ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Satuan Pendidikan : SMP ...
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas : VIII (delapan)
Tahun Pelajaran : 2020 – 2021
DOMAIN |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
LINGKUP MATERI |
TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN |
SIKAP |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2. berkarakter, jujur, dan peduli, 3. bertanggungjawab, 4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. 2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. |
Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila |
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa. 2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnyasesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. |
Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
|||
1.3 Menanggapi tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia secara adil. 2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional. |
Makna Peraturan Perundang-undangan
|
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
|||
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus. 2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. |
Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 |
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
|||
1.5 Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
|||
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa. 2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Memperkuat Komitmen Kebangsaan |
Teknik Penilaian : Observasi Bentuk Instrumen : Lembar Observasi |
|||
PENGETAHUAN |
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: 1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, dan 4. budaya.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
Memiliki pengetahuan Faktual, konseptual dan prosedural dalam Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. |
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. |
Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila |
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional. |
Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
|||
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia. |
Makna Peraturan Perundang-undangan
|
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
|||
3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia. |
Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 |
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
|||
3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
|||
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa. |
Memperkuat Komitmen Kebangsaan |
Teknik Penilaian : Tertulis Bentuk Instrumen :Uraian |
|||
KETERAMPILAN |
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: 1. kreatif, 2. produktif, 3. kritis, 4. mandiri, 5. kolaboratif, dan 6. komunikatif
melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri. |
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah |
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari. |
Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila |
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari. |
4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari. |
Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari. |
|||
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia. |
Makna Peraturan Perundang-undangan
|
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia. |
|||
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. |
Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 |
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. |
|||
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari. |
Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari. |
|||
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Memperkuat Komitmen Kebangsaan |
Teknik Penilaian :Projek Bentuk Instrumen : Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
Mengetahui Kepala SMP ...
Abdullah,S.Pd,M.Pd NIP. 196803211997021002 |
|
Bekasi, Januari 2021 Guru Mata Pelajaran PPKN
Rajiati , S.Pd NIP. 19701031 200801 2 004 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar