PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : SMPN
1 Panggarangan
Kelas / Semester : VIII
/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Komptensi Inti :
KI1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
24 JP
|
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
||
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
||
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1
|
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
|
18 JP
|
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
|
||
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya
dalam sistem hukum nasional
|
||
4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan
sehari-hari
|
||
1
|
1.3 Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat
Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
|
21 JP
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan
nasional
|
||
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional nasional di Indonesia
|
||
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
|
||
2
|
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
|
24 JP
|
2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan
nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
|
||
3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
|
||
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
|
||
2
|
1.5 Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
21 JP
|
2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda
Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
|
||
2
|
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk
memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa
|
12 JP
|
2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan
komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
||
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan
siswa
|
||
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SUPARMAN, S.Pd.,M.Pd,
NIP. 196408051985121002
|
Panggarangan, Juli 2018
Guru Mapel PPKn.
JAJANG NURJAMAN, S.H.
NIP. 198010282009021002
|
Catatan Kepala
Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : SMPN
1 Panggarangan
Kelas / Semester : VIII
/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Komptensi Inti :
KI1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
24 JP
|
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
||
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
||
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1
|
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
|
18 JP
|
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
|
||
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya
dalam sistem hukum nasional
|
||
4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan
sehari-hari
|
||
1
|
1.3 Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat
Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
|
21 JP
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan
nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan
nasional
|
||
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional nasional di Indonesia
|
||
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
|
||
2
|
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.
|
24 JP
|
2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan
nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
|
||
3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
|
||
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
|
||
2
|
1.5 Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
21 JP
|
2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda
Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari
|
||
2
|
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk
memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa
|
12 JP
|
2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan
komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
||
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan
siswa
|
||
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SUPARMAN, S.Pd.,M.Pd,
NIP. 196408051985121002
|
Panggarangan, Juli 2018
Guru Mapel PPKn.
JAJANG NURJAMAN, S.H.
NIP. 198010282009021002
|
Catatan Kepala
Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar