Selasa, 09 Maret 2021

CONTOH SOAL UJIAN SATUAN PENDIDIKAN SMP PELAJARAN PPKn 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). SE tersebut ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada 1 Februari 2021 dan ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia.

Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tercantum keputusan meniadakan UN dan ujian kesetaraan tersebut berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu ada tiga hal yang menjadi persyaratan kelulusan peserta didik dari satuan/program pendidikan.  Pertama, peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemic Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, peserta didik memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Ketiga, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (ujian sekolah) sebagai penentu kelulusan peserta didik bisa dilaksanakan dalam bentuk portofolio, penugasan, tes luring atau daring, dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, misalnya penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya.

Ketentuan tersebut berlaku juga untuk ujian sekolah yang berfungsi sebagai ujian kenaikan kelas. Sekolah dapat menyelenggarakan ujian akhir semester yang dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Kemudian khusus untuk jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK), peserta didik SMK dapat mengikuti uji kompetensi keahlian (UKK) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Semua ketentuan dalam SE tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19

 Berikut link contoh soal ujian satuan pendidikan mata pelajaran PPKn SMP

Soal ujian satuan pendidikan PPKn SMP

Untuk kisi-kisinya silahkan dibuka link di bawah :

kisi-kisi soal ujian satuan pendidikan mata pelajaran PPKn SMP

 

Jumat, 05 Maret 2021

SILABUS PPKn SMP SEMESTER II KELAS 7, 8, dan 9

 

Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).

Sedangkan silabus menurut Yulaelawati adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96).

Langkah-langkah pengembangan silabus (Trianto, 2010: 99):

  1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Mengkaji SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi.
  2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian KD.
  3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik dalam rangka pencapaian KD.
  4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi. Indikator merupakan penanda pencapaian KD. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
  5. Menentuan Jenis Penilaian. Penilaian pencapaian kompetensi dasar siswa dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk tertulis.
  6. Menentukan Alokasi Waktu. Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu. Alokasi waktu merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam.
  7. Menentukan Sumber Belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK dan KD serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Manfaat Silabus

Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.

Isi Silabus

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  3. kompetensi inti,
  4. kompetensi dasar
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll);
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  7. pembelajaran,yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar
  9. alokasi waktu
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Prinsip Pengembangan Silabus

  1. Ilmiah; Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan; Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Sistematis; Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsistensi; Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Kecukupan; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual & Kontekstual; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel; Keseluruhan komponen silabus dapat mengako-modasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh; Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.

Berikut link silabus kelas 7, 8, dan 9 :

Silabus PPKn Kelas 7, 8, dan 9 semester 2

Soal PTS PKN Kelas 7 Semester 2

 

I. PILIHAN GANDA

Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…
A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.
B. Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat.
C. Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian.
D. Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan.

1. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Letak strategis wilayah Indonesia.
2. Berasal dari nenek moyang yang berbeda.
3. Kondisi Negara kepulauan.
4. Perbedaan kondisi alam.
5. Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.
6. Keadaan transportasi dan komunikasi.
Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…
A. 1,2,3, dan 4
B. 2,3,4, dan 5
C. 1,3,4, dan 6
D. 3,4,5, dan 6


2. Pada peringatan Hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…
A. Ras.
B. Agama.
C. Suku bangsa.
D. Multi kulturalisme.


3. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.
2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.
3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.
4. Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.
5. Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.
Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5



6. Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…
A. Ras.
B. Budaya.
C. Golongan.
D. Suku bangsa.


7. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…
A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.
B. Sumber pendapatan di daerah-daerah.
C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.
D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.


8. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…
A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.
D. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.


9. Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….
A. Penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan.
B. Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat.
C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.
D. Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas.


10. Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…
A. Umat beragama.
B. Suku.
C. Golongan.
D. Daerah.


11. Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..
A. Berkompromi dengan penjajah.
B. Mempersatukan perbedaan yang ada.
C. Berdialog dengan penjajah.
D. Membentuk organisasi politik.



12. Suatu bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bisa dilihat dalam kehidupan….
A. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta kehidupan umat beragama.
B. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta sistem peradilan.
C. Hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, juga kehidupan umat beragama.
D. Perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, juga kehidupan umat beragama.


13. Pada alinea berapakah dalam pembukaan UUD 1945 yang menyatakan tujuan nasional bangsa Indonesia yang akan dicapai melalui usaha pembangunan nasional…
A. Pertama.
B. Kedua.
C. Ketiga.
D. Keempat.


14. Gotong royong merupakan sebuah kerjasama yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat guna menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Adapun kelebihan gotong royong dibandingkan denga bentuk kerja sama yang lainnya, yaitu…
A. Dilakukan tanpa pamrih.
B. Dilakukan dalam berbagai kegiatan.
C. Dilakukan secara bersama-sama.
D. Hasil yang didapat menguntungkan semua pihak.


15. Di sebuah kampung, terdapat kegiatan yang sering dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung, serta lapangan yang ada di kampung tersebut. Hal tersebut memperlihatkan bentuk gotong royong, yaitu …
A. Tolong menolong.
B. Kerja sosial.
C. Gugur gunung.
D. Kerja bakti.


16. Didalam pasal 33 ayat 1 pada UUD 1945 menyebutkan bahwa Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Dari pernyataan diatas berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, membantu satu sama lain dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kemakmuran bersama secara adil. Berikut ini adalah salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal tersebut yaitu…
A. Firma.
B. Koperasi.
C. BUMN.
D. CV.



17. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan.
Ditunjukkan pada pernyataan nomor berapakah yang memiliki arti pentingnya kerjasama…
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 1,2, dan 4
D. 2,3, dan 4


18. Bagaimanakah cara yang dilakukan untuk mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara….
A. Membantu tugas tentara ketika negara berperang.
B. Mematuhi peraturan perundang-undangan.
C. Ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk.
D. Mengumpulkan dana untuk membeli senjata api.


19. Negara Indonesia mempunyai banyak pemeluk agama yang harus dilindungi oleh negara dan harus dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan. Beikut ini manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama….
A. Membantu orang lain yang sama-sama memahami agama.
B. Menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama.
C. Menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara.
D. Menghormati umat seagama dan berbeda agama.


20. Berikut ini contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan semua warga sekolah dalam kegiatan…
A. Kebersihan lingkungan sekolah
B. Peningkatan kompetensi guru.
C. Menggali sumber dana pendidikan.
D. Perkemahan pramuka terpadu.


21. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari jeratan penjajah. Hal tersebut adalah makna proklamasi dari aspek.…
A. Sosiologis.
B. Politis.
C. Psikologis.
D. Kultural.


22. Otonomi daerah yaitu kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut gagasan sendiri yang berdasarkan….
A. Kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah.
B. Aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
C. Anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah.
D. Kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah.



23. Dibawah ini adalah hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah yaitu….
A. Pengelolaan semua kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah.
B. Mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden.
C. Mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.
D. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan.


24. Penyebab kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional adalah…
A. Penduduknya sangat besar.
B. Wilayah Indonesia yang luas.
C. Perjuangan bersifat kedaerahan.
D. Kurang memanfaatkan potensi alam.


25. Sumber daya alam yang dipunyai negara Indonesia sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah yang akan dipergunakan demi kepentingan rakyat. Kekayaan alam setiap daerah di Indonesia merupakan milik….
A. Kekayaan bagi pemerintah pusat.
B. Kekayaan seluruh bangsa Indonesia.
C. Milik pemerintah daerah setempat.
D. Milik pihak-pihak yang mengelola.


26. Bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, adalah bunyi UUD 1945 pada pasal…
A. 33 ayat (1).
B. 33 ayat (2).
C. 33 ayat (3).
D. 33 ayat (4).


27. Yang tercatat dalam sejarah, bangsa Indonesia pernah terjadi usaha untuk mengganti bentuk negara. Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD 1945 yaitu…
A. Republik.
B. Federal.
C. Monarki.
D. Kesatuan.


28. Nilai-nilai yang harus ditanamkan dan disadari oleh warga negara demi berdirinya NKRI adalah….
A. Setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat.
B. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah.
C. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan.
D. Setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya.



29. Dika merupakan mahasiswa di universitas terkemuka dikotanya. Dika ingin mengikuti usaha bela negara. Salah satu bentuk usaha bela negara yang bis dilakukan Dika sebagai mahasiswa adalah…
A. Mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Menwa).
B. Mengikuti organisasi anarkis.
C. Melakukan demonstrasi di depan Istana Negara.
D. Menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil.


30. Rianti berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Rianti menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan Rianti adalah bentuk ancaman dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap…
A. Etnosentrisme.
B. Konsumerisme.
C. Nasionalisme.
D. Primordialisme.


II. ESSAY

1. Uraikan perbedaan kondisi alam yang dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia!
2. Tuliskan alasan keberagaman masyarakat Indonesia yang bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa)!
3. Berikan 2 nama lain dari gotong royong di Indonesia!
4. Bagaimana caranya untu menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah!
5. Uraikan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang dilihat dari aspek hukum!

 

Sumber : https://ppkn.co.id

Soal PTS PKN Kelas 8 Semester 2

 

SOAL PILIHAN GANDA

1. Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….
A. Devide et impera
B. Balas budi
C. Etische Politic
D. Dumping


2. Perhatikanlah nama-nama berikut ini!
1. Baron Van Houvel.
2. Van Den Bosch.
3. Mr. Van Deventer.
4. Edward Douwes Dekker.
Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya tanam….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4


3. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama….
A. Wahidin Sudirohusodo
B. Cipto Mangunkusumo
C. Suwardi Suryaningrat
D. Sutomo



4. Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini!
1. Wahidin Sudirohusodo.
2. Sutomo.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Cipto Mangunkusumo.
Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


5. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.
2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.
3. Menjaga kelestarian alam.
4. Membuang sampah pada tempatnya.
Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4


6. Tindakan saat ini yang tidak sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan adalah….
A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia belajar dengan serius.
B. Indah ingin sekolah yang tinggi supaya menjadi karyawan di perusahaan terkenal.
C. Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena disebabkan tidak ada biaya.
D. Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar.


7. Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….
A. Keistimewaan.
B. Keunggulan.
C. Kehebatan.
D. Kelebihan.


8. Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….
A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.
B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea.
C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.
D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah.



9. Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….
A. Jong Sumateramen Bond.
B. Jong Java.
C. Trikoro Dharmo.
D. Sekar Rukun.


10. Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….
A. Perhimpunan Pelajar Indonesia.
B. Trikoro Dharmo.
C. Perhimpunan Indonesia.
D. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.


11. Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928, Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat serta….
A. Bahasa dan pendidikan.
B. Bahasa dan lagu kebangsaan.
C. Bendera kebangsaan dan lambang negara.
D. Bahasa dan bendera negara.


12. Perhatikanlah nama-nama dibawah ini!
1. Soegondo Djojopoespito.
2. R. M. Djoko Marsaid.
3. Amir Syarifuddin.
4. WR. Supratman.
5. Senduk.
6. Johanes Leimena.
Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 2, 3, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 5, dan 6
D. 3, 4, 5, dan 6


13. Ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres, rumusan sumpah Pemuda ditulis oleh seseorang di selembar kertas. Siapakah yang menulis rumusan tersebut….
A. Soegondo Djojopoespito.
B. Moehammad Yamin.
C. M. Tabrani.
D. Amir Syarifuddin.


14. Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga ….. bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana tersebut….
A. Menumbuhkan rasa cinta.
B. Menggerakkan hati.
C. Mempertegas jati diri.
D. Mempertegas keinginan.



15. Tanah air Indonesia ialah seluruh wilayah Indonesia baik di darat maupun di laut yang luasnya hingga mencapai 5.180.053 km2 dan memiliki pulau sebanyak 13.466 pulau. Negara Republik Indonesia disebut juga Nusantara yang berarti….
A. Kepulauan yang terpisahkan oleh lautan.
B. Pulau yang dipisahkan oleh lautan.
C. Pulau di antara lautan.
D. Kepulauan yang dikelilingi oleh daratan.


16. Aku adalah salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia yang dieksekusi mati pada tanggal 5 September 1949 dan menolak untuk menutup mata, karena aku ingin melihat peluru penjajah menebus dadaku. Aku adalah….
A. I Gusti Ngurah Rai.
B. Chairil Anwar.
C. Robert Wolter Mongonsidi.
D. Wage Rudolf Supratman.


17. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah….
A. Cinta bangsa dan tanah air.
B. Sikap rela berkorban.
C. Aktualisasi diri.
D. Mengutamakan kepentingan bangsa dan bisa menerima serta menghargai perbedaan.


18. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak….
A. Lembaran Negara.
B. Surat Kabar Sin Po.
C. Berita Negara.
D. Surat Kabar Kompas


19. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar bendera negara.
2. Menggunakan bendera negara untuk promosi atau iklan komersial.
3. Membentangkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam.
4. Mencetak, menyulam, menulis huruf, angka dan gambar.
5. Mengibarkan bendera negara di depan gedung sekolah.
Dari lima pernyataan diatas, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap bendera negara ialah….
A. 1, 2, 3, dan 5
B. 1, 3, 4, dan 5
C. 2, 3, 4, dan 5
D. 1, 2, 3, dan 4


20. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi negara Indonesia. Hal tersebut dinyatakan didalam UUD 1945, yaitu pada pasal….
A. Pasal 35.
B. Pasal 36A.
C. Pasal 36.
D. Pasal 36B.


21. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk….
A. Menanamkan nasionalisme.
B. Menanamkan kebiasaan baik.
C. Menanamkan patriotism.
D. Agar hafal syair lagunya.



22. Dalam buku empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang diterbitkan pada tahun 2012, dijelaskan bahwa Indonesia berasal dari bahasa latin yaitu Indus dan nesos yang memiliki arti….
A. India dan pulau-pulau.
B. Hindia Belanda.
C. Negara kepulauan.
D. Nusantara.


23. Lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar Jawa Timur dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970. Memiliki Ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai, dan pernah menjadi Presiden pertama Republik Indonesia. Siapakah tokoh yang dimaksud tersebut….
A. Megawati.
B. Moh. Hatta.
C. Soeharto.
D. Ir. Soekarno.


24. Perhatikanlah nama tokoh berikut ini!
1. Pringgodigdo.
2. Agus Salim.
3. Suwardi Suryaningrat.
4. Douwes Dekker.
5. Tjipto Mangunkusumo.
Dari kelima nama tokoh tersebut tiga tokoh Indische Partij ialah….
A. 1, 2, dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5


25. Perjuangan ssekarang ini yang tak terbatas oleh waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang dimaksud dalam UUD 1945. Pernyataan tersebut ada pada….
A. Periode I : Masa sebelum Pergerakan Nasional.
B. Periode II : Masa Pergerakan Nasional.
C. Periode III : Masa Proklamasi serta Perang Kemerdekaan.
D. Periode IV : Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan.


26. Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dalam memanfaatkan kekayaan wilayah nusantara untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut adalah wujud dari Indonesia sebagai kesatuan….
A. Ekonomi.
B. Sosial Budaya.
C. Wilayah.
D. Ekonomi.



27. Sebagai seorang pelajar, Andi memiliki impian menjadi seorang Polisi. Ia beralasan agar dapat melindungi Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara Indonesia. Hal tersebut menunjukkan makna dari Indonesia sebagai satu kesatuan….
A. Politik.
B. Pertahanan dan Keamanan.
C. Ekonomi.
D. Sosial Budaya.


28. Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengabdi kepada negara adalah perwujudan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Rela berkorban.
B. Semangat kekeluargaan.
C. Cinta tanah air.
D. Membina persatuan dan kesatuan.


29. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Indonesia.
2. Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan bangsa.
3. Memberikan tenaga dan waktu dengan ikhlas untuk kepentingan bersama.
Ketiga pernyataan tersebut menggambarkan perilaku dan komitmen kebangsaan yaitu….
A. Membina persatuan dan kesatuan.
B. Semangat mengabdi.
C. Cinta tanah air.
D. Rela berkorban.


30. Pak Dedi merupakan seorang pejabat di lingkungan pemerintahan di kota tempat ia tinggal. Pak Dedi memiliki sikap disiplin dan tidak pernah melanggar hukum terutama yang berhubungan dengan korupsi. Sikap tersebut mencerminkan….
A. Ketokohan.
B. Keteladanan.
C. Kebangsaan.
D. Pewarisan.




SOAL ESSAY

1. Tuliskan perbedaan antara perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
2. Jelaskan arti penting dari kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia!
3. Berikan 4 contoh perilaku sebagai wujud pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda!
4. Tuliskan 4 contoh mengenai keteladanan yang bisa kamu lakukan di lingkungan sekolah!
5. Berikan 4 tantangan yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia

 

Sumber :  https://ppkn.co.id/soal-pkn-kelas-8-semester-2/

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1