Jumat, 30 April 2021

RENCANA PENILAIAN SMT 2 KELAS 8

 

RENCANA PENILAIAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 11 Kota Bekasi

Mata Pelajaran            : PPKn

Kelas / Semester         : VIII (delapan)/2 (dua)

Tahun Pelajaran          : 2020– 2021

Kompetensi Dasar

Indikator

Tanggal Pelaksanaan

Tugas

Penilaian Harian

PTS

PAS

US

PT

KMTT

1

2

3

Teori

Praktek

Teori

Praktek

3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia.

3.4.1 Menguraikan kondisi Bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4.2 Menjelaskan Perintis Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.4.3 Menjelaskan Nilai Kejuangan Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.4.4 Menjelaskan Persatuan Sebagai Bangsa Indonesia Wujud Nilai Kebangkitan Nasionaldengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.4.5 Menjelaskan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia Wujud Nilai Kebangkitan Nasionaldengan benar.

 

 

 

 

 

 

4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

4.4.1 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

 

 

 

 

 

3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5.1 Menjelaskan Arti Dan Makna Sumpah Pemuda Dalam Perjuangan KemerdekaanRepublik Indonesia dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.5.2 Menjelaskan Peran Perjuangan Pemuda Dalam Organisasi Kepemudaan Dengan Benar

 

 

 

 

 

 

3.5.3 Menjelaskan Semangat Kejuangan Pemuda Dalam PerjuanganKemerdekaan Republik Indonesia dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.5.4 Menjelaskan Wujud Nilai Memaknai Nilai Kejuangan Sumpah PemudaTahun 1928 Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.5.5 Menjelaskam Nilai Semangat Sumpah Pemuda Masa Sekarang dengan benar.

 

 

 

 

 

 

4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari.

4.5.1 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa.

3.6.1 Menjelaskan Semangat Dan Komitmen Kebangsaan Yang Ditunjukan Pendiri Negara dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.6.2 Bentuk-Bentuk Semangat Dan Komitmen Kebangsaan Yang DitunjukanPendiri Negara dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.6.3 Menjelaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Satu Kesatuan dengan benar.

 

 

 

 

 

 

3.6.4 Menjelaskan Wujud Perilaku Semangat Dan Komitmen Kebangsaan Dalam Kehidupan dengan benar.

 

 

 

 

 

 

4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.6.1 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                            

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 11  Kota Bekasi

 

 

Munajam,S.Pd,M.Pd

NIP. 196803211997021002

 

 Bekasi,       Januari  2021

Guru Mata Pelajaran PPKN

 

 

 

Rajiati , S.Pd

NIP. 19701031 200801 2 004

 

SKL PPKn Kelas 7

 

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP ..

Mata Pelajaran            : PPKn

Kelas                           : VII (tujuh)

Tahun Pelajaran          : 2018 – 2019

DOMAIN

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

LINGKUP MATERI

TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN

SIKAP

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:

1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,

2. berkarakter, jujur, dan peduli,

3. bertanggungjawab,

4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

5. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila.

2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga Negara Indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

Perumusan dan

Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

1.2  Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.

2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

Norma dan Keadilan

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

1.3  Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.

2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Perumusan dan

Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.

2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

Daerah dalam Kerangka

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya.

Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Teknik  Penilaian : Observasi

Bentuk Instrumen :

Lembar Observasi

PENGETAHUAN

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:

1. ilmu pengetahuan,

2. teknologi,

3. seni, dan

4. budaya.

 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Memiliki pengetahuan

Faktual, konseptual dan prosedural dalam

Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Perumusan dan

Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

Norma dan Keadilan

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Perumusan dan

Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

Daerah dalam Kerangka

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Teknik Penilaian : Tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

KETERAMPILAN

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:

1. kreatif,

2. produktif,

3. kritis,

4. mandiri,

5. kolaboratif, dan

6. komunikatif

 

melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.q

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah

4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Perumusan dan

Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai normanorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

Norma dan Keadilan

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Mengampanyekan perilaku sesuai normanorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.

4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Perumusan dan

Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat

Daerah dalam Kerangka

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat

4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat.

Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Teknik Penilaian : Projek

Bentuk Instrumen :

Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP ...

 

 

 

Samsudin, M.Pd

NIP. 19620613 198603 1 016

 

Bekasi,    Januari 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Enung Sukaemi, S.Pd

NIP. 19710517 201412 2 001

 

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1