Rabu, 28 April 2021

Contoh Soal PAT Kelas 8 PPKn 2021


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LEBAK

UPTD SMPN 7 RANGKASBITUNG
PENILAIAN AKHIR TAHUN

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

 


LEMBAR SOAL

 

Mata Pelajaran                :    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester               :    VIII / Genap

Hari dan Tanggal            :    Sesuai Jadwal Pelajaran

Waktu                             :    60 Menit

 


Petunjuk Umum     :

1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;

2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;

3.    Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang;

4.    Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;

5.    Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;

6.    Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;

7.    Periksalah seluruh jawaban Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

 

I.         Pilihlah jawaban yang paling tepat.

 

1.        Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah ....

A.  mencari daerah baru untuk dikuasai

B.   rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan

C.   melakukan perdagangan dengan belahan dunia yang lain

D.  menyebarkan agama

2.        Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera yaitu ....

A.  politik balas budi                                            C. politik etis

B.   politik tebang pilih                                          D. politik adu domba

3.        Upaya kerja paksa (rodi) guna membangun jalan sepanjang pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer, membuat rakyat makin menderita dilakukan pada saat Gubernur Jenderal ....

A.  Daendels                                                         C. Van Deventer

B.  Van Den Bosch                                               D. Baron Van Houvell

4.        Sistem Tanam Paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Sistem tanam paksa ini disebut juga dengan ....

A.  kerja rodi                                                         C. politik etis

B.  devide et impera                                              D. cultuur stelsel

5.        Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan ....

A.  20 Mei 1908                                                    C. 2 Mei 1928

B.  20 Mei 1928                                                    D. 2 Mei 1908

6.        Yang merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern, yaitu organisasi dengan pengurus yang tetap, ada anggota, tujuan, dan program kerja adalah Boedi Oetomo yang didirikan oleh ....

A.  Dr. Soetomo                                                    C. Van Deventer

B.  Himpunan Mahasiswa STOVIA                    D. Tirto Adi Soerjo

7.        Wujud dari nilai persamaan derajat yaitu ....

A.  kedaulatan berada di tangan rakyat

B.  setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum

C.  tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain

D.  sarana dan prasarana yang mampu mendorong masyarakat untuk kreatif dan produktif

8.        Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta ....

A.  dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju

B.   dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain

C.   dapat menjadi negara yang kompetitif

D.  dapat melawan ketidakadilan dunia

9.        Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagi sebuah negara.
Bagaimana usaha pemuda untuk mempertegas jati diri bangsa....

A.  menghormati perbedaan dalam masyarakat

B.  menghilangkan sikap dan anggapan semua orang akan berbuat jahat

C.  memahami simbol-simbol negara

D.  belajar lebih keras dan cerdas untuk mencapai cita-cita

10.    Semangat Sumpah Pemuda perlu kita jaga. Tujuannya adalah ....

A.  agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga

B.   agar kita bisa menjajah bangsa lain

C.   agar bangsa Indonesia bisa menakuti dunia

D.  agar negara Indonesia menjadi negara adikuasa

11.    Makna dari kalimat kedua dalam sumpah pemuda adalah....

A.  memegang teguh prinsip bersatu "tanah air Indonesiaku"

B.  pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama sama

C.  bersatunya suku-suku bangsa Indonesia

D.  bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu

12.    Perhatikan Pernyataan Berikut ini

(1)     Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.

(2)     Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.

(3)     Mendirikan sekolah umum

(4)     Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.

Tiga tujuan Trikora Dharmo ditunjukkan dengan nomor ....

A.  1, 2 dan 4                                                         C. 2, 3 dan 4

B.  1, 3 dan 4                                                         D. 1, 2 dan 3

13.    Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu... .

A.  ikrar sumpah pemuda                                                 

B.  proklamasi kemerdekaan Indonesia

C.  berjuang bersama, bersatu

D.  bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

14.    Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....

A.  membangkitkan kesadaran nasional

B.   memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu

C.   Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia

D.  mempercepat proses kemerdekaan Indonesia

15.    Nusantara merupakan tempat berlindung dan tanah air yang wajib kita bela dan pertahankan. Sebagai seorang pemuda dan pemudi jangan sampai kita biarkan nusantara ini terpecah boleh akibat serangan asing maupun karena ulah diri kita sendiri. Aspek tersebut merupakan aspek dalam sumpah pemuda....

A.  satu tanah air                                                   C. satu bahasa

B.   satu nusa                                                         D. satu bangsa

16.    Perhatikan kalimat di bawah ini !

(1) Mau menjenguk orang sakit

(2) Saling membantu dalam kebaikan

(3) Tidak menjelek-jelekkan orang lain

 

Kalimat di atas merupakan contoh pengamalan sumpah pemuda yang mengandung nilai....

A.  kerukunan                                                       C. cinta damai

B.  kerjasama                                                         D. tanggung jawab

17.    Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena ....

A.  bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika

B.   pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.

C.   dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat

D.  engan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman

18.    Perhatikan Pernyataan Berikut ini :

1)   Bahasa resmi kenegaraan,

2)   Pengantar pendidikan,  

3)   Komunikasi internasional,

4)   Pengembangan kebudayaan nasional,

5)   Transaksi dan dokumentasi niaga,

6)   Sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

7)   Bahasa media massa

Fungsi bahasa Indonesia ditunjukkan pada nomor ....

A.  1, 2, 3 4, 5 dan 6                                              C. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

B.  1, 2, 3, 4, 6 dan 7                                             D. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7

19.    Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...

A.  membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri

B.  terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air

C.  melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangkan

D.  menyerahkan segala urusan bangsa pada Polri

20.    Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !

1)   Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia

2)   Kesiapan sosial budaya

3)   Menjaga kelestarian lingkungan

4)   Menciptakan ketahanan nasional

Sikap dan perilaku menjaga kesatuan NKRI ditunjukkan pada nomor... .

A.  1 dan 2                                                            C. 3 dan 4

B.   2 dan 3                                                            D. 1 dan 4

 

 

II.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

 

21.    Jelaskan perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dengan perjuangan sesudah tahun 1908 !

22.    Jelaskan upaya yang dilakukan organisasi Boedi Oetomo dalam mencapai tujuan !

23.    Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang   sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa upaya yang dapat dilakukan pemuda sekarang dalam menciptakan persatuan bangsa dengan berbagai kemudahan seperti saat ini ?

(Tuliskan 4 contoh upaya)

24.    Bacalah cerita di bawah ini:

Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga negara Russia seringkali menangis ketika mendengarkan lagu tanah airku. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia. Menjadi warga negara Russia dan hidup berkecukupan dengan bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi tidak mengubah asanya untuk pulang ke Indonesia. Syair “Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekad untuk bisa pulang kembali ke tanah kelahirannya. Indonesia.

Jelaskan bagaimana membangun kecintaan generasi muda pada tanah air Indonesia !

25.    Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa upaya yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan ? 

(Tuliskan 4 contoh upaya)

Aksi nyata modul 1.2

Berikut adalah link aksi nyata modul 1.2 program guru penggerak angkatan 9 Link aksi nyata modul 2.1