Sabtu, 12 September 2020

Niat, Cara, dan Adab Mandi Wajib atau Mandi Junub

 Salah satu pokok dalam praktik bersuci yang wajib adalah mandi janabah atau dalam masyarakat secara praktis disebut mandi junub untuk menghilangkan hadats besar. Mandi janabah diperuntukkan bagi mereka yang dalam keadaan junub. Disebut junub ketika seseorang mengalami salah satu dari dua hal.


Pertama, keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau pikiran. Kedua, jimak atau berhubungan seksual, meskipun tidak mengeluarkan mani.

Persoalan mandi janabah penting karena ia berkaitan dengan ibadah-ibadah lain, baik yang fardhu maupun sunnah. Orang yang dalam keadaan junub dilarang, antara lain melaksanakan shalat, berdiam diri atau duduk di masjid, thawaf atau mengelilingi Ka'bah, melafalkan ayat Al-Qur'an, dan menyentuh mushaf.

Lantas bagaimana cara mandi janabah yang benar? Dalam mandi janabah seseorang wajib melaksanakan dua rukun. Pertama, niat. Yakni kesengajaan yang diungkapkan dalam hati. Bila ia mampu melafalkan juga secara lisan, hal ini lebih utama. Contoh lafal niat tersebut adalah:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'ala."

Dalam madzhab Syafi'i, niat harus dilakukan bersamaan dengan saat air pertama kali disiramkan ke tubuh.

Kedua, mengguyur seluruh bagian luar badan, tak terkecuali rambut dan bulu-bulunya. Untuk bagian tubuh yang berambut atau berbulu, air harus bisa mengalir sampai ke kulit dalam dan pangkal rambut/bulu. Tubuh diasumsikan sudah tidak mengandung najis.

Selain hal-hal yang wajib itu, ada juga sejumlah kesunnahan dalam mandi janabah. Imam al-Ghazali dalam Bidâyatul Hidâyahsecara teknis menjelaskan adab mandi janabah dengan cukup rinci mulai dari awal masuk kamar mandi hingga keluar lagi.

Pertama, saat masuk ke kamar mandi ambilah air lalu basuhlah tangan terlebih dahulu hingga tiga kali.

Kedua, bersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel di badan.

Ketiga, berwudhu sebagaimana saat wudhu hendak shalat termasuk doa-doanya. Lalu pungkasi dengan menyiram kedua kaki.

Keempat
, mulailah mandi janabah dengan mengguyur kepala sampai tiga kali--bersamaan dengan itu berniatlah menghilangkan hadats dari janabah.

Berikutnya, guyur bagian badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian bagian badan sebelah kiri juga hingga tiga kali. Jangan lupa menggosok-gosok tubuh, depan maupun belakang, sebanyak tiga kali; juga menyela-nyela rambut dan jenggot (bila punya). Pastikan air mengalir ke lipatan-lipatan kulit dan pangkal rambut. Sebaiknya hindarkan tangan dari menyentuh kemaluan--kalaupun tersentuh, berwudhulah lagi.

Di antara seluruh praktik tersebut yang wajib hanyalah niat, membersihkan najis (bila ada), dan menyiramkan air ke seluruh badan. Selebihnya adalah sunnah muakkadah dengan keutamaan-keutamaan yang tak boleh diremehkan. Orang yang mengabaikan kesunnahan ini, kata Imam al-Ghazali, merugi karena sejatinya amalan-amalan sunnah tersebut menambal kekurangan pada amalan fardhu. Wallahu a'lam.(Mahbib)
Sumber:
https://www.google.com/amp/s/amp.islam.nu.or.id/post/read/79857/niat-cara-dan-adab-mandi-wajib-atau-mandi-junub

Senin, 07 September 2020

Aplikasi Edmodo

 Mungkin belum banyak yang mengenal Edmodo, layanan kelas online asal California, AS. Walaupun belum banyak digunakan di Indonesia, Edmodo merupakan layanan yang cukup populer di Amerika Serikat.


Aplikasi online ini sangat populer di kalangan guru karena dapat memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari. Layanan seperti Edmodo sendiri dikenal dengan nama Learning Management System (LMS).

Tapi, apa sebenarnya Edmodo? Mengapa aplikasi ini sungguh populer? Berikut adalah 6 fakta menarik tentang Edmodo seperti dilansir detikINET dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Edmodo?

Edmodo adalah layanan online yang memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Dengan menggunakan aplikasi atau situs Edmodo, guru dapat membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada muridnya secara online.

Aplikasi ini biasa digunakan baik ketika guru berada di dalam maupun luar kelas. Aplikasi ini dirancang dengan fokus kepada guru, karena siswa dan orang tua hanya bisa login dengan Edmodo jika mendapat undangan dari guru.

2. Tersedia di Seluruh Dunia

Edmodo didirikan oleh Nic Borg, Jeff O'Hara dan Crystal Hutter pada tahun 2008. Perusahaan ini bermarkas di San Mateo, California, AS.

Saat ini Edmodo telah memiliki 100 juta pengguna. Seluruh pengguna ini tersebar di 400.000 sekolah di 190 negara. Sekitar setengah dari total pengguna ini berada di Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya dengan jumlah pengguna yang cukup signifikan antara lain Singapura, Indonesia, Uruguay dan Italia.

3. Cara Bergabung dengan Edmodo

Sebelum bisa membuat kelas online di Edmodo, guru sebelumnya harus membuat akun terlebih dahulu yang terhubung dengan akun online mereka seperti Outlook, Google atau Facebook. Layanan Edmodo sendiri dapat diakses oleh guru dan siswa dengan log in di desktop lewat situs mereka, atau lewat app yang tersedia untuk iOS dan Android.


