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu
menjaga nilai revolusi mental dalam kerjasama dan gotong royong melalui diskusi kelompok. |
|
Peserta didik mampu menunjukkan perwujudan
demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila
serta menunjukkan contoh serta praktik kemerdekaan
berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi. |
P1 Menunjukkan |
perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila |
Kehidupan sekitarnya/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menunjukkan perwujudan demokrasi
yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekitarnya |
P1 Menunjukkan |
contoh serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menunjukan contoh serta praktik
kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan |
|
|
era keterbukaan informasi. |
|
|
|
informasi melalui diskusi kelompok. |
Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan. |
C1 Mengidentifikasi |
sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga lembaga negara |
Berpikir kritis (Creative Thinking Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan,
tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga lembaga negara melalui diskusi. |
C1 Menjelaskan |
hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan |
diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan hubungan negara dengan warga
negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan
budaya maupun pertahanan dan keaman melalui
diskusi kelompok |
|
Peserta didik menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan
Indonesia, kedudukan, tugas,
wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara,
hubungan |
C1 Mengidentifikasi |
pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu mengidentiikasi pemerintahan Indonesia,
kedudukan, tugas, wewenang melalui diskusi kelompok |
C2 Menjelaskan |
hubungan antarlembaga lembaga negara, hubungan |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menjelaskan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan
negara |
negara dengan warga negara. |
|
negara dengan warga
negara |
|
|
|
dengan warga negara melalui diskusi
kelompok. |
C3 Menunjukkan |
hubungan antarlembaga lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menunjukkan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan
negara dengan warga negara melalui diskusi
kelompok. |
|
C4 Menganalisis |
sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga lembaga negara |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menganalisis sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan
hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan
negara dengan warga negara melalui dskusi
kelompok. |
|
C5 Membutikan |
hubungan antarlembaga lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu membuktikan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan
negara dengan warga negara melalui diskusi
kelompok. |
|
C6 Menyusun Laporan |
sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, |
Diskusi/ Berkolaborasi (Collaboration
Skills) |
Faktual Konseptual |
1. Berkebineka Global 2. Gotong Royong |
Peserta didik mampu menyusun laporan singkat tentang
sistem pemerintahan Indonesia, |
|
|
wewenang, dan hubungan antarlembaga- lembaga negara |
|
|
|
kedudukan, tugas, wewenang, dan
hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan
negara dengan warga negara |