I. PILIHAN GANDA
Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi
tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan
kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan
perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa
dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…
A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.
B. Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat.
C. Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian.
D. Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan.
1. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Letak strategis wilayah Indonesia.
2. Berasal dari nenek moyang yang berbeda.
3. Kondisi Negara kepulauan.
4. Perbedaan kondisi alam.
5. Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.
6. Keadaan transportasi dan komunikasi.
Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…
A. 1,2,3, dan 4
B. 2,3,4, dan 5
C. 1,3,4, dan 6
D. 3,4,5, dan 6
2. Pada peringatan Hari Kartini, semua
siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan
pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan
selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari
Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian
adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…
A. Ras.
B. Agama.
C. Suku bangsa.
D. Multi kulturalisme.
3. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.
2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.
3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.
4. Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.
5. Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.
Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5
6. Bunga mempunyai kulit seperti sawo
yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda,
sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata
sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara
Bunga dan Jelita tersebut disebut…
A. Ras.
B. Budaya.
C. Golongan.
D. Suku bangsa.
7. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…
A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.
B. Sumber pendapatan di daerah-daerah.
C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.
D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.
8. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…
A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.
D. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.
9. Negara Indonesia terdiri dari
beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.
Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat
tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan
adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar
golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….
A. Penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan.
B. Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat.
C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.
D. Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas.
10. Nichol merupakan pelajar di sekolah
favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu
Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa
yang berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah
Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu
toleransi antar…
A. Umat beragama.
B. Suku.
C. Golongan.
D. Daerah.
11. Kolaborasi dalam mendepak penjajah
untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa,
adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia
dalam hal…..
A. Berkompromi dengan penjajah.
B. Mempersatukan perbedaan yang ada.
C. Berdialog dengan penjajah.
D. Membentuk organisasi politik.
12. Suatu bentuk kerja sama atau gotong
royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bisa
dilihat dalam kehidupan….
A. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta kehidupan umat beragama.
B. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta sistem peradilan.
C. Hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, juga kehidupan umat beragama.
D. Perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, juga kehidupan umat beragama.
13. Pada alinea berapakah dalam
pembukaan UUD 1945 yang menyatakan tujuan nasional bangsa Indonesia yang
akan dicapai melalui usaha pembangunan nasional…
A. Pertama.
B. Kedua.
C. Ketiga.
D. Keempat.
14. Gotong royong merupakan sebuah
kerjasama yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat guna menyelesaikan
tugas atau pekerjaan. Adapun kelebihan gotong royong dibandingkan denga
bentuk kerja sama yang lainnya, yaitu…
A. Dilakukan tanpa pamrih.
B. Dilakukan dalam berbagai kegiatan.
C. Dilakukan secara bersama-sama.
D. Hasil yang didapat menguntungkan semua pihak.
15. Di sebuah kampung, terdapat kegiatan
yang sering dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan tersebut dilakukan
secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga,
jalan-jalan sepanjang kampung, serta lapangan yang ada di kampung
tersebut. Hal tersebut memperlihatkan bentuk gotong royong, yaitu …
A. Tolong menolong.
B. Kerja sosial.
C. Gugur gunung.
D. Kerja bakti.
16. Didalam pasal 33 ayat 1 pada UUD
1945 menyebutkan bahwa Perekonomian disusun sebagai usaha bersama
berdasarkan asas kekeluargaan. Dari pernyataan diatas berarti dalam
kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, membantu satu sama
lain dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kemakmuran bersama
secara adil. Berikut ini adalah salah satu bentuk kerjasama dalam bidang
ekonomi yang diharapkan dalam pasal tersebut yaitu…
A. Firma.
B. Koperasi.
C. BUMN.
D. CV.
17. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan.
Ditunjukkan pada pernyataan nomor berapakah yang memiliki arti pentingnya kerjasama…
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 1,2, dan 4
D. 2,3, dan 4
18. Bagaimanakah cara yang dilakukan
untuk mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara….
