Minggu, 02 September 2018

Contoh Soal-soal ujian sekolah

Soal Pilihan Ganda
Perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini:
Kembalinya daerah daerah kekuasaan Jepang kepada sekutu
BPUPKI diketuai oleh KRT Radjiman Wedyodiningrat
Pembentukan BPUPKI bertepatan dengan hari ulang tahun kaisar Jepang
BPUPKI mengadakan sidang resmi sebanyak dua kali
Pada peringatan pembangunan Djawa Baroe diumumkan pembentukan     dokuritsu zyumbi tyoosakai
Dari pernyataan di atas, yang menunjukan peristiwa yang melatarbelakangi terbentuknya BPUPKI adalah nomor ….
(1), (3), dan (5)
(1), (2), dan (4)
(2), (3), dan (4)
(3), (4), dan (5)

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
Memiliki sikap nasionalisme yang tinggi
Memiliki keinginan menjadi pemimpin yang di hormati
Bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan golongan
Berupaya keras mewujudkan cita-cita pribadi
Mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi
Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan pernyataan-pernyataan pada nomor ....
A. (1) dan (5)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Bagan proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara yang benar adalah ….


A. 



B.


                                                                     




C.





D.



Di bawah ini yang merupakan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila sila yang pertama di lingkungan masyarakat adalah  ….
Menyapa tetangga saat berpapasan
Menggunakan barang-barang dalam negeri
Membangun wilayah yang terkena bencana
Menghormati tetangga yang sedang beribadah

Di bawah ini yang merupakan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila sila yang ke-dua di lingkungan sekolah  adalah  ….
Memisahkan teman yang sedang bertengkar
Mengikuti upacara bendera dengan hikmat
Memberi  bantuan kepada teman yang membutuhkan
Memberikan suara dalam pemilihan ketua OSIS


Dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, terdapat peristiwa penting yaitu penolakan rumusan sila pertama oleh wakil Indonesia bagian timur.
Bunyi sila pertama yang di tolak adalah ….
Ketuhanan dengan menjalankan ibadah kepada Tuhan yang maha esa
Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
Ketuhanan dengan menjalankan kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi seluruh rakyat Indonesia

7. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang patut untuk diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia.  Perilaku yang mencerminkan penerapan sila ketiga Pancasila adalah ....
A. menghormati dan menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain
B. mengembangkan sikap saling mencintai dan menghargai sesama manusia
C. memiliki sikap rela berkorban untuk kemajuan, kepentingan bangsa dan negara
D. mengembangkan kebudayaan daerahnya sebagai bagian dari kebudayaan nasional

(1)   Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia
Pancasila merupakan pokok kaidah Negara yang fundamental
Pancasila  hukum dasar penyelenggaraan Negara dan pemerintahan Indonesia
Pancasila merupakan cita – cita moral dan cita cita hukum Negara
Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa
Pernyataan di atas yang  merupakan fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah .…
1 dan 2
2 dan 3
3 dan 4
4 dan 5

Setiap warga negara wajib mempunyai rasa cinta terhadap tanah air. Berikut ini salah satu contoh  pengamalan Pancasila sila ketigadi lingkungan keluarga, diantaranya ….
Berlaku adil dalam memberi uang  jajan
Bermusyawarah dalam  pembagian tugas di rumah
Bergotong royong membangun pos ronda
Bekerja sama dalam  menyelesaikan pekerjaan rumah

Setiap warga negara wajib mempunyai rasa cinta terhadap tanah air. Berikut ini salah satu contoh  pengamalan Pancasila sila ketigadi lingkungan keluarga, diantaranya ….
Berlaku adil dalam memberi uang  jajan
Bermusyawarah dalam  pembagian tugas di rumah
Bergotong royong membangun pos ronda
Bekerja sama dalam  menyelesaikan pekerjaan rumah

11. Dalam sidang DPR terjadi perdebatan seru antar perwakilan fraksi, sehingga sidang menemui jalan buntu. Sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila  seluruh anggota yang hadir dalam sidang sepakat hasil keputusan sidang tetap mengutamakan tujuan negara kesatuan.

Dari ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup berfungsi ....
A. menjadi pengikat dalam segala pengambilan keputusan
B. pedoman hukum yang memiliki nilai mutlak yang wajib diikuti
C. memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
D. menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa


Pada tanggal 18 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menyelenggarakan  sidang setelah keanggotaannya ditambah menjadi 26 orang. Berikut ini merupakan  ketetapan  hasil sidang dimana negara kita mempunyai  bentuk aturan tertulis dengan penjabaran yang  sistematis, adalah ....
Ditetapkannya Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Staat’s Fundamental Norm
Ditetapkannya Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden
Ditetapkannya Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai lembaga yang membantu  pekerjaan sehari-hari Presiden
Ditetapkannya Batang Tubuh yang merupakan konstitusi tertulis berbentuk singkat dan supel


Menunjukan sikap positif terhadap Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara sekaligus pandangan hidup bangsa merupakan wujud tanggungjawab kita sebagai warganegara yang baik. Berikut contoh  perilaku yang dapat ditampilkan oleh seorang pelajar dalam  kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai sila ke-4 adalah ....

Berdiskusi dalam menetapkan agenda kegiatan pada kepanitiaan peringatan Hari Besar Nasional.
Menghargai teman kita yang beragama Hindu dengan tidak mengajak bermain karena sedang merayakan hari raya nyepi
Berpartisipasi dalam kegiatan Ronda malam dalam  rangka Sistem keamanan lingkungan sebagai wujud Cinta Tanah Air dan bangsa
Menolong teman-teman kita yang terkena musibah Banjir dengan memberikan obat-obatan, pakaian dan makanan serta menyediakan tempat tinggal sementara.


Kedudukan  Pancasila   sebagai  dasar  negara  dan  pandangan  hidup bangsa  telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia. Pancasila masih mengalami  pencarian bentuk penerapan dalam sistem kenegaraan pada masa orde lama, ditandai dengan adanya pemberontakan–pemberontakan pada periode 1945-1950, periode 1950-1959, dan periode 1959-1966. Berikut ini sejarah penerapan Pancasila yang menandai periode 1945-1950 adalah ...
Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipimpin oleh D.N. Aidit
Pemberontakan Rakyat Maluku Selatan (RMS), PRRI dan Permesta
Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pimpinan Muso di Madiun
Pemberontakan Darul  Islam/Tentara  Islam  Indonesia  pimpinan Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo


Pada  masa  reformasi,  penerapan  Pancasila  sebagai  dasar  negara  dan  pandangan  hidup  bangsa  terus  menghadapi  berbagai  tantangan dan ancaman. Diantaranya adalah kondisi kehidupan masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan yang serba bebas. Dibawah  ini yang tidak termasuk tantangan penerapan Pancasila di era Reformasi adalah ….
Kebebasan berbicara dan  berekspresi  tanpa batas dan tidak beretika sehingga memicu perpecahan bangsa.
Pemerintahan dengan sistem kekuasaan terpusat, sehingga kekuasaan terletak pada lembaga Kepresidenan
Pola perilaku masyarakat yang bergeser dari nilai-nilai luhur Pancasila akibat dari akses informasi yang luas
Persaingan dengan  negara lain yang  memicu  penyusupan  ideologi,  baik secara  langsung  maupun  tidak  langsung.



Berikut ini yang tidak termasuk fungsi UUD 1945 dalam  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara  adalah …
Membatasi kekuasaan negara yang di jalankan oleh lembaga negara agar tidak sewenang - wenang
Menjamin hak dan kewajiban warga negara yang dilaksanakan di Indonesia
UUD 1945 adalah hukum dasar yang tidak bisa di rubah lagi.
Cerminan penyelanggaran pemerintahan seperti bentuk negara, pembagian kekuasaan, sistem pemerintahan dan sebagainya

Menurut Abraham Lincoln ( Presiden Amerika Serikat yang ke 16 ) pengertian demokrasi adalah...
Pemerintah yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat
Pemerintah yang berasal dari negara, oleh negara dan untuk negara
Pemerintah yang berasal dari negara, oleh negara dan untuk rakyat
Pemerintah yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk Negara

18. Setiap negara memiliki tata urutan peraturan perundangan yang berbeda. Hirarki tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia mengandung makna bahwa setiap ….
A. peraturan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan diatasnya
B. peraturan di atasnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan dibawahnya
C. pembentukan peraturan baru harus mempunyai tujuan yang jelas dan sitematis
D. pembentukan peraturan baru harus dibuat oleh lembaga yang berwenang

Negara Indonesia adalah  negara kesatuan yang berbentu  republik. Bentuk negara tersebut dinyatakan secara jelas dalam  UUD 1945 yaitu pasal...
Pasal 2 ayat 1
Pasal 1 ayat 1
Pasal 4 ayat 1
Pasal 3 ayat 1

20. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Hukum Tertulis
(2) Hukum Material
(3) Hukum tidak tertulis
(4) Hukum Formal

Berdasarkan pernyataan diatas pembagian hukum menurut bentuknya ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Teori  kedaulatan  yang menganggap raja atau pemimpin negara  mempunyai kebijakan yang suci dan mutlak kebenarannya disebut ...
Teori kedaulatan rakyat
Teori kedaulatan hukum
Teori kedaulatan Negara
Teori kedaulatan Tuhan

Berikut ini yang tidak termasuk  manfaat norma dalam kehidupan masyarakat adalah …
Dapat menjadikan manusia beriman dan bertakwa
Melindungi kepentingan penguasa
Mengendalikan ucapan, sikap dan perilaku
Ketertiban dan kedamaian dalam  hidup bermasyarakat
Perhatikan pernyataan berikut :
Peraturan Daerah
Undang – Undang atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang –Undang
Peraturan Pemerintah
Ketetapan MPR
Peraturan Presiden
Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
Tata urutan perundang – undangan yang  sesuai  dengan Undang - Undang Nomor  12 Tahun 2011 adalah …
(6), (5), (4), (3), (2), (1)
(6), (5), (1), (2), (3), (4)
(6), (4), (3), (2), (5), (1)
(6), (4), (2), (3), (5), (1)

UUD negara Republik Indonesia 1945 secara tegas melindungi Hak Asasi Manusia sebagaimana termaktub dalam  pasal  dan ayatnya . Pasal  dalam UUD 1945 yang berisikan bahwa kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan  adalah ….
Pasal 26
Pasal 27
Pasal 28
Pasal 29
25. Perhatikan pernyataan dalam alinea pertama pembukaan UUD NRI Tahun 1945 berikut ini : “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Pernyataan tersebut mengandung makna ....
A. para pejuang bangsa yakin bahwa kemerdekaan pasti dapat diraih tanpa bantuan negara-negara lain
B. keteguhan bagi bangsa Indonesia berdiri dengan tegak untuk melawan negara-negara kuat di eropa
C. keteguhan pendirian bangsa Indonesia untuk melawan penjajah demi mencapai kemerdekaan
D. niat yang luhur  menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk melenyapkan bangsa penjajah

26. Demokrasi adalah salah satu bentuk pemerintahan berdasarkan pengelompokan negara menurut letak kekuasaan tertinggi. Kedaulatan tertinggi tersebut berada di tangan rakyat yang memiliki makna ….
A. pemerintahan dijalankan langsung oleh rakyat
B. pemerintahan mendapatkan mandat dari rakyat
C. pemerintahan di jalankan untuk kepentingan wakil rakyat
D. lembaga perwakilan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi

Perhatikan gambar dibawah ini!

 Sumber :http://www.com.id   
        Gambar di atas merupakan peristiwa pelanggaran  norma ….
hukum
kesopanan
kesusilaan
agama

Penetapan UUD  Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia melalui  proses perumusan yang panjang  dan diwarnai perdebatan beberapa tokoh. Berikut ini yang tidak mencerminkan   nilai juang dan keteladanan dalam  proses perumusan UUD 1945 adalah …
Mengabdi  pada negara dengan  ikhlas dan jiwa kepahlawanan
Mementingkan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi
Membela dan memperjuangkan hak asasi manusia
Mementingkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan         

29. Didi sering berbicara tidak sopan ketika bermain dengan teman-teman dilingkungan sekitarnya. Orang tuanya sudah seringkali menasihati, tetapi Didi tidak mengindahkan. Sanksi yang mungkin diterima Didi dengan perilakunya tersebut adalah ....
A. Didi dijauhi teman-temannya
B. Didi diberi hukuman secara adat
C. orang tua Didi tak menyayanginya lagi
D. Didi bisa dijerat dengan hukum pidana

Dibawah ini beberapa para tokoh nasional Indonesia :
Mr. Soepomo
Mr. Muh.Yamin
Ir. Soekarno
DR. Cipto Mangunkusumo
DR. Sutomo
DR. Wahidin Sudiro Husodo
Diantara para tokoh tersebut, pendiri organisasi Budi Utomo adalah….
(1), (2) dan (3)
(1), (3) dan (5)
(3), (4) dan (5)
(4), (5) dan (6)

Perhatikan pernyataan dibawah ini !
Konflik antar suku
Konflik antar  negara
Konflik antar  instansi
Konflik antar  ras
Konflik antar golongan
Konflik antar agama
Dari pernyataan diatas, permasalahan yang sering muncul dalam  keberagaman masyarakat Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
(1), (2), (3)
(1), (3), (5)
(2), (4), (6)
(4), (5), (6)

32.  Berikut ini merupakan bentuk keberagaman dalam  bidang  sosial dan budaya yang dimiliki  bangsa Indonesia adalah perbedaan dalam  .…
      A.  kepercayaan
B.  upacara  perkawinan
C.  pekerjaan/profesi
D.  penghasilan  perkapita

33. Di lingkungan perkotaan sering kita jumpai masyarakat ekonomi menengah ke atas memilih tinggal di apartemen. Selain karena fasilitas, kenyamanan dan keamanan, masalah prestise juga menjadi salah satu alasan. Meskipun kadang sesama penghuni apartemen tersebut tidak saling mengenal tampaknya hal tersebut tidak menjadi masalah. Masalah keamanan dan kebersihan telah diurus oleh petugas sehingga kegiatan seperti gotong royong sudah tak diperlukan lagi.
Berdasarkan ilustrasi di atas lunturnya nilai persatuan disebabkan oleh ....
A. sikap hidup materialistis yang diwujudkan melalui sikap hidup yang mendambakan materi/ingin menguasai dan memiliki harta benda
B. sikap hidup hedonis dan gaya hidup konsumtif yang mulai banyak dipraktekkan sebagian masyarakat Indonesia saat ini
C. kesibukan kerja dan aktivitas diluar rumah menyita waktu dan tenaga sehingga tidak sempat lagi untuk bergotong royong
D. sikap hidup individualistis yang merupakan ciri masyarakat liberal mulai memengaruhi cara hidup masyarakat Indonesia


34. Sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, merupakan pengertian bela negara menurut….
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002

35. Perilaku peserta didik dalam pergaulan di lingkungan sekolah yang mencerminkan  makna Sumpah Pemuda adalah …..
menjaga persatuan dan kesatuan
menjunjung tinggi budaya daerah
menggunakan bahasa Indonesia dengan benar
        D. mengutamakan kepentingan individu dan golongan

 36.  Perhatikan beberapa peristiwa berikut!
perlawanan terhadap penjajah bersifat nasional
perlawanan terhadap penjajah bersifat kedaerahan
rakyat nusantara  dijadikan pekerja paksa
Belanda menjanjikan kemerdekaan
Hasil bumi nusantara untuk kepentingan penjajah
Para raja bergabung dengan penjajah untuk memperluas kekuasaan
Berdasarkan peristiwa diatas, hal  yang mendorong terjadinya kebangkitan nasional 1908 adalah ….
(1), (3), (4)
(2), (3), (5)
(2), (4), (5)
(3), (5), (6)

37. Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat diperkuat dengan melakukan berbagai macam cara, salah satunya adalah ....
A. mengikuti kegiatan siskamling di lingkungan RT setempat
B. menjaga kebersihan dan keindahan rumah masing-masing
C. melaksanakan kewajiban agama masing-masing
D. mengumpulkan barang bekas untuk didaur ulang

38. Akhir-akhir ini banyak peristiwa yang terjadi di Indonesia yang mengancam keutuhan NKRI,  diantaranya terkait dengan  pencurian ikan dengan menggunakan jaring pukat harimau, tawuran antar pelajar, kekerasan kepada guru /siswa. Berikut ini contoh ancaman mental yang berasal dari dalam negeri adalah ….
aksi teror
narkoba
penculikan
sabotase

39. gambar berikut!

1
2





3
4





.
Diantara gambar diatas yang menunjukan keberagaman dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah…. 
(1) dan (2)
(2) dan (3)
(2) dan (4)
(3) dan (4)           

40. Indonesia memiliki letak strategis dalam jalur perdagangan  dunia, namun  mengalami  kendala dalam  pemasaran produk dalam  negeri  yang  kalah  bersaing dengan  produk  luar negeri. Berikut ini contoh  sikap yang  kurang  mencerminkan rasa cinta tanah air adalah  …..
kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemakaian produk lokal.
Tidak ada sanksi dari pemerintah terhadap pengguna produk asing
Belum jelas aturan hukum tentang impor barang ke Indonesia
Lemahnya pengawasan  pihak terkait terhadap importir di Indonesia


URAIAN
Jelaskan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

Rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta menimbulkan reaksi dari warga Indonesia Timur. Salah satu perwakilan mereka , Nisyijami, menemui Bung Hatta dan menyampaikan aspirasi tersebut. Bung Hatta selanjutnya menemui tokoh islam di PPKI. Bung Hatta mengusulkan agar tujuh kata pada sila pertama tersebut dihapus. Setelah didiskusikan, akhirnya disepakati rumusan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya diubah menjadi Ketuhan Yang Maha Esa.
Berikan contoh pesan moral yang dapat diambil dari peristiwa tersebut!

Jelaskan norma kesopanan  yang berlaku di lingkungan tempat tinggalmu!

44. Mahkamah Agung merupakan pemegang kekuasaan kehakiman yang bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya.
Sebutkan 3 (tiga) kewenangan Mahkamah Agung!

Sumpah  pemuda menggerakan pemuda meraih kemerdekaan  dan  mempertegas jati diri bangsa Indonesia. Semangat sumpah pemuda harus tetap ada, tanpa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur.
Berdasarkan  uraian tersebut, deskripsikan makna sumpah pemuda 1928  yang  bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1