Setelah bergabung, guru bisa membuat grup dan mengundang siswa dan orang tua untuk bergabung. Dalam grup ini, guru bisa membagikan materi pelajaran, foto dan artikel yang dapat dilihat oleh seluruh siswa dalam format seperti news feed.

Untuk orang tua dan siswa yang ingin mendaftar, Edmodo memiliki sebuah keuntungan tersendiri karena mereka tidak perlu memasukkan informasi pribadi mereka untuk membuat akun. Mereka hanya perlu memasukkan nama, nama keluarga, password dan kode kelas yang diberikan oleh guru.



4. Keuntungan Menggunakan Edmodo

Menggunakan LMS seperti Edmodo dapat membawa sejumlah keuntungan untuk proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas. Seperti membuat siswa merasa lebih termotivasi, mendukung kolaborasi antar siswa, dan memungkinkan guru memberikan feedback individual.

Yang lebih penting, mengubah sistem belajar menjadi online tentu membuat lingkungan kelas menjadi lebih ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit kertas.

Diambil dari :
https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4607260/6-fakta-soal-edmodo-aplikasi-kelas-sekolah-online-yang-populer-di-as

Cara download dan log in edmodo di android:
https://youtu.be/ukLV8ML_U4w

Cara download dan log in edmodo di pc :
https://mainthebest.com/aplikasi/cara-download-instal-aplikasi-di-komputer-laptop/

Minggu, 06 September 2020

Selasa, 21 Juli 2020

Tutorial Membuat Absensi Untuk Siswa di Google Classroom

Sebelum melakukan pembelajaran online, biasanya pengajar akan membuat absen dan membuat kelas. Sebelumnya ada cara membuat absen di google classroom agar lebih memudahkan proses belajar serta jadwal yang akan di berikan kepada siswa untuk jadwal belajar dan absensi.

Setelah membuat absen, langkah selanjutnya untuk memulai pembelajaran dengan siswa, pengajar akan membuat kelas terlebih dahulu.

Silahkan diklik link di bawah ini :

Tutorial Membuat Absensi Untuk Siswa di Google Classroom

Tutorial Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Menyerahkan tugas

Anda dapat menyerahkan tugas secara online di Classroom. Bergantung pada jenis tugas dan lampiran, Anda akan melihat Serahkan atau Tandai sebagai Selesai.

Jika perlu mengedit tugas yang telah diserahkan, Anda dapat membatalkan pengiriman tugas sebelum batas waktu, membuat perubahan, dan mengirimkannya kembali. Namun, setiap tugas yang diserahkan atau ditandai selesai setelah batas waktunya akan dicatat sebagai terlambat.

Silahkan buka link di bawah ini !

Cara mengirim tugas di google classroom

Jumat, 03 April 2020

MAKALAH LANDASAN HISTORI PENDIDIKAN

Secara umum, pendidikan merupakan segala pengalaman belajar yang
berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Secara khusus,
pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan
pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan, yang
berlangsung di dalam dan luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan
peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup
secara tepat di masa yang akan datang (Mudyaharjo, 2008: 3, 11).
Tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk membentuk manusia
Indonesia seutuhnya yang Pancasilais yang dimotori oleh pengembangan
afeksi, seperti sikap suka belajar, tahu cara belajar, rasa percaya diri, mencintai
prestasi tinggi, punya etos kerja, kreatif dan produktif, serta puas akan sukses
yang akan dicapai (Pidarta, 2007: viii)
Pendidikan Nasional Indonesia Merdeka secara formal dimulai sejak
Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya kepada dunia pada tanggal 17
Agustus 1945. Pendidikan Nasional Indonesia Merdeka ini merupakan
kelanjutan dari cita-cita dan praktek-praktek pendidikan masa lampau yang
tersurat atau tersirat masih menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan ini
(Mudyaharjo, 2008: 214).
Dalam proses pertumbuhan menjadi negara maju, Indonesia telah
mengalami berbagai perubahan, termasuk bidang pendidikannya. Perubahan-
perubahan itu merupakan hal yang wajar karena perubahan selalu dipengaruhi
oleh berbagai faktor yang bisa berganti selaras dengan perkembangan serta
tuntutan zaman pada saat itu. Tidaklah mengherankan apabila sistem
pendidikan yang kita anut segera setelah merdeka adalah sistem kontinental
karena kontak kita pada saat itu adalah dengan negara-negara Eropa, khususnya
negeri Belanda (Dardjowidjojo, 1991: ix).
4
Pengambilalihan sistem kontinental itu tentu kita lakukan dengan penuh
kesadaran bahwa sistem tersebut belum tentu cocok dan langgeng dengan
perkembangan pendidikan yang kita kehendaki.
Setelah kita merdeka dan menerapkan sistem pendidikan kontinental
sekitar lima windu, kita dapati bahwa pendidikan dengan sistem Eropa tidak
cocok lagi dengan tuntutan perkembangan zaman (Dardjowodjojo, 1992: 1).
Proses pendewasaan pun berlanjut, dan pengalaman telah banyak
mengajarkan kepada kita untuk memetik mana yang baik dan mana yang buruk.
Keadaan politik nasional dan internasional, perekonomian dunia, hubungan
antar bangsa, dan peran yang dimainkan bangsa Indonesia pun bergeser dan
berubah, yang sedikit banyak mendorong kita untuk melakukan penyesuaian-
penyesuaian tertentu.
Untuk mengunduh secara utuh makalah dalam bentuk pdf silahkan diklik link di bawah ini :
MAKALAH LANDASAN HISTORI PENDIDIKAN

Materi Komitmen Kebangsaan Kelas 8

Berikut adalah materi powtoon komitmen kebangsaan kelas 8, silahkan diklik link nya!

Materi Bela Negara Kelas 9

Ini adalah tayangan video materi bela negara, silahkan di klik link nya!

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1