A. Membantu tugas tentara ketika negara berperang.
B. Mematuhi peraturan perundang-undangan.
C. Ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk.
D. Mengumpulkan dana untuk membeli senjata api.
19. Negara Indonesia mempunyai banyak
pemeluk agama yang harus dilindungi oleh negara dan harus dijaga
kerukunannya demi persatuan dan kesatuan. Beikut ini manakah perilaku
yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama….
A. Membantu orang lain yang sama-sama memahami agama.
B. Menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama.
C. Menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara.
D. Menghormati umat seagama dan berbeda agama.
20. Berikut ini contoh pelaksanaan
kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan
semua warga sekolah dalam kegiatan…
A. Kebersihan lingkungan sekolah
B. Peningkatan kompetensi guru.
C. Menggali sumber dana pendidikan.
D. Perkemahan pramuka terpadu.
21. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari jeratan penjajah. Hal tersebut adalah makna proklamasi dari aspek.…
A. Sosiologis.
B. Politis.
C. Psikologis.
D. Kultural.
22. Otonomi daerah yaitu kewenangan
daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat
setempat menurut gagasan sendiri yang berdasarkan….
A. Kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah.
B. Aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
C. Anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah.
D. Kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah.
23. Dibawah ini adalah hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah yaitu….
A. Pengelolaan semua kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah.
B. Mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden.
C. Mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.
D. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan.
24. Penyebab kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional adalah…
A. Penduduknya sangat besar.
B. Wilayah Indonesia yang luas.
C. Perjuangan bersifat kedaerahan.
D. Kurang memanfaatkan potensi alam.
25. Sumber daya alam yang dipunyai
negara Indonesia sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah yang akan
dipergunakan demi kepentingan rakyat. Kekayaan alam setiap daerah di
Indonesia merupakan milik….
A. Kekayaan bagi pemerintah pusat.
B. Kekayaan seluruh bangsa Indonesia.
C. Milik pemerintah daerah setempat.
D. Milik pihak-pihak yang mengelola.
26. Bumi air dan kekayaan yang
terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan
sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, adalah bunyi UUD 1945 pada
pasal…
A. 33 ayat (1).
B. 33 ayat (2).
C. 33 ayat (3).
D. 33 ayat (4).
27. Yang tercatat dalam sejarah, bangsa
Indonesia pernah terjadi usaha untuk mengganti bentuk negara. Bentuk
negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD 1945 yaitu…
A. Republik.
B. Federal.
C. Monarki.
D. Kesatuan.
28. Nilai-nilai yang harus ditanamkan dan disadari oleh warga negara demi berdirinya NKRI adalah….
A. Setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat.
B. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah.
C. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan.
D. Setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya.
29. Dika merupakan mahasiswa di
universitas terkemuka dikotanya. Dika ingin mengikuti usaha bela negara.
Salah satu bentuk usaha bela negara yang bis dilakukan Dika sebagai
mahasiswa adalah…
A. Mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Menwa).
B. Mengikuti organisasi anarkis.
C. Melakukan demonstrasi di depan Istana Negara.
D. Menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil.
30. Rianti berasal dari suatu suku
bangsa dan tinggal di Jakarta. Rianti menganggap kebudayaannya lebih
unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan
Rianti adalah bentuk ancaman dari bidang sosial dan budaya yang
menunjukkan adanya sikap…
A. Etnosentrisme.
B. Konsumerisme.
C. Nasionalisme.
D. Primordialisme.
II. ESSAY
1. Uraikan perbedaan kondisi alam yang dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia!
2. Tuliskan alasan keberagaman masyarakat Indonesia yang bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa)!
3. Berikan 2 nama lain dari gotong royong di Indonesia!
4. Bagaimana caranya untu menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah!
5. Uraikan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang dilihat dari aspek hukum!
Sumber : https://ppkn.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar